Seberapa Irit Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander?

Agustus 15, 2024
By Thomas W
Seberapa Irit Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander?-otospector

Banyak orang penasaran, berapa sebenarnya konsumsi BBM Mitsubishi Xpander?

Wajar kalau orang bertanya-tanya, karena Xpander selama ini dikenal sebagai mobil yang cukup stylish, tangguh, sekaligus cukup nyaman. Kalau keunggulan itu ditambah lagi dengan konsumsi BBM-nya yang irit, maka mobil ini akan semakin jempolan.

Apalagi di pasaran, Mitsubishi Xpander punya sejumlah lawan yang sepadan di kelas Low MPV. Sebut saja misalnya Toyota Veloz, Hyundai Stargazer, Wuling Confero atau Suzuki XL7.

Selain menawarkan desain dan performa, maka masing-masing juga menawarkan konsumsi BBM yang optimal. Terutama di tengah isu pembatasan BBM Bersubsidi yang realisasinya semakin dekat.

Seberapa konsumsi BBM Mitsubishi Xpander? Mari kita perhatikan fakta-fakta berikut ini:

#1: Sejarah Mitsubishi Xpander

Sejarah Xpander

Sumber: Wilzz99/Wikipedia

Xpander pertama kali diperkenalkan pada bulan Juli 2016 di ajang GIIAS tahun 2016. Saat itu diperkenalkan sebagai XM Concept.

Mobil ini baru benar-benar dipasarkan Oktober 2017, di dalam lima varian yakni GLX, GLS, Exceed, Sport, dan Ultimate.

Pada tipe terendah (GLX) tidak ada versi transmisi matic. Sementara tipe tertinggi (Ultimate) tidak ada versi transmisi manual.

Pada 12 November 2019, Mitsubishi Motors merilis Xpander Cross yang berbasis tipe Ultimate namun dibuat lebih gagah.

Pada 2020, dirilis varian khusus yaitu Xpander Black Edition yang tersedia dalam transmisi matic dan manual. Aslinya mobil ini adalah modifikasi tipe Exceed.

Pada 2024, Xpander mendapat varian baru yaitu Ultimate bertransmisi manual, sekaligus menggantikan Xpander tipe Sport.

Saat ini line up Xpander di website-nya adalah Exceed, Ultimate, dan GLS; semuanya tersedia dua transmisi CVT dan manual.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2:  Mesin dan Performa Xpander

Mesin Xpander

Sumber: National Modificator & Aftermarket Association

Pada awal pemunculannya, Xpander memiliki mesin bensin berkode 4A91 berkapasitas 1,500cc dengan tenaga 77 kW (103 hp; 105 PS) pada 6,000 rpm dan torsi 141 Nm (14.4 kg⋅m; 104 lb⋅ft) pada 4,000 rpm.  

Transmisi saat itu tersedia manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Pada tahun 2021 seiring peluncuran versi facelift, Xpander di Indonesia mulai menggunakan transmisi CVT.

Menurut tes yang diadakan Gridoto, Xpander Ultimate CVT akselerasi 0-100 km/jam mencapai 12,3 detik.

Baca juga: Inilah Info Lengkap Pemutihan Pajak Jakarta Tahun 2024

#3: Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander

Konsumsi BBM Xpander

Sumber: Bukalapak

Masih menurut tes yang diadakan Gridoto, Xpander Ultimate CVT mempunyai konsumsi BBM 14,7 km/liter untuk dalam kota, dan 17,9 Km/liter untuk luar kota.

Dibandingkan dengan Low MPV lain di kelasnya, yaitu Toyota Veloz Q CVT TSS menghasilkan 15,1 km/liter (dalam kota) 18,2 km liter (luar kota). Sedangkan Suzuki Ertiga Sport FF menghasilkan 12,7 km/liter (dalam kota) dan 17,8 km/liter (luar kota).

