Kenali Jenis-jenis Chassis Mobil Berikut Ini

September 30, 2023
By Thomas W
Kenali Jenis-jenis Chassis Mobil Berikut Ini-otospector

Chassis mobil adalah salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan, karena berfungsi sebagai kerangka yang menopang seluruh bagian mobil. Chassis mobil juga mempengaruhi kinerja, kestabilan, dan kenyamanan berkendara.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Ada beberapa jenis chassis mobil yang berbeda-beda dalam hal material yang digunakan, bentuk, dan cara pemasangan. Berikut adalah beberapa jenis chassis mobil yang umum ditemukan:

#1: Tubular Space Frame

Jenis-jenis Chassis Mobil

Jenis chassis ini terdiri dari rangkaian pipa baja yang disusun secara geometris dan dihubungkan dengan las. Chassis tubular space frame banyak diaplikasikan dalam dunia balap mobil, karena memiliki keunggulan berupa bobot yang ringan, kekuatan yang tinggi, dan fleksibilitas dalam desain.

Contoh mobil yang menggunakan chassis ini adalah Ferrari F40 dan Lamborghini Aventador.

Baca juga: Sasis Mobil Juga Mempengaruhi Keselamatan, Ini 4 Faktanya

#2: Aluminium Space Frame

Jenis-jenis Chassis Mobil

Jenis chassis ini mirip dengan tubular space frame, namun menggunakan bahan aluminium yang lebih ringan dan tahan karat. Chassis ini juga memiliki kelebihan dalam hal efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang.

Contoh mobil yang menggunakan chassis ini adalah Audi R8 dan Tesla Model S.

#3: Monocoque Chassis

Jenis-jenis Chassis Mobil

Jenis chassis ini terbuat dari baja simetris yang dibentuk menjadi bentuk mobil dan disatukan dengan las atau paku. Chassis ini tidak memerlukan rangka tambahan, karena menggunakan lembaran plat baja tersebut sudah berfungsi sebagai tulang rangka utama tunggal. Jenis ini juga cukup bisa melindungi ruang kabin dari benturan.

Chassis ini memiliki kelebihan berupa bobot yang ringan, kekakuan yang tinggi, dan kemudahan dalam produksi massal.

Contoh mobil yang menggunakan sasis monokok adalah Toyota Corolla dan Honda Civic.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Backbone Chassis

Jenis-jenis Chassis Mobil

Jenis chassis ini terdiri dari balok yang diperkuat dengan cross members yang berbentuk seperti tulang belakang. Chassis ini digunakan untuk mobil yang memiliki mesin di tengah atau di belakang.

Chassis ini memiliki kelebihan berupa kestabilan yang baik dan kemudahan dalam modifikasi. Contoh mobil yang menggunakan chassis ini adalah Lotus Elise dan Volkswagen Beetle.

#5: Ladder Chassis

ladder frame chassis

Jenis chassis ladder frame ini terdiri dari dua balok paralel yang dihubungkan dengan cross members yang memiliki bentuk seperti tangga. Chassis ini merupakan jenis chassis yang paling sederhana dan paling tua, karena mirip dengan kereta kuda.

Chassis ini digunakan untuk mobil yang memiliki mesin di depan dan berat yang besar. Chassis ini memiliki kelebihan berupa kekuatan yang tinggi dan biaya produksi yang rendah.

Contoh mobil yang menggunakan chassis ini adalah Ford F-150 dan Jeep Wrangler.

Baca juga: Ciri-ciri Sasis Mobil Bekas Tabrakan

Pada mobil bekas apakah kerusakan pada sasis akibat tabrakan bisa dideteksi secara langsung?

Bagi orang awam, kerusakan pada sasis memang tidak bisa dideteksi secara mudah. Namun bagi mekanik yang berpengalaman, bekas-bekas kerusakan akibat tabrakan besar hingga mengenai sasis, bisa diketahui dengan jelas.

Karena itu sebelum membeli mobil bekas, memanfaatkanlah jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk memastikan mobil pilihannya bebas dari kerusakan akibat tabrakan besar. Dengan pemeriksaan yang mendetail pada 150 titik, Otofriends dapat mengetahuinya secara pasti kondisi mobil secara menyeluruh.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Februari 11, 2024
Penyebab kondensor kotor memang sederhana saja, yaitu adanya kotoran. Masalahnya, dari mana kotoran ini datang dan bagaimana bisa merusak kondensor? Inilah yang perlu dipahami oleh Otofriends. Sebaiknya jangan anggap enteng kondensor yang kotor, karena kotoran bisa bikin komponen ini rusak. Akibatnya AC bisa kurang dingin. Meski ada pula penyebab-penyebab lain yang bisa menimbulkan kerusakan kondensor.
Baca Lebih Lanjut

Fortuner Vs Pajero, Siapa Jawara Sebenarnya di 2024?

Februari 11, 2024
Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner adalah dua mobil sport utility vehicle (SUV) ladder frame yang populer di Indonesia. Menariknya, keduanya ternyata memiliki penggemarnya masing-masing yang boleh dibilang cukup fanatik. Kalau kita melihat dari sisi teknis, kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi desain, performa, fitur, maupun harga. Namun tentunya ada yang
Baca Lebih Lanjut

Catet Nih Update Toyota Veloz Bekas di Tahun 2024

Februari 11, 2024
Berbicara Toyota Veloz, mimin jadi ingat di awal kemunculannya yang masih menjadi bagian dari tipe Avanza, tipe ini langsung banyak diburu. Mimin salah satunya kok, karna merasa Veloz yang dulunya masih Avanza Veloz ini adalah model mobil MPV yang sangat keren dan kekinian banget. Bahkan sampai sekarang nih mobil Veloz bekas harganya masih cenderung stabil
Baca Lebih Lanjut