Download Aplikasi OTOS
Install

Cara Merawat Per Daun Mobil

Juni 14, 2023
By Getan Metodius
Cara Merawat Per Daun Mobil-otospector

Per pada mobil terutama roda empat atau lebih itu terbagi antara beberapa, pertama ada coil spring atau per keong, serta leaf spring atau instilah Indonesianya adalah per daun. Sebetulnya keduanya itu sama Otofriends, dimana memiliki fungsi sebagai peredam dari gejala naik serta turunnya yang disebabnya tidak ratanya aspal atau jalan yang dilalui. Kali ini kita akan fokus membahas per daun, per daun ini terdiri dari beberapa susunan plat baja yang bertumpuk dengan ukuran panjang yang tentu berbeda-beda.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Karakteristik Per Daun.

per daun mobil

Kebanyakan nih, per jenis ini digunakan untuk kendaraan komersil karena cukup kuat dalam menopang beban. Secara umum jika tumpukan tersebut makin banyak, semakin kuat juga kendaraan itu menopang beban yang ada. Dimulai dari tumpukan paling panjang berada paling atas, dan tumpukan paling pendek berada pada posisi paling bawah.

Per daun ini juga memiliki shock absorber sebagai peredam dari getaran atau kejut di jalan raya. Meskipun terlihat bertumpuk-tumpuk, tetapi jangan diremehkan, per daun ini terbilang awet Otofriends, namun tetap tidak memberikan beban yang lebih dari yang disarankan, jika terlalu berat dari yang disarankan, bisa menyebabkan patahnya per daun tersebut.

Baca juga: Apa Itu Rating NCAP Untuk Mobil?

#2: Fungsi Per Daun.

jenis per daun mobil

Menjadi penerus dari gerak serta beban mobil dari rangka utama kendaraan ke rumah aksel dan juga roda mobil. Fungsi kedua bisa sebagai penahan dari gaya tekan yang sering berubah dari adanya kontur yang tidak rata. Serta fungsi selanjutnya menjadi pencegah tekanan ke samping dan membuat kendaraan bisa bergerak lurus secara stabil.

#3: Cara Merawat Per Daun Mobil.

Perawatan per daun ini tidak terlalu sulit, pengecekan karet bushing secara rutin sangat disarankan. Kalau Otofriends melihat karet ini sudah mulai getas, ini mengakibatkan oblak dan tidak nyaman saat dikendarai, buruan ganti ya, jika bushing ini rusak juga akan bunyi ketika mobil melewati kendaraan yang cenderung tidak rata.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Beda Per Daun Dengan Per Keong.

per keong

Kalau kita udah tahu seperti pada paragraph pertama, per daun itu cenderung digunakan pada mobil komersil atau niaga, karena difungsikan untuk membawa beban yang cukup besar. Kalau per keong adalah jenis suspensi yang berbentuk spiral, dirancang agar memberikan efek yang lebih lembut ketika digunakan. Kalau per keong ini lebih banyak digunakan pada mobil-mobil keluarga atau mobil pribadi yang mengedepankan kenyamanan.

#5: Harga Per Daun.

Berbicara pada hal paling sensitive yaitu harga, berapa sih harga per daun mobil itu? Kalau kita searching di mbah google, kita bisa melihat banyak sekali merk per daun. Serta juga macam-macam harganya, rata-rata sih dimulai dari harga ratusan ribu ya, bisa start dari Rp 300 ribuan sampai Rp 1 jutaan.

Baca juga: Pahami Dulu Risiko Modifikasi Setir Mobil

Pastikan suspensi mobil aman dan nyaman:

Ketika sudah membahas per daun serta juga menyinggung sedikit per keong, kita udah tahu nih mana yang digunakan pada mobil pribadi yang biasanya kita gunakan. Untuk itu, buat Otofriends nih misalnya yang pengen cari mobil bekas.

Jangan lupa cek dulu mobil bekas yang kamu incar, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector biar tahu nih luar dan dalam mobil bekas yang kamu incar tadi, termasuk dari komponen suspensinya juga akan dicek dan dinilai loh. Hubungi Otospector sekarang kalau kamu lagi nyari mobil bekas dan butuh inspeksi biar gak salah beli mobil.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa yang Membuat Mobil Hybrid Berbeda dari Mobil Biasa

November 18, 2024
Pada umumnya untuk mengetahui perbedaan mobil hybrid dan mobil biasa lumayan sulit, Karena keduanya memiliki kesamaan yang tak jauh berbeda. Karena mobil hybrid dan mobil biasa memiliki tone warna yang serupa dan memiliki fitur yang sama juga, tapi jika kamu sudah menyalahkan mobil maka nanti akan terlihat perbedaannya. Suara mobil hybrid biasanya akan terdengar lebih
Baca Lebih Lanjut

Inilah Beda Antara Dual Zone dan Single Zone AC

November 15, 2024
Bagi sebagian orang, istilah dual zone dan single zone AC mungkin belum terlalu akrab. Maklum, fitur yang ada dalam sistem tata udara kabin ini memang umumnya baru ada pada mobil-mobil berteknologi terbaru. Rata-rata juga baru didapati pada mobil dari kelas menengah ke premium. Secara gampangnya, sistem AC single zone hanya punya satu pengaturan suhu untuk
Baca Lebih Lanjut

Catat Nih, Biar Mobil Tua Ga Gampang Overheat

November 12, 2024
Mobil tua overheat? Memang overheat atau suhu mesin yang tinggi, adalah penyakit yang paling umum terjadi, pada mobil-mobil yang usianya sudah tergolong tua, alias di atas 10 tahunan. Apa boleh buat, seiring usia kendaraan dan pemakaian bertahun-tahun, selalu ada komponen yang sudah melewati usia pakainya dan memang aus.   Masalah akan runyam, kalau komponen-komponen itu
Baca Lebih Lanjut