Klik disini untukJual Mobil Anda

Mobil Keluarga Mewah 100 Jutaan, Alternatifnya Alphard

November 30, 2020
By Thomas W
Mobil Keluarga Mewah  100 Jutaan, Alternatifnya Alphard-otospector

Mendengar kata-kata mobil keluarga mewah, tak salah kalau yang ada di top of mind konsumen adalah Toyota Alphard. MPV premium asal Jepang ini sangat dikenal sebagai mobil berkapasitas besar dengan kenyamanan dan kemewahan optimal.

Tak heran, di kelas MPV premium di Indonesia, penjualan Alphard ada di urutan teratas mengalahkan Toyota Vellfire di urutan kedua, serta berikutnya Honda Odyssey. Untuk tahun 2019 lalu, market share-nya bahkan sampai 94,4 persen.

Akan tetapi Alphard yang kini harga termurahnya Rp1,04 miliar, bukan satu-satunya pilihan. Jikalau Otofriends tidak bisa meminangnya karena berbagai alasan, ada beberapa merek lain sebagai alternatif. Justru kelebihannya, harganya relatif terjangkau, baik saat pembelian maupun perawatan.

Nah, biar gak penasaran, mari kita simak rekomendasi mobil keluarga mewah yang harganya Rp100 jutaan:   

#1: Honda Elysion 2.4 liter 2004

Mobil Keluarga Mewah  100 jutaan, Alternatifnya Alphard

Sebuah majalah otomotif di Jepang pernah menjulukinya “King of MPV”, lantaran Elysion dianggap punya banyak kelebihan. Sebenarnya mobil ini tersedia dalam tiga pilihan mesin yakni 3.5 liter, 3.0 liter, dan 2.4 liter. Namun yang masuk di Indonesia lewat importir umum, hanya dua yang terakhir saja.

Sebagai mobil mewah, kelebihan Elysion ada pada material besinya yang konon 30% lebih kuat dari besi konvensional, karena menggunakan teknologi Honda G-con. Dampaknya, stabilitasnya sangat baik, terutama saat menghadapi jalan yang buruk. Apalagi ditambah dengan keberadaan Vehicle Stability Assist (VSA) dan Traction Control Sistem (TCS).

Jika ada kelemahan, maka kabarnya layar MID rentan rusak, spare part slow moving-nya juga sangat mahal, part interior langka, serta oli mesin gampang rembes jika sudah termakan usia.

Dengan budget yang ada, kita bisa mendapatkan Elysion 2.4 liter tahun 2004 yang ditawarkan Rp110 jutaan.    

#2: Nissan Serena HWS Autech 2012

Mobil Keluarga Mewah  100 jutaan, Alternatifnya Alphard

HWS merupakan varian tertinggi dari Serena yang tampaknya sudah begitu mendekati kenyamanan Alphard. Apalagi Serena HWS 2012 masih menggunakan kode bodi C24 yang berpostur mirip Alphard. Meski sah bersaing dengan MPV premium lain di deretan mobil keluarga mewah, namun Serena seperti tahu diri dengan mengambil segmen di bawahnya.

Fasilitas di dalam kabin yang perlu digaris bawahi antara lain adanya armrest baris pertama, meja konsol tengah, kursi baris kedua captain seat yang bisa diputar 180 derajat, serta dua headrest monitor. Ruang kabinnya begitu lega dengan legroom dan headroom istimewa, sehingga penumpang tinggi 180 cm saja masih merasa nyaman.

Kelebihan lain, mesin berkode QR20DE-nya dikenal sangat bandel, akselerasinya responsif, dan perpindahan transmisinya sangat halus. Kalaupun ada kelemahan, lebih kepada desainnya yang terkesan kaku dan dianggap ketinggalan zaman. Dalam kondisi bekas, perhatian juga perlu dipusatkan pada kaki-kaki yang cenderung lemah.

Dengan budget yang ada, kita bisa mendapatkan Nissan Serena HWS Autech 2012 yang ditawarkan Rp110 jutaan.

Baca juga: Cek Bagian-bagian Ini Jika Tak Ingin Dapat Mobil Bekas Tabrakan

#3: Honda Odyssey Absolute RB1 2005     

Mobil Keluarga Mewah  100 jutaan, Alternatifnya Alphard

Odyssey RB1 mulai diperkenalkan sejak 2004 menggantikan generasi RA yang sempat malang melintang empat tahun. Sebagai tipe tertinggi, Absolute punya berbagai kelebihan. Antara lain tenaganya dibuat lebih besar dibanding varian lain yakni 200 dk serta torsi 232 Nm. Dengan transmisi triptonic 5 kecepatan, laju mobil terasa sangat responsif dan halus.

Beberapa fasilitas pada Oddyssey Absolute RB1 yang patut dilirik adalah headlamp yang sudah mengikuti setir, lampunya proyektor dengan Xenon, keyless, sunroof, dan AC triple blower. Bagasinya juga sangat luas, ditambah lagi pelipatan kursi baris ketiganya yang sudah 50:50.

Dalam pemakaian, sayangnya selang power steering rupanya sering bocor. Ini sekaligus kelemahannya, di samping visibilitas pilar A yang kurang bagus. Ground clearance-nya yang rendah (155 mm) sementara bodi cukup panjang (4.765 mm) membuat manuver di area sempit jadi cukup sulit.

Dengan budget yang ada, kita bisa mendapatkan Honda Odyssey Absolute RB1 2005 yang ditawarkan Rp115 jutaan.

#4: Mitsubishi Grandis GT 2010

Mobil Keluarga Mewah  100 jutaan, Alternatifnya Alphard

Grandis GT merupakan penerus dari generasi sebelumnya yang diluncurkan 2005. Desain barunya membuat Grandis GT tampil sebagai luxury MPV yang dinamis dan sporty, tapi masih sangat nyaman, mewah, dan berkelas. Penyegaran tampak dari new front grille dan bumper design, side body molding, red rear combination lamp. Bannya juga lebih besar, yakni 215/ 55R17 dengan desain baru.

Meski tampilan varian tertinggi ini sudah sangar, namun jika dibandingkan dari sisi fasilitas dan kemewahan, Grandis GT masih tergolong minimalis. Meski begitu, tetap ada keunggulan yang patut diperhitungkan seperti mesinnya yang bandel, cukup fun to drive, suspensi cukup nyaman, serta handling stabil.

Dari sisi kabin, tampak interior cukup mewah di kelasnya, kekedapan kabin cukup baik, sandaran jok baris ketiga bisa diatur kemiringannya, ruang bagasi luas, serta jok ketiga bisa dilipat hingga rata lantai.   

Dengan budget yang ada, kita bisa mendapatkan Mitsubishi Grandis GT 2010  yang ditawarkan Rp115 jutaan.

Baca juga: Bikin Rugi! Kenali Ciri-Ciri Aki Mobil Rekondisi Berikut Ini

Mobil Mana Yang Patut Dimiliki?

Dalam hal kenyamanan, pada dasarnya empat mobil keluarga mewah ini sama-sama baik nilainya. Soal fasilitas dan fitur, juga beda-beda tipis, ada kelebihan dan kekurangan. Tapi yang harus diingat, dengan harga sama atau bahkan lebih murah dari LCGC, tentu semua itu jadi sebuah kemewahan tersendiri.

Karena semua adalah mobil bekas, kini persoalannya tinggal memilih mobil yang sesuai dengan harapan. Nah, soal ini ada baiknya kita menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, agar kita bisa memperoleh informasi tentang kondisi mobil sejelas-jelasnya, sebelum memutuskan untuk membelinya.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya