Cara Merawat Ban Serep Mobil

November 18, 2023
By Thomas W
Cara Merawat Ban Serep Mobil-otospector

Salah satu komponen yang penting dari sebuah mobil adalah ban cadangan atau ban serep. Akan tetapi karena komponen ini terhitung jarang digunakan, yaitu pada saat kondisi darurat saja, alhasil ban serep sering diabaikan pemilik mobil. Sini dikasih tahu merawat ban cadangan yang benar.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Padahal ban serep sebenarnya harus selalu siap dan dalam kondisi prima. Agar sewaktu-waktu saat ada kebocoran pada ban utama, langsung dapat digunakan.

Berikut ini ada beberapa tips perawatan ban serep atau cara merawat ban serep yang dapat Otofriends lakukan secara rutin. Simak cara merawat ban serep mobil berikut ini.

#1: Bersihkan Ban Serep Dari Kotoran

Cara Merawat Ban Serep

Perawatan ban serep mobil yang pertama adalah menghindarkannya dari kotoran. Kadang pada ban serep terdapat kotoran berupa debu atau lumpur yang dibawa dari jalanan.

Otofriends bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk karet ban atau bisa juga memakai air sabun yang lembut. Jangan lupa untuk mengeringkan ban serep setelah dibersihkan agar tidak lembab atau berjamur.

Pembersihan ban serep sebaiknya dilakukan rutin, terutama pada saat musim hujan di mana banyak tanah dan lumpur di jalanan.

Baca juga: Biaya Rotasi Ban Mobil dan Manfaatnya

#2: Periksa Tekanan Angin

Cara Merawat Ban Serep

Tips merawat ban serep selanjutnya rutin melakukan pengecekan tekanan angin. Meski ban tidak pernah dipakai, tekanan angin pada ban serep akan terus turun. Karena itu periksalah tekanan angin secara berkala, minimal sebulan sekali.

Ban serep bisa rusak atau pecah kalau tekanan anginnya kurang atau berlebihan. Karena itu pastikan tekanannya sesuai anjuran pabrik.

Untuk memeriksa tekanan, pakailah alat pengukur tekanan angin yang bisa dibeli di toko atau pada saat berkunjung ke bengkel.

#3: Lindungi Ban Serep

Cara Merawat Ban Serep

Ban serep sebaiknya terlindung dari paparan sinar matahri secara langsung. Pengaruh cuaca dan suhu udara baik panas maupun dingin, bisa mempengaruhi kondisi ban.

Karet ban yang terkena sinar matahari terus menerus akan menjadi kering, retak atau pecah. Panas atau dingin juga berpengaruh pada tekanan angin.

Jika ban serep ada di luar mobil, gunakan pelindung ban yang terbuat dari bahan tahan cuaca seperti kanvas atau plastik. Cara ini juga termasuk tindakan paling dasar dari cara merawat ban serep.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Lakukan Rotasi Ban

Cara Merawat Ban Serep

Rotasi ban atau pergantian posisi ban harus dilakukan secara berkala. Rotasi ini harus pula menukar posisi antara ban serep dengan ban utama.

Rotasi bertujuan mengurangi keausan pada ban akibat jarang digunakan. Lakukan rotasi ini setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali, tergantung kondisi medan dan frekuensi penggunaan mobil.

#5: Ganti Ban Serep

Cara Merawat Ban Serep

Meski kondisi kembangan atau alur ban masih baik, tetapi ban tetap memiliki masa pakai. Umumnya ban serep juga memakai masa pakai 4 tahun, walau belum pernah dipakai sekalipun.

Otofriends bisa mengecek masa pakai ban dari tanggal produksi ban yang tertera pada sisi ban.

Ban serep yang selalu siap digunakan juga akan menjamin keselamatan saat di jalan.

Baca juga: Apa Itu Run Flat Tyre? Lalu Apa Saja Keunggulan Dari Kinerjanya?

Bagaimana cara memastikan kondisi ban dan kaki-kaki mobil bekas?

Mobil bekas yang usianya sudah tidak muda lagi, apalagi kalau sudah dipakai harian, hampir bisa dipastikan, kaki-kaki dan ban akan bermasalah.

Untuk mengetahui kondisi kaki-kaki, coba lakukan test drive. Lakukan pengujian pada jalan berlubang, tidak rata, dan di kecepatan tinggi di jalan tol.

Jika Otofriends butuh bantuan untuk mengetahui secara menyeluruh, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Pengecekan kondisi fisik kaki-kaki mobil termasuk dalam standar 150+ titik inspeksi Otospector.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

18-28 Juli GIIAS 2024 Siap Menggebrak Tanah Air

Juni 16, 2024
Ajang pameran mobil terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show 2024 atau GIIAS 2024 akan segera digelar pada bulan Juli 2024. Pameran tahun ini disebut-sebut sebagai pameran yang terbesar yang penah diselenggarakan selama ini, kalau dihitung dari segi jumlah peserta pameran.  Bukan cuma peserta, jumlah mobil baru dan produk yang akan tampil dalam acara
Baca Lebih Lanjut

Jangan Kaget! Ini Dia 4 Penyebab Radiator Mobil Mampet

Juni 13, 2024
Air radiator sangatlah penting bagi mobil ya otofriends. Jika mobil kamu sudah menunjukkan ciri-ciri radiator mampet maka kamu harus segera memperbaikinya, agar tidak mengakibatkan kerusakan mendalam.  Peran yang sangat besar ada pada kipas radiator yang berupa viscous fan, yang boleh dibilang dengan sebutan fan radiator. Panas yang dihasilkan dari mesin akan terbuang dan nanti mesin
Baca Lebih Lanjut

Mobil Bekas 30 Jutaan Yang Bagus

Juni 13, 2024
Sering ada pertanyaan, mobil bekas 30 jutaan yang bagus, kira-kira apa pilihannya? Jujur saja, pertanyaan semacam ini sebenarnya sangat sulit dijawab. Karena pengertian “bagus”, memang sangat sifatnya sangat subyektif, tergantung pada selera masing-masing calon pembeli. Perlu juga dipahami, dengan anggaran 30 jutaan, tentu saja pilihannya adalah mobil yang usianya sudah cukup tua atau di atas
Baca Lebih Lanjut