Kenali Jenis-jenis Chassis Mobil Berikut Ini

September 30, 2023
By Thomas W
Kenali Jenis-jenis Chassis Mobil Berikut Ini-otospector

Chassis mobil adalah salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan, karena berfungsi sebagai kerangka yang menopang seluruh bagian mobil. Chassis mobil juga mempengaruhi kinerja, kestabilan, dan kenyamanan berkendara.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Ada beberapa jenis chassis mobil yang berbeda-beda dalam hal material yang digunakan, bentuk, dan cara pemasangan. Berikut adalah beberapa jenis chassis mobil yang umum ditemukan:

#1: Tubular Space Frame

Jenis-jenis Chassis Mobil

Jenis chassis ini terdiri dari rangkaian pipa baja yang disusun secara geometris dan dihubungkan dengan las. Chassis tubular space frame banyak diaplikasikan dalam dunia balap mobil, karena memiliki keunggulan berupa bobot yang ringan, kekuatan yang tinggi, dan fleksibilitas dalam desain.

Contoh mobil yang menggunakan chassis ini adalah Ferrari F40 dan Lamborghini Aventador.

Baca juga: Sasis Mobil Juga Mempengaruhi Keselamatan, Ini 4 Faktanya

#2: Aluminium Space Frame

Jenis-jenis Chassis Mobil

Jenis chassis ini mirip dengan tubular space frame, namun menggunakan bahan aluminium yang lebih ringan dan tahan karat. Chassis ini juga memiliki kelebihan dalam hal efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang.

Contoh mobil yang menggunakan chassis ini adalah Audi R8 dan Tesla Model S.

#3: Monocoque Chassis

Jenis-jenis Chassis Mobil

Jenis chassis ini terbuat dari baja simetris yang dibentuk menjadi bentuk mobil dan disatukan dengan las atau paku. Chassis ini tidak memerlukan rangka tambahan, karena menggunakan lembaran plat baja tersebut sudah berfungsi sebagai tulang rangka utama tunggal. Jenis ini juga cukup bisa melindungi ruang kabin dari benturan.

Chassis ini memiliki kelebihan berupa bobot yang ringan, kekakuan yang tinggi, dan kemudahan dalam produksi massal.

Contoh mobil yang menggunakan sasis monokok adalah Toyota Corolla dan Honda Civic.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Backbone Chassis

Jenis-jenis Chassis Mobil

Jenis chassis ini terdiri dari balok yang diperkuat dengan cross members yang berbentuk seperti tulang belakang. Chassis ini digunakan untuk mobil yang memiliki mesin di tengah atau di belakang.

Chassis ini memiliki kelebihan berupa kestabilan yang baik dan kemudahan dalam modifikasi. Contoh mobil yang menggunakan chassis ini adalah Lotus Elise dan Volkswagen Beetle.

#5: Ladder Chassis

ladder frame chassis

Jenis chassis ladder frame ini terdiri dari dua balok paralel yang dihubungkan dengan cross members yang memiliki bentuk seperti tangga. Chassis ini merupakan jenis chassis yang paling sederhana dan paling tua, karena mirip dengan kereta kuda.

Chassis ini digunakan untuk mobil yang memiliki mesin di depan dan berat yang besar. Chassis ini memiliki kelebihan berupa kekuatan yang tinggi dan biaya produksi yang rendah.

Contoh mobil yang menggunakan chassis ini adalah Ford F-150 dan Jeep Wrangler.

Baca juga: Ciri-ciri Sasis Mobil Bekas Tabrakan

Pada mobil bekas apakah kerusakan pada sasis akibat tabrakan bisa dideteksi secara langsung?

Bagi orang awam, kerusakan pada sasis memang tidak bisa dideteksi secara mudah. Namun bagi mekanik yang berpengalaman, bekas-bekas kerusakan akibat tabrakan besar hingga mengenai sasis, bisa diketahui dengan jelas.

Karena itu sebelum membeli mobil bekas, memanfaatkanlah jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk memastikan mobil pilihannya bebas dari kerusakan akibat tabrakan besar. Dengan pemeriksaan yang mendetail pada 150 titik, Otofriends dapat mengetahuinya secara pasti kondisi mobil secara menyeluruh.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Harga Toyota Rush Bekas Per 2024, Mulai Rp85 Jutaan

Januari 29, 2024
Sampai dengan 15 tahun sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 2006, harga Toyota Rush bekas terbukti masih tetap perkasa. Prestasi ini tak lepas dari pasar di segmen Low SUV yang terus tumbuh dan bersaing ketat. Dari semula hanya berdua bersama saudara kembarnya “Daihatsu Terios”, kini Rush harus berbagi kue dengan 5 merek lain. Meski demikian,
Baca Lebih Lanjut

Simak Nih, Harga Mobil Wuling Bekas Per Januari 2024

Januari 28, 2024
Memasuki tahun keenam kehadirannya di Indonesia, PT SGMW Motors Indonesia selalu APM Wuling semakin kokoh dalam memikat konsumen Indonesia untuk membeli mobil produk-produk asal Tiongkok itu. Tentu hal ini sebuah prestasi yang bukan main-main, mengingat selama ini konsumen Indonesia sudah telanjur akrab dengan merek-merek asal Negeri Matahari Terbit. Bahkan kondisi ini sudah berlangsung lebih dari
Baca Lebih Lanjut

Tips Berkendara Ketika Hujan

Januari 26, 2024
Bagi Otofriends yang sering membawa mobil sendiri, wajib memahami tips berkendara ketika hujan di bawah ini. Apalagi di saat musim hujan seperti sekarang ini di mana hujan turun sangat deras hingga mengakibatkan genangan, bahkan banjir di mana-mana. Berkendara di saat hujan tentu berbeda dengan saat hari cerah. Sangat dibutuhkan kehati-hatian karena kondisi pandangan yang terbatas,
Baca Lebih Lanjut