Perhatikan, Inilah Penyebab Gagal Uji Emisi Mobil

September 13, 2023
By Thomas W
Perhatikan, Inilah Penyebab Gagal Uji Emisi Mobil-otospector

Uji emisi kendaraan bermotor adalah salah satu program yang dilakukan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk mengurangi polusi udara di ibu kota. Program ini bertujuan untuk memastikan bahwa emisi gas buang mobil sesuai dengan ambang batas yang ditetapkan. Kita bahas penyebab mobil gagal uji emisi dan juga beberapa aturannya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Namun, pada kenyataannya tidak semua mobil bisa lulus uji emisi gas buang. Tentu saja kondisi ini tidak bisa dibiarkan, karena sesuai aturan lalu-lintas, kendaraan yang tidak lulus uji emisi bisa dikenakan sanksi sesuai peraturan yaitu tilang. Pemerintah provinsi DKI Jakarta mulai menerapkannya setelah dilakukan sosialisasi terlebih dahulu di awal.  

Nah, biar Otofriends lebih siap menghadapi aturan uji emisi, pahami dulu penyebab mobil tidak lolos uji emisi. Kenapa mobil gagal uji emisi?

#1: Kondisi Mesin Mobil Kurang Baik

penyebab gagal uji emisi

Mesin mobil yang kotor, aus, atau bermasalah bisa membuat proses pembakaran bahan bakar menjadi tidak sempurna dan membuat emisi gas buang kendaraan jadi meningkat.

Hal ini akan menghasilkan emisi gas buang yang berlebihan dan berbahaya, seperti karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), nitrogen oksida (NOx), dan partikulat.

Untuk menjaga performa mesin, pemilik kendaraan harus melakukan perawatan secara rutin, seperti mengganti oli, busi, filter udara, dan filter bahan bakar.

Baca juga: Sedan Di Bawah 5 Tahun Rekomendasi Buat Anak Muda

#2: Penggunaan Bahan Bakar Tidak Sesuai Rasio Kompresi Mesin

penyebab gagal uji emisi

Rasio kompresi mesin adalah perbandingan antara volume ruang bakar saat piston berada di titik mati atas (TMA) dan titik mati bawah (TMB). Semakin tinggi rasio kompresi mesin, semakin tinggi pula oktan bahan bakar yang dibutuhkan.

Jika penggunaan bahan bakar tidak sesuai dengan rasio kompresi mesin, maka akan terjadi knocking atau ketukan pada mesin yang bisa merusak komponen mesin dan meningkatkan kadar emisi.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Sistem Pengapian Tidak Optimal

penyebab gagal uji emisi

Sistem pengapian adalah sistem yang menghasilkan percikan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar.

Jika sistem pengapian tidak bekerja dengan baik, maka proses pembakaran akan terganggu dan menghasilkan asap hitam yang menandakan adanya sisa pembakaran yang tidak terbakar sempurna.

Untuk mengatasi hal ini, pemilik kendaraan harus memeriksa dan membersihkan komponen sistem pengapian, seperti koil, kabel busi, dan distributor.

Baca juga: Kenali Kerusakan Mobil Bekas dari Warna Asap Knalpot

Andai tidak lulus, inilah beberapa tips yang bisa diikuti:

penyebab gagal uji emisi
  • Lakukan servis berkala atau tune-up berkala, khususnya pada bagian filter udara, busi, dan sistem pengapian. Tujuannya agar proses pembakaran lebih sempurna dan mengurangi emisi gas buang yang berlebihan.
  • Gunakan bahan bakar sesuai rasio kompresi mesin.
  • Bersihkan nozzle injektor atau karburator, filter bensin, dan pompa bensin. Komponen yang fungsinya menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar ini, jika sampai kotor maka semburan tidak optimal. Pembakaran juga tidak sempurna.
  • Periksa kondisi ring piston, klep, dan gasket. Jika aus atau bocor, maka kompresi mesin akan menurun dan pembakaran tidak sempurna.
  • Hindari penggunaan knalpot racing atau melepas catalytic converter. Dua alat ini berfungsi mengurangi polusi gas buang. Jika diganti atau dilepas, maka emisi gas buang akan meningkat

Untuk memastikan mobil bekas pilihan Otofrends dalam kondisi yang baik sehingga merasa pede saat menghadapi uji emisi, maka pastikan sebelum membeli dicek dulu di jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi menyeluruh di lebih dari 150 titik pemeriksaan, dapat dipastikan kondisi mobil pilihan Anda secara menyeluruh.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Begini Cara Perhitungan Over Kredit Mobil

Maret 16, 2024
Perhitungan over kredit mobil memang tidak semudah perhitungan kredit mobil pada saat awal. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan, seperti angsuran yang sudah berjalan, asuransi mobil, biaya modifikasi, dan sisa angsuran yang masih harus dibayarkan. Akan tetapi yang tidak kalah penting, jika ingin melakukan over kredit mobil, Otofriends harus tahu beberapa aturan tentang penjualan ini.
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Bekas Murah Di Bawah 50 Juta Jenis City Car

Maret 15, 2024
Pada bidang otomotif, salah satu kata kunci pencarian yang populer di internet adalah tentang harga mobil bekas murah di bawah 50 juta. Fakta ini sekaligus jadi bukti, di segmen tertentu, di samping kebutuhan calon pembeli, faktor harga masih sangat diperhitungkan. Di bursa mobil bekas, segmen yang sesuai dengan kriteria pencarian itu adalah city car. Dengan
Baca Lebih Lanjut

Terbaru Tarif Tol Jakarta ke Jogja

Maret 15, 2024
Yang mau mudik mana suaranya? Bang min ucapkan selamat mudik dan hati-hati dijalan ya otofriends. Terutama saat arus mudik dan arus balik, jaga kondisi kamu dan juga kondisi mobil kamu. Terlebih lagi kamu harus mempersiapkan hal utama dalam bepergian menggunakan mobil pribadi. Yaitu biaya yang harus disiapkan, alias biaya tol, seperti yang bakal kita bahas
Baca Lebih Lanjut