Catat Nih Penyebab Mesin Diesel Boros

September 04, 2023
By Thomas W
Catat Nih Penyebab Mesin Diesel Boros-otospector

Mesin diesel adalah salah satu jenis mesin yang banyak digunakan untuk kendaraan bermotor, terutama mobil. Mesin diesel memiliki keunggulan dalam hal efisiensi bahan bakar, torsi, dan daya tahan. Mobil bermesin diesel biasanya lebih efisien daripada mobil bahan bakar bensin, karena untuk proses pembakaran mesin lebih cepat.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Namun, mesin diesel juga bisa mengalami masalah yang membuatnya boros bahan bakar. Apa saja penyebab mobil diesel boros solar? Mari kita kupas:

#1: Diesel Injektor

Penyebab Mesin Diesel Boros

Komponen ini berfungsi menyemprotkan bahan bakar solar bertekanan ke ruang bakar. Diesel injektor harus bekerja dengan presisi dan timing yang tepat agar proses pembakaran mesin diesel berlangsung optimal. Mesin diesel sebetulnya lebih efisien dan efektif daripada bakar bensin jika bermasalah malah jadi lebih sulit.

Jika diesel injektor bermasalah, misalnya kotor, bocor, atau rusak, maka akan mengganggu kinerja mesin dan membuat konsumsi bahan bakarnya meningkat. Pembakaran mesin diesel membutuhkan singkronisasi yang menyeluruh dan juga kebersihan harus terjaga.

Beberapa gejala yang menunjukkan diesel injektor bermasalah adalah:

  • Mobil diesel boros bahan bakar. Ini karena solar tidak terbakar sempurna dan sebagian akan keluar melalui knalpot.
  • Asap hitam. Ini karena solar yang tidak terbakar akan menghasilkan asap hitam yang keluar dengan volume besar dari knalpot.
  • Mesin panas. Ini karena solar yang tidak terbakar akan meningkatkan suhu ruang bakar dan membuat mesin bekerja lebih keras untuk menjaga suhu ideal.

Untuk mengatasi masalah diesel injektor, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Membersihkan diesel injektor secara rutin. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang dicampurkan ke dalam tangki solar.
  • Mengganti diesel injektor jika sudah rusak atau aus. Ini bisa dilakukan di bengkel resmi atau spesialis mesin diesel.
  • Menyesuaikan tekanan pompa solar sesuai dengan spesifikasi mesin. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang disebut pressure gauge. Diesel membutuhkan banyak udara jadi komponen ini butuh perhatian khusus.

Baca juga: Perhatikan, Inilah 4 Kelemahan Mesin Diesel

#2: Filter Udara Kotor

Penyebab Mesin Diesel Boros

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar mobil bermesin diesel. Jika 1 filter udara kotor, maka akan mengurangi jumlah udara yang masuk dan mengganggu rasio udara-solar yang ideal untuk pembakaran. Akibatnya, mesin akan jadi boros dan kurang bertenaga. Bersihkan secara berkala agar filter bekerja baik dan tidak menghambat pasokan udara.

#3: Injektor yang Tidak Sinkron

Penyebab Mesin Diesel Boros

Injektor yang baik harus mampu menyemprotkan solar secara serempak dan bekerja saat mesin sedang proses kompresi. Jika injektor tidak sinkron, maka akan mengakibatkan solar terbuang sia-sia dan pembakaran tidak sempurna. Adapun selain faktor tidak singkron, jika elemen ini kotor, 1 atau 2 injektor bahan bakar kotor ini bisa membuat proses jadi terhambat serta menjadi lebih boros.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Pompa Solar Jebol

Penyebab Mesin Diesel Boros

Pompa solar berfungsi untuk mengalirkan solar dari tangki ke injektor dengan tekanan tertentu. Jika pompa solar jebol, otomatis bahan bakar akan keluar dari sistem dan membuat konsumsi solar meningkat drastis.

Untuk mencegah masalah-masalah di atas, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Melakukan perawatan berkala sesuai dengan jadwal service. Ini penting untuk menjaga kondisi mesin tetap prima dan menghindari kerusakan parah.
  • Menggunakan solar berkualitas baik. Solar berkualitas baik akan membantu proses pembakaran lebih optimal dan mengurangi resiko kerak atau karbon pada mesin.
  • Mengemudi dengan bijak. Mengemudi dengan bijak berarti menghindari akselerasi atau rem mendadak, menjaga kecepatan stabil, dan memilih gigi sesuai dengan kondisi jalan.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Keluarga Bermesin Diesel Rp 100 Jutaan

Perlukah kita memeriksa kondisi mesin diesel dari mobil bekas yang akan dibeli?

Otofriends harus padam, mobil-mobil diesel biasanya digunakan sebagai kendaraan “operasional” atau jadi andalan sehari-hari pemiliknya. Efeknya kadang terlihat di kondisi mobil di mana odometer sudah tinggi, ada kebocoran oli, atau kaki-kaki yang minta diservis.

Karena itulah sebelum memutuskan membeli mobil bermesin diesel, manfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi mendetail oleh para inspektor andal dan berpengalaman, Otofriends akan dapat memperoleh gambaran tentang kondisi mobil secara keseluruhan.

Keuntungan lain, mobil yang lulus inspeksi juga bisa memperoleh garansi, sehingga Otofriends tidak khawatir soal perbaikan seandainya terjadi kerusakan pada kendaraan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Berapa Sih Biaya Ganti Bearing Mobil?

Maret 22, 2024
Biaya ganti bearing mobil memang sangat tergantung pada jenis dan model bearing yang digunakan. Hanya saja dalam setiap kerusakan bearing yang harus diperhatikan tentu soal kapan bearing harus diganti dan bagaimana kualitasnya. Bearing roda mobil adalah komponen yang menunjang roda kendaraan. Fungsinya menjaga kestabilan dan perputaran roda mobil. Jika bearing mengalami kerusakan, tentu saja akan
Baca Lebih Lanjut

Simak! Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Maret 22, 2024
Seperti yang kita ketahui bahwasanya Mobil Hybrid saat ini sudah menjadi sorotan di kalangan dunia otomotif karena klaim efisiensinya. Karena mobil Hybrid ini sudah ramah lingkungan dan juga hemat bahan bakar, akan tetapi masih perlu kita soroti kelebihan dan kekurangan dari mobil Hybrid ini Otofriends. Berikut ini adalah kelebihan dari mobil Hybrid. #1: Irit atau
Baca Lebih Lanjut

Waspada! Ini Akibatnya Jika Mobil Sering Terkena Air Hujan

Maret 20, 2024
Banyak sekali pemilik mobil yang cuek mengenai bahayanya air hujan untuk mobil. Contohnya adalah seperti terlalu sering membiarkan air hujan mengering sendiri pada bagian bodi mobil dan tidak segera membersihkannya atau juga tidak segera mengelap dan tidak pula mencuci mobilnya. Walaupun cuma hanya terkena air hujan, jika dibiarkan begitu saja akan menjadi kebiasaan serta dapat
Baca Lebih Lanjut