Cara Merawat Per Daun Mobil

Juni 14, 2023
By Getan Metodius
Cara Merawat Per Daun Mobil-otospector

Per pada mobil terutama roda empat atau lebih itu terbagi antara beberapa, pertama ada coil spring atau per keong, serta leaf spring atau instilah Indonesianya adalah per daun. Sebetulnya keduanya itu sama Otofriends, dimana memiliki fungsi sebagai peredam dari gejala naik serta turunnya yang disebabnya tidak ratanya aspal atau jalan yang dilalui. Kali ini kita akan fokus membahas per daun, per daun ini terdiri dari beberapa susunan plat baja yang bertumpuk dengan ukuran panjang yang tentu berbeda-beda.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Karakteristik Per Daun.

per daun mobil

Kebanyakan nih, per jenis ini digunakan untuk kendaraan komersil karena cukup kuat dalam menopang beban. Secara umum jika tumpukan tersebut makin banyak, semakin kuat juga kendaraan itu menopang beban yang ada. Dimulai dari tumpukan paling panjang berada paling atas, dan tumpukan paling pendek berada pada posisi paling bawah.

Per daun ini juga memiliki shock absorber sebagai peredam dari getaran atau kejut di jalan raya. Meskipun terlihat bertumpuk-tumpuk, tetapi jangan diremehkan, per daun ini terbilang awet Otofriends, namun tetap tidak memberikan beban yang lebih dari yang disarankan, jika terlalu berat dari yang disarankan, bisa menyebabkan patahnya per daun tersebut.

Baca juga: Apa Itu Rating NCAP Untuk Mobil?

#2: Fungsi Per Daun.

jenis per daun mobil

Menjadi penerus dari gerak serta beban mobil dari rangka utama kendaraan ke rumah aksel dan juga roda mobil. Fungsi kedua bisa sebagai penahan dari gaya tekan yang sering berubah dari adanya kontur yang tidak rata. Serta fungsi selanjutnya menjadi pencegah tekanan ke samping dan membuat kendaraan bisa bergerak lurus secara stabil.

#3: Cara Merawat Per Daun Mobil.

Perawatan per daun ini tidak terlalu sulit, pengecekan karet bushing secara rutin sangat disarankan. Kalau Otofriends melihat karet ini sudah mulai getas, ini mengakibatkan oblak dan tidak nyaman saat dikendarai, buruan ganti ya, jika bushing ini rusak juga akan bunyi ketika mobil melewati kendaraan yang cenderung tidak rata.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Beda Per Daun Dengan Per Keong.

per keong

Kalau kita udah tahu seperti pada paragraph pertama, per daun itu cenderung digunakan pada mobil komersil atau niaga, karena difungsikan untuk membawa beban yang cukup besar. Kalau per keong adalah jenis suspensi yang berbentuk spiral, dirancang agar memberikan efek yang lebih lembut ketika digunakan. Kalau per keong ini lebih banyak digunakan pada mobil-mobil keluarga atau mobil pribadi yang mengedepankan kenyamanan.

#5: Harga Per Daun.

Berbicara pada hal paling sensitive yaitu harga, berapa sih harga per daun mobil itu? Kalau kita searching di mbah google, kita bisa melihat banyak sekali merk per daun. Serta juga macam-macam harganya, rata-rata sih dimulai dari harga ratusan ribu ya, bisa start dari Rp 300 ribuan sampai Rp 1 jutaan.

Baca juga: Pahami Dulu Risiko Modifikasi Setir Mobil

beli mobil bekas di tokopedia

Pastikan suspensi mobil aman dan nyaman:

Ketika sudah membahas per daun serta juga menyinggung sedikit per keong, kita udah tahu nih mana yang digunakan pada mobil pribadi yang biasanya kita gunakan. Untuk itu, buat Otofriends nih misalnya yang pengen cari mobil bekas.

Jangan lupa cek dulu mobil bekas yang kamu incar, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector biar tahu nih luar dan dalam mobil bekas yang kamu incar tadi, termasuk dari komponen suspensinya juga akan dicek dan dinilai loh. Hubungi Otospector sekarang kalau kamu lagi nyari mobil bekas dan butuh inspeksi biar gak salah beli mobil.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Ini Dia Mobil Bekas Murah Dibawah 100 Juta Area Jakarta 2024

Februari 10, 2024
Mobil bekas murah dibawah 100 juta masih jadi isu penting bagi para calon pembeli mobil untuk keluarga, di area Jakarta. Faktor harga masih jadi faktor utama, baru kemudian spesifikasi mobil yang bisa memuat lebih banyak orang. Dengan kriteria semacam itu, tentu MPV menjadi pilihan paling masuk akal. Bukan hanya karena segmen ini paling populer, namun
Baca Lebih Lanjut

Jadwal SIM Keliling Depok 2024

Februari 10, 2024
Untuk urusan perpanjangan SIM, ada banyak warga masyarakat yang lebih memilih melakukannya di pelayanan SIM Keliling. Alasannya, karena memang layanan SIM seperti ini umumnya terasa lebih dekat dari rumah dan pelayanannya relatif cepat.   Urusan memperpanjang SIM kita semestinya memang tidak perlu repot. Karena semua itu sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat, tidak sampai 15 menit
Baca Lebih Lanjut

Suspensi Mobil Berbunyi, Inilah Penyebabnya

Februari 08, 2024
Suspensi mobil berbunyi memang tidak berbahaya secara langsung, tapi bagi pengemudi kondisi ini akan terasa cukup mengganggu. Biasanya bunyi-bunyian ini berasal dari kondisi buruk pada shock absorber yang aus, bocor, atau rusak. Bunyi-bunyian itu biasanya muncul saat mobil melewati jalan yang tidak rata atau ada rintangan. Di luar dari shock absorber, sebenarnya masih ada lagi
Baca Lebih Lanjut