Bikin Ngiler Inilah 5 Mobil Tercepat di Dunia 2024

Februari 14, 2024
By Thomas W
Bikin Ngiler Inilah 5 Mobil Tercepat di Dunia 2024-otospector

Bagi penggemar mobil dengan performa terbaik dan kecepatan tertinggi, prestasi berupa kecepatan maksimal atau top speed, selalu jadi bahan pembicaraan yang seru. Pasalnya, banyak produsen mobil dunia yang berlomba-lomba untuk mencatatkan produknya sebagai yang tercepat.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Tentu saja mobil dengan kecepatan di atas rata-rata ini tidak selalu dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan justru adalah untuk performa di atas kertas saja, karena pada praktiknya tidak banyak jalan raya yang bisa digunakan untuk membuktikannya.

Berikut ini 5 mobil dengan kecepatan tertinggi di dunia saat ini:

#1: Bugatti Chiron Super Sport 300+

5 Mobil Tercepat di Dunia

Kecepatan tertinggi: 304 mil/jam (489 km/jam)

Mobil ini berhasil mencapai kecepatan 304 mil/jam pada tahun 2019 di jalur uji Ehra-Lessien Volkswagen di Jerman. Mobil ini memiliki mesin W16 quad-turbo 8 liter yang menghasilkan tenaga 1.600 hp.

Selain cepat, unitnya juga langka karena hanya dibuat sebanyak 30 unit. Harganya sekitar $3,9 juta (Rp58 miliar).

Baca juga: Inilah Review Dan Harga Rubicon Terbaru 2023

#2: SSC Tuatara

5 Mobil Tercepat di Dunia

Kecepatan tertinggi: 286 mil/jam (460 km/jam)

Mobil sport Amerika Serikat yang diproduksi oleh SSC North America ini didesain dengan inspirasi dari jet tempur dan aerodinamis.

Mobil ini menjadi salah satu mobil tercepat, bagaimana tidak, mesinnya V8 twin-turbo 5,9 liter yang menghasilkan tenaga 1.750 hp pada biofuel E85 atau 1.350 hp pada bensin biasa. Mobil ini mencatat kecepatan tertinggi rata-rata dua arah 286 mil/jam pada tahun 2020 di jalan raya Nevada. Harga mobil ini diperkirakan sekitar $1,9 juta (Rp28 miliar).

#3: Koenigsegg Jesko

5 Mobil Tercepat di Dunia

Kecepatan tertinggi: 300 mil/jam (482 km/jam) (diperkirakan)

Mobil sport asal Swedia ini diproduksi oleh Koenigsegg. Diluncurkan pada tahun 2019 di Geneva Motor Show sebagai penerus dari Koenigsegg Agera RS, yang sebelumnya memegang atau memecahkan rekor mobil produksi tercepat di dunia.

Mesin mobil ini adalah V8 twin-turbo 5 liter yang menghasilkan tenaga 1.600 tenaga kuda pada biofuel E85 atau 1.280 hp pada bensin biasa. Transmisinya otomatis sembilan percepatan yang unik, yang disebut Light Speed Transmission.

Mobil ini belum secara resmi mencapai kecepatan tertinggi, tetapi diperkirakan dapat melaju hingga 300 mil/jam. Harga mobil ini sekitar $2,8 juta (Rp41 miliar).

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: McLaren Speedtail

5 Mobil Tercepat di Dunia

Kecepatan tertinggi: 250 mil/jam (402 km/jam)

Mobil sport hybrid Inggris yang diproduksi oleh McLaren Automotive. Boleh dikatakan mobil ini adalah penerus spiritual dari McLaren F1, yang merupakan mobil produksi tercepat di dunia pada tahun 1990-an.

Desain interiornya terdiri atas tiga kursi dengan pengemudi di tengah, seperti F1. Mesinnya V8 twin-turbo 4 liter dan motor listrik yang menghasilkan tenaga gabungan 1.036 hp.

Kecepatan yang pernah dicapai adalah 250 mil/jam pada tahun 2019 di Kennedy Space Center di Florida. Produksinya hanya 106 unit dengan harga sekitar $2,25 juta (Rp 33 miliar).

