Perhatikan, Inilah Penyebab Gagal Uji Emisi Mobil

September 13, 2023
By Thomas W
Perhatikan, Inilah Penyebab Gagal Uji Emisi Mobil-otospector

Uji emisi kendaraan bermotor adalah salah satu program yang dilakukan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk mengurangi polusi udara di ibu kota. Program ini bertujuan untuk memastikan bahwa emisi gas buang mobil sesuai dengan ambang batas yang ditetapkan. Kita bahas penyebab mobil gagal uji emisi dan juga beberapa aturannya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Namun, pada kenyataannya tidak semua mobil bisa lulus uji emisi gas buang. Tentu saja kondisi ini tidak bisa dibiarkan, karena sesuai aturan lalu-lintas, kendaraan yang tidak lulus uji emisi bisa dikenakan sanksi sesuai peraturan yaitu tilang. Pemerintah provinsi DKI Jakarta mulai menerapkannya setelah dilakukan sosialisasi terlebih dahulu di awal.  

Nah, biar Otofriends lebih siap menghadapi aturan uji emisi, pahami dulu penyebab mobil tidak lolos uji emisi. Kenapa mobil gagal uji emisi?

#1: Kondisi Mesin Mobil Kurang Baik

penyebab gagal uji emisi

Mesin mobil yang kotor, aus, atau bermasalah bisa membuat proses pembakaran bahan bakar menjadi tidak sempurna dan membuat emisi gas buang kendaraan jadi meningkat.

Hal ini akan menghasilkan emisi gas buang yang berlebihan dan berbahaya, seperti karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), nitrogen oksida (NOx), dan partikulat.

Untuk menjaga performa mesin, pemilik kendaraan harus melakukan perawatan secara rutin, seperti mengganti oli, busi, filter udara, dan filter bahan bakar.

Baca juga: Sedan Di Bawah 5 Tahun Rekomendasi Buat Anak Muda

#2: Penggunaan Bahan Bakar Tidak Sesuai Rasio Kompresi Mesin

penyebab gagal uji emisi

Rasio kompresi mesin adalah perbandingan antara volume ruang bakar saat piston berada di titik mati atas (TMA) dan titik mati bawah (TMB). Semakin tinggi rasio kompresi mesin, semakin tinggi pula oktan bahan bakar yang dibutuhkan.

Jika penggunaan bahan bakar tidak sesuai dengan rasio kompresi mesin, maka akan terjadi knocking atau ketukan pada mesin yang bisa merusak komponen mesin dan meningkatkan kadar emisi.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Sistem Pengapian Tidak Optimal

penyebab gagal uji emisi

Sistem pengapian adalah sistem yang menghasilkan percikan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar.

Jika sistem pengapian tidak bekerja dengan baik, maka proses pembakaran akan terganggu dan menghasilkan asap hitam yang menandakan adanya sisa pembakaran yang tidak terbakar sempurna.

Untuk mengatasi hal ini, pemilik kendaraan harus memeriksa dan membersihkan komponen sistem pengapian, seperti koil, kabel busi, dan distributor.

Baca juga: Kenali Kerusakan Mobil Bekas dari Warna Asap Knalpot

Andai tidak lulus, inilah beberapa tips yang bisa diikuti:

penyebab gagal uji emisi
  • Lakukan servis berkala atau tune-up berkala, khususnya pada bagian filter udara, busi, dan sistem pengapian. Tujuannya agar proses pembakaran lebih sempurna dan mengurangi emisi gas buang yang berlebihan.
  • Gunakan bahan bakar sesuai rasio kompresi mesin.
  • Bersihkan nozzle injektor atau karburator, filter bensin, dan pompa bensin. Komponen yang fungsinya menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar ini, jika sampai kotor maka semburan tidak optimal. Pembakaran juga tidak sempurna.
  • Periksa kondisi ring piston, klep, dan gasket. Jika aus atau bocor, maka kompresi mesin akan menurun dan pembakaran tidak sempurna.
  • Hindari penggunaan knalpot racing atau melepas catalytic converter. Dua alat ini berfungsi mengurangi polusi gas buang. Jika diganti atau dilepas, maka emisi gas buang akan meningkat

Untuk memastikan mobil bekas pilihan Otofrends dalam kondisi yang baik sehingga merasa pede saat menghadapi uji emisi, maka pastikan sebelum membeli dicek dulu di jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi menyeluruh di lebih dari 150 titik pemeriksaan, dapat dipastikan kondisi mobil pilihan Anda secara menyeluruh.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bahayanya Membuka Tutup Radiator Mobil Saat Panas

April 18, 2024
Membuka tutup radiator mobil memang kadang harus dilakukan pada beberapa kondisi. Namun Otofriends harus berhati-hati karena tindakan ini hanya bisa dilakukan dengan  memperhitungkan kondisi dari radiator saat itu. Apakah suhunya masih panas atau sudah cukup dingin. Selain kondisinya, Otofriends juga harus tahu cara membuka tutup yang benar. Karena kalau salah cara bukanya, bisa-bisa malah akan
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Matic Terbaik 2024

April 18, 2024
Nyari mobil matic? Sini bang min kasih beberapa rekomendasi buat otofriends. Ngomong-ngomong, Otofriends kenapa sih mau atau berniat beli jenis mobil ini? Karena dikendarainya enak nggak bikin pegel atau karena lebih praktis aja? Semua itu balik lagi soal selera sih, jadi kamu bisa jawab semuanya berdasarkan kebutuhan dan selera. Kita bakalan bahas fakta sejarah menarik
Baca Lebih Lanjut

Apa Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

April 18, 2024
Hi Otofriends, rem mobil yang kurang pakem adalah masalah serius yang dapat mengancam keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Supaya bisa mengatasinya dengan efektif, penting nih untuk kita memahami penyebabnya dan langkah-langkah yang bisa diambil untuk memperbaikinya. Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem #1: Kampas Rem Sudah Aus atau Ada Sumbatan. Kampas rem yang aus atau
Baca Lebih Lanjut