Klik disini untukJual Mobil Anda

Inilah 5 Indikasi Thermostat Mobil Anda Bermasalah

April 20, 2022
By Thomas W
Inilah 5 Indikasi Thermostat Mobil Anda Bermasalah-otospector

Awalnya mungkin orang tidak terlalu peduli akan kerusakan atau gangguan pada thermostat mobil. Soalnya, kerusakan pada komponen ini tidak akan menimbulkan gangguan langsung yang terlalu berat pada kinerja mesin dan kendaraan.

Namun kondisi ini sebenarnya tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Jika komponen yang ada pada sistem pendingin mobil ini bermasalah, maka akan langsung menyebabkan rasa tidak nyaman dan panas.

Thermostat mobil sendiri berfungsi mengatur sirkulasi udara dingin dengan menahan cairan pendingin sehingga tidak akan sampai ke radiator. Fungsi lain, untuk mempertahankan temperatur agar suhunya tetap pada batas aman, serta membuka saluran pada mesin yang akan menuju radiator.

Nah, jika ingin mengetahui indikasi gangguan pada thermostat mobil, yuk simak 5 macam masalahnya:

#1: Thermostat Cenderung Terbuka

Inilah 5 Indikasi Thermostat Mobil Anda Bermasalah

Dalam keadaan normal, thermostat mobil pasti akan selalu tertutup pada temperatur ruang. Baru setelah sampai pada temperatur yang dikehendaki,

Akan tetapi dalam kasus ini, jika temperatur masih berkisar 30 derajat Celcius namun kondisinya sudah terbuka, maka bisa dipastikan bahwa sirkulasi air pendingin atau water pump pada Thermostat terjadi masalah.

Jika sudah terjadi masalah, maka solusi terbaik adalah mengganti thermostat dengan yang baru.

#2: Thermostat Macet

7 Kerusakan Yang Mempengaruhi Biaya Turun Mesin Mobil

Pada kasus ini, kondisinya justru terbalik dengan poin 1. Yaitu meski temperatur sudah cukup tinggi namun thermostat juga tidak kunjung terbuka. Bahkan ketika sudah mencapai suhu 90 derajat Celcius.

Dalam dunia otomotif, kondisi ini biasa disebut thermostat macet. Hal ini akan membuat kondisi di mana saluran air di dalam radiator tidak bisa bersiklus dan membuat mesin tetap dalam keadaan panas.

Terhadap kasus ini, solusi terbaik tentu saja dengan mengganti thermostat.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Yuk, Kenali 5 Penyebab Mesin Overheat

#3: Mesin Butuh Waktu Lama Sampai Ke Temperatur Kerja

Mesin Overheat - Radiator

Hampir mirip dengan kondisi pada poin 1, yakni ketika thermostat rusak dan terus menerus terbuka, maka kondisi itu membuat mesin lama mencapai temperatur kerjanya.

Kondisi ini tentu membuat suhu kerja mesin tidak akan kunjung tercapai. Solusinya bisa dengan memperbaiki thermostat ke bengkel atau dilakukan pergantian thermostat.

#4: Bahan Bakar Cenderung Boros

Lampu Indikator Bensin

Ada sebagian orang yang belum paham, apa hubungan antara thermostat dengan borosnya konsumsi bahan bakar. Tak lain adalah karena suhu mesin yang terus dalam keadaan rendah, sehingga konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih banyak.

Tentu saja kondisi ini harus segera diperbaiki dengan mengganti thermostat. Sebab risikonya tidak main-main yakni mesin menjadi tidak awet dan kerusakan malah akan jadi semakin besar.  

#5: Mesin Sering Overheating

5 Tanda Water Pump Mobil Alami Kerusakan

Ada beberapa ciri dari overheating yakni mesin terasa mengelitik saat mobil berjalan, AC jadi kurang dingin, tenaga mesin berkurang, temperatur gauge menunjukkan suhu lebih tinggi, dll.

Tentu saja kondisi overheating tidak bisa dibiarkan berlarut-larut karena dapat merembet ke area mesin di sekitarnya. Solusinya jelas thermostat harus diganti.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 5 Penyebab Mesin Mobil Panas Ini Harus Segera Anda Ketahui!

Bagaimana memastikan kinerja sistem pendinginan mobil bekas ada dalam kondisi prima?

Mobil-mobil bekas yang usianya sudah tidak muda apalagi yang minim perawatan harus lebih diwaspadai fungsi sistem pendinginannya. Kalau pemilik mengabaikannya, permasalahan bisa timbul mendadak saat mobil dipergunakan. Tentu saja merepotkan.

Jika Otofriends membutuhkan inspeksi mobil-mobil bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Inspeksi yang dilakukan secara cermat oleh tenaga profesional akan memberi Otofriends gambaran menyeluruh tentang sebuah mobil bekas. Hasil inspeksi dijamin akurat dan terpercaya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah 5 Risiko Jika Mobil Terkena Banjir Parah

Oktober 08, 2022
Waktu paling mengkhawatirkan bagi pemilik mobil yang tinggal di kawasan rawan banjir adalah saat musim hujan sudah datang. Mobil bisa kapan saja terendam banjir dan pastinya banyak kerugian yang akan didapat. Jika Otofriends tinggal di kawasan rawan banjir, Otofriends juga harus siap akan risiko ini. Risiko jika mobil terkena banjir parah tentunya ada banyak dan
Baca lebih lanjut

5 Faktor Penting Menjaga Tekanan Ban Mobil Tetap Stabil

Oktober 05, 2022
Berbicara tentang tekanan ban mobil, kita memang bukan hanya menyinggung soal kenyamanan, tapi juga keselamatan. Karena pada dasarnya ban adalah salah satu komponen yang kondisinya harus prima. Apalagi jika mobil sering dipakai berkendara ke luar kota dalam kecepatan tinggi.   Sayangnya, sering kali tekanan ban mobil tidak jadi perhatian utama. Tekanan yang kurang sering dianggap
Baca lebih lanjut

Pentingnya Pengecekan Mobil Bekas Sebelum Dibeli

Oktober 03, 2022
Di masa lalu, mungkin tak banyak pembeli mobil bekas yang melakukan pengecekan mobil bekas sebelum memutuskan untuk membeli. Tapi akibatnya, mereka seperti membeli kucing dalam karung. Jika kebetulan kondisi mobilnya layak, maka pembeli akan untung. Tapi kalau kondisinya zonk, maka akan apes. Di zaman sekarang, pengecekan mobil bekas tentu sudah jadi prosedur wajib. Maklum, saat
Baca lebih lanjut