#5: Lamborghini Aventador SVJ

5 Mobil Tercepat di Dunia

Kecepatan tertinggi: 217 mil/jam (349 km/jam), mobil ini salah satu mobil tercepat di dunia.

Mobil sport Italia yang diproduksi oleh Lamborghini. Mobil ini sekaligus versi paling ekstrem dari Lamborghini Aventador, dengan peningkatan performa dan aerodinamis.

Dengan mesin v12 6,5 liter aventador mampu dihasilkan tenaga 759 hp. Mobil ini juga memiliki sistem Aerodinamica Lamborghini Attiva (ALA), yang menyesuaikan sayap depan dan belakang untuk meningkatkan downforce atau drag sesuai kebutuhan.

Waktu tercepat dicatat untuk mobil produksi di Nurburgring Nordschleife, yaitu 6 menit 44,97 detik pada tahun 2018. Harga mobil ini sekitar $517.000 (Rp7,7 miliar).

Baca juga: Simak Dulu Manfaat Modifikasi Mobil Ceper

beli mobil bekas di tokopedia

Beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan mobil, di antaranya adalah:

Tenaga mesin: semakin besar tenaga mesin, semakin cepat mobil dapat bergerak.

Bobot mobil: semakin berat mobil, semakin sulit untuk mencapai kecepatan maksimal.

Kondisi jalan: jalan yang berlubang atau bergelombang dapat membuat mobil sulit untuk mencapai kecepatan maksimal.

Keadaan cuaca: hujan atau salju dapat membuat jalan licin dan berbahaya untuk berkendara dengan kecepatan tinggi.

Rasio final gear: rasio final gear adalah perbandingan antara putaran roda dengan putaran mesin. Rasio final gear yang tinggi dapat meningkatkan akselerasi, tetapi mengurangi kecepatan maksimal. Sebaliknya, rasio final gear yang rendah dapat meningkatkan kecepatan maksimal, tetapi mengurangi akselerasi.

Fitur dan aksesori: beberapa fitur dan aksesori dapat mempengaruhi kecepatan mobil, seperti sistem aerodinamika, ram air system, quick shifter, spoiler, dan ban

Jika Otofriends hendak memeriksa performa mobil secara keseluruhan, jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan pemeriksaan yang komprehensif, maka Otofriends dapat mengetahui sejelas-jelasnya kondisi sebuah mobil bekas dan dapat menentukan harga terbaik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2024

Februari 04, 2024
Seakan sudah menjadi semacam tradisi jika pada saat menjelang Idul Fitri, sebagian besar masyarakat melakukan acara pulang kampung atau istilahnya mudik. Tradisi yang dilakukan massal ini setidaknya berlangsung setahun sekali, di samping ada juga musim liburan besar lain yakni saat akhir tahun. Selain menggunakan jalur transportasi umum, ritual kembali ke kampung halaman ini juga didominasi
Baca Lebih Lanjut

Gak Cuma Wrangler, Ini Koleksi Mobil Tua Andre Taulany

Februari 04, 2024
Bagi para penonton televisi di Indonesia, tentu tidak asing dengan nama Andre Taulany. Namanya dikenal sebagai komedian, penyanyi, dan presenter yang sangat sering tampil di televisi. Ternyata di balik popularitasnya, ia juga dikenal memiliki hobi mengoleksi mobil klasik yang bernilai tinggi. Dalam hal hobi otomotif, Andre tidak sendiri. Beberapa selebriti lain seperti Raffi Ahmad, Baim
Baca Lebih Lanjut

Penyebab Radiator Mobil Karatan

Februari 02, 2024
Banyak pemilik mobil yang tidak paham bahwa banyak kondisi yang bisa menjadi penyebab radiator mobil karatan. Pada umumnya mereka mengira, penyebab satu-satunya adalah karena kualitas cairan pendingin yang dipakai tidak bagus. Jadi selama pakai cairan yang bagus, mereka sudah merasa aman. Seiring berjalannya waktu, radiator memang bisa terkena karat atau korosi, baik karena faktor eksternal
Baca Lebih Lanjut