Cek Mobil Bekas di Otospector, Ulasan dari Tempo Otomotif

Agustus 10, 2016
By jandika
Cek Mobil Bekas di Otospector, Ulasan dari Tempo Otomotif-otospector

Otospector bisa dibilang satu-satunya perusahaan penyedia jasa pengecekan mobil bekas di Indonesia. Dalam sekali pengecekan, setidaknya ada 150 poin yang diperiksa oleh Otospector. Mulai dari interior, bodi, mesin, sasis dan kaki-kaki, sampai kelengkapan surat-surat. Tak cuma memeriksa, petugas juga melakukan test drive alias uji mengemudi pada mobil yang hendak dijual.

Baca juga: 6 Komponen Yang Digarap Saat Tune Up Mobil

Hasil pemeriksaan setiap poin dituangkan dalam skala warna hijau (OK), kuning (bermasalah), dan abu-abu (tidak-ada). Adapun kesimpulan akhirnya berupa skala huruf A-B-C-D-E plus penjelasan dari si pemeriksa.

Seperti contoh laporan pemeriksaan yang diperoleh Tempo. Di sana, terlihat seberapa rinci pekerjaan sang inspektur. Bahkan goresan sepanjang 10 centimeter pada arm-rest (sandaran tangan) sebuah mobil bisa terlihat.

Laporan ini bisa dibaca pelanggan tanpa harus mengikuti pemeriksaan secara langsung. “Cukup memesan lewat situs otospector.co.id atau customer service, dan informasikan lokasi dan kontak penjual mobil bekasnya, nanti petugas kami mendatangi lokasi itu,” ujar Direktur Otospector Sterly Yulius kepada Tempo akhir pekan lalu. Laporan pemeriksaan bisa diperoleh konsumen maksimal 24 jam setelah mobil dicek.

Dengan layanan semacam ini, kata Sterly, calon pembeli mobil bekas bisa lebih tenang karena mengetahui kondisi mobil apa adanya. Biaya setiap pengecekan Rp 480 ribu, dan baru berjalan di Jakarta dan sekitarnya. “Jaminan yang kami berikan adalah laporan yang objektif dan independen,” ujar Sterly.

Jasa pemeriksaan menjadi pelengkap dari meningkatnya penjualan mobil bekas setiap tahun. Seperti yang terjadi di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara. Di sana, penjualan mobil semester I lalu mencapai 17 ribu unit atau naik 1.000 unit dibandingkan periode yang sama tahun 2015. Pertumbuhan positif juga dialami Mobil88, anak usaha PT Serasi Autoraya yang juga terafiliasi pada grup bisnis Astra. Pada 2014, Mobil88 menjual 25 ribu mobil bekas dan naik 10 persen di tahun berikutnya.

Baca juga: 4 Harga Mobil Carry Bekas Dari Tiap Generasi

Artikel ini diambil dari otomotif.tempo.co yang dimuat pada tanggal 9 Agustus 2016, dengan judul “Cek Mobil Bekas di Otospector, Ini yang Diperiksa,” oleh Praga Utama.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

2 Tipe Avanza Terbaik Untuk Dibeli Update 2024

Mei 06, 2024
Mobil Toyota Avanza bisa dikatakan sebagai salah satu mobil primadona di Indonesia. Penjualan mobil ini selalu menempati posisi 3 besar tiap tahun. Harga sparepart yang murah, perawatan yang simpel, mesin awet dan tahan banting, serta kapasitas penumpang yang sangat luas menjadi kelebihan Toyota Avanza sehingga banyak diminati masyarakat Indonesia. Jika Otofriends sedang mencari mobil Toyota
Baca Lebih Lanjut

Inilah Review Dan Harga Rubicon Terbaru 2024

Mei 06, 2024
Masyarakat mengenal Jeep Rubicon sebagai mobil offroad dengan tampilan garang, gagah, dan mewah. Mobil ini memang punya sejumlah keistimewaan, karena bukan hanya terlihat keren di perkotaan, tapi kemampuannya menempuh jalur off road juga patut diacungi jempol. Karena harga yang tidak murah, Jeep Wrangler Rubicon umumnya juga dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Namun kabarnya harga
Baca Lebih Lanjut

Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Mei 05, 2024
Niat pemilik mobil untuk memperbarui tampilan warna mobil, sering terkendala soal ketidaktahuan biaya cat mobil. Berapa biaya pengecatan per panel? Berapa biaya pengecatan full body? Cat apa yang bagus? Dan pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Memang biaya cat mobil sangat dipengaruhi banyak faktor. Bisa dari jenis cat, banyaknya bagian yang dicat, full bodi atau hanya per panel,
Baca Lebih Lanjut