Beginilah Pro-Kontra Pemakaian Biosolar B30

Maret 28, 2020
By Thomas W
Beginilah Pro-Kontra Pemakaian Biosolar B30-otospector

Baru-baru ini PT. Pertamina mulai memperkenalkan Biosolar B30 sebagai pembaruan bagi bahan bakar solar konvensional. Sambutan masyarakat ternyata amat beragam terhadap hadirnya bahan bakar yang memiliki unsur tanaman ini.

Meski umumnya masyarakat menyambut baik akan kehadiran Biosolar B30, namun kita tetap harus mengetahui aturan main penggunaannya. Langkah ini penting agar kendaraan kita tetap dalam performa yang baik. Mari kita simak beberapa catatannya:

#1: Pada Suhu Rendah akan Membeku

Bahan Bakar Solar

Biosolar B30 punya kandungan 30% Fatty, Acid, Methyl, Ester (FAME) dari minyak kelapa sawit. FAME katanya punya sifat detergency, mampu membersihkan mesin kendaraan. Pendapat lain, campuran minyak sawit bikin cetane number meningkat. Karbon monoksida lebih rendah. Namun pada suhu rendah, minyak akan membeku, akibatnya mobil sulit distarter.

#2: Bukan Untuk Mobil Modern

Foto Mesin Mobil

Meski unggul, Biosolar sebenarnya bukan untuk mesin mobil modern. Menurut komunitas Pajero Indonesia, sekali atau dua kali pakai mungkin tidak akan terasa. Namun setelah beberapa kali pemakaian, tarikan bawah akan lemot. Suara juga lebih kasar. Namun biasanya hanya telinga yang peka saja yang bisa menangkap kasarnya.

Baca juga: Ini Dia 6 Mobil Bekas Langka yang Masih Banyak Dicari Pembeli

#3: Tumpukan kotoran terbaca

Lampu Indikator ABS

Risiko lain di Pajero, indikator engine check bisa menyala. Penyebabnya, sensor membaca penumpukan kotoran pada filter solar. Solusinya, cukup ganti saja filternya. Walau biasanya orang sudah cukup panik.

#4: Filter Harus Sering Diganti

Filter Oli Mesin Mobil

Dari komunitas Innova berpendapat, Biosolar memperpendek umur filter solar. Kalau pakai Dex bisa 10.000 km, tapi bahan bakar ini bisa cuma 5.000 km saja. Kalau memang mau pakai Biosolar, lebih baik filter sering diganti, daripada nanti kena injektor.

Baca juga: 5 Tips Membeli Mobil Bekas Diesel dengan Kondisi Terbaik!

Melihat spesifikasi dan fakta-faktanya, Biosolar B30 memang tidak untuk kendaraan pribadi yang sudah canggih dan membutuhkan perawatan ekstra hati-hati. Namun kalau Anda memang berniat memakainya, sebaiknya harus selalu rajin mengecek beberapa hal yang telah diungkap di atas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mitos atau Fakta Menyalakan AC Mobil Tidak Boleh Langsung Full

Juni 26, 2024
Seperti yang kita ketahui jika AC mobil mampu membuat pengemudi dan penumpang nyaman saat berada di dalam nya. Lalu mitos atau fakta jika menyalakan AC mobil tidak boleh langsung full?  AC mobil merupakan komponen yang sangat penting, karena dengan ada nya AC di dalam mobil mampu membuat perjalanan menjadi lebih nyaman, khusus nya jika sudah
Baca Lebih Lanjut

Mulai 250rb Biaya Perbaikan Untuk Pelek Mobil

Juni 26, 2024
Seperti yang kita ketahui pelek (Velg) mobil merupakan komponen yang cukup penting untuk mobil, lingkaran logam pada pelek berada di dalam roda mobil. Selain untuk estetika, ternyata pelek juga sangat berperan penting untuk menjadi tumpuan dari keempat roda ban mobil. Posisi pelek mobil harus setara atau seimbang supaya roda mobil bisa berputar dan dapat melaju
Baca Lebih Lanjut

Mobil Sigra Bekas Harga 50 Juta

Juni 24, 2024
Sigra bekas harga 50 juta lagi jadi omongan paling seru di pasaran mobil bekas. Pasalnya, salah satu mobil andalan Daihatsu ini ternyata harganya sudah semakin terjangkau. Apalagi mobil ini pertama kali keluar adalah di tahun 2016, yang berarti rata-rata usianya masih relatif muda. Kalau Otofriends berminat untuk meminang Daihatsu Sigra bekas, memang ada beberapa hal
Baca Lebih Lanjut