Jelang Idul Fitri, Yuk Intip Tarif Tol Jakarta Semarang Paling Update

Februari 27, 2023
By Thomas W
Jelang Idul Fitri, Yuk Intip Tarif Tol Jakarta Semarang Paling Update-otospector

Menjelang memasuki masa liburan Idul Fitri, Otofriends tentu sudah mempersiapkan segala sesuatu yang menyangkut kendaraan dengan baik. Akan tetapi jangan cuma persiapan yang sifatnya teknis saja, namun juga persiapan rute yang akan dilalui dalam perjalanan ke luar kota. Salah satunya, ruas tol Jakarta – Semarang yang biasanya akan dilalui jika melalui rute pantai utara Pulau Jawa.

Rute Jakarta – Semarang merupakan rute yang menarik, karena jarak tempuhnya tidak terlalu jauh sehingga tidak terlalu melelahkan. Apalagi jika dilalui lewat jalan tol, maka waktu tempuh akan semakin singkat dari mulai Jakarta ke Jawa Tengah.

Nah, apa saja yang perlu kita ketahui tentang jalan tol ini? Berikut rincian tarif tol Jakarta Semarang terbaru alias paling update atau berlaku sejak April 2022.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Rute Yang Ditempuh

Jalan tol Jakarta Semarang

Pada perjalanan Jakarta ke Semarang, tepatnya dari Jakarta menuju pintu tol Semarang ABC, Otofriends akan melintasi 7 ruas jalan tol, yakni ruas tol Jakarta-Cikampek, ruas tol Cikopo-Palimanan, ruas tol Palimanan-Kanci, ruas tol Kanci-Pejagan, ruas tol Pejagan-Pemalang, ruas tol Pemalang-Batang, dan ruas tol Batang-Semarang.

Dalam sejarahnya jalan tol Pantai Utara Pulau Jawa ini tidak jadi sekaligus. Diawali dari tol Jakarta Cikampek yang sudah ada sejak awal tahun 1988. Disusul kemudian dengan tol Palimanan Kanci pada 1997, tol Kanci Pejagan pada 2010, tol Cikampek Palimanan pada 2015 yang sekaligus menghubungkan Jakarta sampai Semarang.

Baca juga: Pas untuk Mudik, 5 Mobil Ini Layak Anda Jadikan Pilihan

#2: Perincian Jarak Dari Setiap Tol

Jalan tol Jakarta Semarang

Adapun jarak dari setiap jalan tol sangat bervariasi. Urutannya dimulai dari Jakarta-Cikampek 72 km, Cikampek-Palimanan 116,75 km, Palimanan-Kanci 26,3 km, Kanci-Pejagan 35 km, Pejagan-Pemalang 57,5 km, Pemalang-Batang 39,19 km, Batang-Semarang 75,6 km, Semarang ABC (dalam kota) 24 km.

Perjalanan Jakarta – Semarang akan menempuh jarak sekitar 446 km dan dengan kecepatan normal akan dapat ditempuh dalam 6-7 jam. Tidak melelahkan bukan? Apalagi di sepanjang perjalanan akan ada banyak rest area yang bisa menjadi pilihan tempat beristirahat dan memulihkan tenaga.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Perincian Tarif Tol Untuk Jenis Kendaraan Golongan I

Jalan tol Jakarta Semarang
  • Jakarta-Cikampek Rp20.000
  • Cikampek-Palimanan Rp107.500
  • Palimanan-Kanci Rp12.500
  • Kanci-Pejagan Rp29.500
  • Pejagan-Pemalang Rp60.000
  • Pemalang-Batang Rp39.000
  • Batang-Semarang Rp75.000
  • Semarang ABC (dalam kota) Rp5.500
  • Total Rp349.000

Jangan lupa ya, Otofriends! Untuk pembayaran tarif tol semua menggunakan uang elektronik atau e toll. Karena itu pastikan jumlah saldo uang elektronik cukup untuk menyelesaikan transaksi di gerbang tol agar tidak membuang waktu dan menghambat pengemudi yang lain.

Baca juga: Apa Itu One Way dan Contra Flow Lalu-lintas?

beli mobil bekas di tokopedia

Bagaimana cara mengetahui bahwa mobil bekas tidak boros BBM saat digunakan mudik?

Selain perilaku berkendara, boros atau tidaknya konsumsi bahan bakar juga ditentukan kondisi mesin. Apalagi jika mesin sudah lama tidak diservis sehingga ada beberapa komponen di dalam mesin terabaikan. Padahal kinerja komponen-komponen ini sangat mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar.

Untuk memastikan kinerja mesin sebuah mobil bekas, jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan prosedur inspeksi yang detail dengan tenaga inspektor berpengalaman, Otofriends akan mendapat gambaran tentang kondisi sebuah mobil bekas secara keseluruhan. 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cari Mobil Bekas Bergaransi 2024 Kini Bisa Via Smartphone

Februari 23, 2024
Saat ini banyak pembeli mobil bekas yang tidak mau asal membeli mobil, namun juga cari mobil bekas bergaransi. Hal ini wajar, karena mereka ingin mobil yang dibeli tidak bermasalah serta tenang saat memakainya. Kabar baiknya, sekarang untuk mencari mobil-mobil berkualitas dan bergaransi tidaklah sulit. Sebab semua sudah tersedia di aplikasi OTOS – Bursa Mobil Bekas
Baca Lebih Lanjut

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Februari 23, 2024
Sering terjadi para pemilik merasa bingung apa penyebab mobil bunyi ngelitik. Istilah ngelitik atau engine knocking adalah kondisi di mana suara mesin terasa kasar terus menerus atau rasanya seperti bergetar. Tentu saja tidak enak didengar apalagi dirasakan. Meski gejalanya terdengar serupa, tapi ternyata ada banyak penyebab mesin jadi ngelitik. Kalau sudah ada gejalanya, jangan dibiarkan.
Baca Lebih Lanjut

5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berjamur Terbaru 2024

Februari 22, 2024
Waduh kalau mobil itu emang perlu dirawat, gak cuma urusan mesin aja Otofriends. Contohnya kaca mobil, karena kaca mobil berjamur itu bisa mengganggu penglihatan kamu saat berkendara. Ditambah lagi kalau pandangan kurang baik atau kurang jelas sangat berbahaya dan bisa membahayakan diri kamu dan pengguna lainnya. Kadang memang cuaca bikin kesel, pagi dan siang panas,
Baca Lebih Lanjut