Dari hasil tersebut konsumsi BBM Mitsubishi Xpander terlihat masih ada pada tingkat yang cukup baik. Bukan yang terbaik, tetapi tidak di bawah.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Faktor Yang Menyebabkan Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Relatif Irit

Bensin Xpander

Sumber: Otofemale

Dari sisi mesin, Xpander dilengkapi teknologi Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System (MIVEC). Teknologi yang memberikan keseimbangan optimal antara tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Faktor lain adalah transmisi yang responsif sehingga mampu memaksimalkan kinerja mesin dan penyaluran tenaga ke roda mobil. Hasilnya, pembakaran bensin menjadi lebih optimal.

Sistem penyaluran tenaga juga menggunakan sistem penyaluran yang liner untuk segala jenis tarikan (atas, tengah, dan bawah). Berkat sistem ini, maka tenaga akan efisien sehingga mengurangi pemborosan energi.

Terakhir yang tak kalah penting adalah fitur Eco Mode yang berfungsi mengontrol performa mesin dan transmisi. Fitur ini juga mengatur respons pedal gas dan perpindahan gigi, serta mengoptimalkan penggunaan tenaga mesin, sehingga konsumsi BBM lebih optimal.

Baca juga: Update Harga Xpander Cross Bekas 2024

Bagaimana memastikan kondisi Mitsubishi Xpander bekas, masih dalam kondisi baik?

Dari data Gaikindo, Xpander termasuk mobil yang cukup bagus dari sisi penjualan, sehingga kita akan relatif leluasa memilih unit mobil ini dalam kondisi terbaik. Apalagi usia mobil ini rata-rata masih relatif muda, karena baru diluncurkan pertama kali pada 2017.

Karena fakta itu, maka disarankan untuk mencari Xpander dalam kondisi terbaik dengan bermodal kecermatan dan kesabaran. Peluang untuk mendapatkannya, relatif besar.

Kalau Otofriends membutuhkan inspeksi untuk mobil Xpander bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Inspeksi mobil yang dilakukan secara cermat oleh tenaga profesional akan memberi Otofriends gambaran menyeluruh tentang sebuah mobil bekas. Hasil inspeksi dijamin akurat dan terpercaya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Fakta Seputar Bayar Tol Tanpa Berhenti MLFF

Juni 03, 2024
Wacana pemberlakuan bayar tol tanpa berhenti, sepertinya semakin dekat dengan realisasinya. Kepastian ini didapat setelah selama setahun kemarin sistem transaksi tol non tunai nirsentuh atau dikenal dengan Multi Lane Free Flow (MLFF) sudah diuji di beberapa pintu tol, di Jawa dan Bali. Dengan sistem MLFF ini, nantinya mobil tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol
Baca Lebih Lanjut

17 Komponen Dalam Mesin Mobil

Juni 01, 2024
Sebagai pemilik kendaraan bermobil, alangkah baiknya untuk memahami setiap komponen mesin mobil. Pada dasarnya mesin mobil dapat membantu mengoptimalkan performa mobil serta kenyamanan pada saat akselerasi.  Dengan kamu sudah memahami setiap komponen mobil maka kamu juga akan mengetahui betapa sangat pentingnya memahami setiap komponen mesin mobil. Dan juga mengetahui cara untuk merawatnya dengan baik. Ada
Baca Lebih Lanjut

Di Apps Ini, Beli Mobil Bekas Serasa Beli Mobil Baru!

Mei 31, 2024
Di masa lalu kalau ada konsumen beli mobil bekas, mereka merasa tidak punya banyak pilihan. Setelah mobil dibeli dan dibayar lunas, maka mobil diterima apa adanya,  tidak ada garansi, dan selalu ada risiko atas kerusakan tidak terduga. Kabar baiknya, kini situasi di pasaran mobil bekas sudah berbeda. Beli mobil bekas bisa seperti mobil baru. Bahkan
Baca Lebih Lanjut