Cek Mobil Bekas di Otospector, Ulasan dari Tempo Otomotif

Agustus 10, 2016
By jandika
Cek Mobil Bekas di Otospector, Ulasan dari Tempo Otomotif-otospector

Otospector bisa dibilang satu-satunya perusahaan penyedia jasa pengecekan mobil bekas di Indonesia. Dalam sekali pengecekan, setidaknya ada 150 poin yang diperiksa oleh Otospector. Mulai dari interior, bodi, mesin, sasis dan kaki-kaki, sampai kelengkapan surat-surat. Tak cuma memeriksa, petugas juga melakukan test drive alias uji mengemudi pada mobil yang hendak dijual.

Baca juga: 6 Komponen Yang Digarap Saat Tune Up Mobil

Hasil pemeriksaan setiap poin dituangkan dalam skala warna hijau (OK), kuning (bermasalah), dan abu-abu (tidak-ada). Adapun kesimpulan akhirnya berupa skala huruf A-B-C-D-E plus penjelasan dari si pemeriksa.

Seperti contoh laporan pemeriksaan yang diperoleh Tempo. Di sana, terlihat seberapa rinci pekerjaan sang inspektur. Bahkan goresan sepanjang 10 centimeter pada arm-rest (sandaran tangan) sebuah mobil bisa terlihat.

Laporan ini bisa dibaca pelanggan tanpa harus mengikuti pemeriksaan secara langsung. “Cukup memesan lewat situs otospector.co.id atau customer service, dan informasikan lokasi dan kontak penjual mobil bekasnya, nanti petugas kami mendatangi lokasi itu,” ujar Direktur Otospector Sterly Yulius kepada Tempo akhir pekan lalu. Laporan pemeriksaan bisa diperoleh konsumen maksimal 24 jam setelah mobil dicek.

Dengan layanan semacam ini, kata Sterly, calon pembeli mobil bekas bisa lebih tenang karena mengetahui kondisi mobil apa adanya. Biaya setiap pengecekan Rp 480 ribu, dan baru berjalan di Jakarta dan sekitarnya. “Jaminan yang kami berikan adalah laporan yang objektif dan independen,” ujar Sterly.

Jasa pemeriksaan menjadi pelengkap dari meningkatnya penjualan mobil bekas setiap tahun. Seperti yang terjadi di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara. Di sana, penjualan mobil semester I lalu mencapai 17 ribu unit atau naik 1.000 unit dibandingkan periode yang sama tahun 2015. Pertumbuhan positif juga dialami Mobil88, anak usaha PT Serasi Autoraya yang juga terafiliasi pada grup bisnis Astra. Pada 2014, Mobil88 menjual 25 ribu mobil bekas dan naik 10 persen di tahun berikutnya.

Baca juga: 4 Harga Mobil Carry Bekas Dari Tiap Generasi

Artikel ini diambil dari otomotif.tempo.co yang dimuat pada tanggal 9 Agustus 2016, dengan judul “Cek Mobil Bekas di Otospector, Ini yang Diperiksa,” oleh Praga Utama.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Ini Dia Promo Mobil Akhir Tahun 2024

Januari 21, 2024
Banyak orang berpendapat, akhir tahun adalah waktu yang tepat buat beli mobil karena ada promo mobil akhir tahun atau year end. Ya jelas saja, soalnya memasuki akhir tahun 2023 biasanya dealer-dealer mobil baru berlomba-lomba untuk mencapai target penjualan tahun itu. Sekaligus menghabiskan stok yang ada. Salah satu cara untuk menarik minat pembeli, biasanya dealer akan
Baca Lebih Lanjut

Mantap Ekspor Mobil Indonesia di 2024 Hampir Setengah Juta

Januari 21, 2024
Indonesia emang sudah tidak perlu diragukan dalam hal pangsa pasar. Indonesia salah satu negara pasar otomotif terbesar di dunia. Penjualan mobil baru dan juga mobil bekasnya sangat menggiurkan bagi para pelaku usaha. Sampai akhirnya kita punya peluang untuk memproduksi mobil, dan itu sudah mulai terwujud otofriends. Sampai di tahun 2023 pun total unit mobil yang
Baca Lebih Lanjut

Biaya Tol Jakarta ke Surabaya Per Desember 2024

Januari 21, 2024
Musim liburan Natal dan Tahun baru sudah di depan mata. Bagi Otofriends yang ingin berlibur dengan melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi dari Jakarta ke Surabaya, tentu akan lebih menyenangkan jika lewat jalan tol. Berapa sih, total tarifnya? Nah, sebelum dijawab, perlu diketahui bahwa Biaya tol Jakarta ke Surabaya sudah beberapa kali mengalami kenaikan. Kenaikan ini
Baca Lebih Lanjut