Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?

Februari 29, 2024
By Getan Metodius
Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?-otospector

Hi otofriends, nggak kebayang deh kalau belom ada teknologi si power steering ini. Gimana enggak, kalau power steering belum ada nih, otot-otot tangan pasti bakalan pegel Cuma buat belokin mobil doang. Seperti yang udah kita tau nih, power steering memiliki fungsi yang sangat besar, supaya setir mobil jadi ringan ketika kita memutarnya, entah itu untuk berbelok atau putar balik.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Jadi kalau power steering ini rusak, tentu kita sebagai pengemudi bakalan ngerasain gejala yang aneh dan berkendara jadi enggak nyaman nih. Kita cari tahu yuk penyebab dari power steering mobil bisa rusak dan juga kira-kira berapa sih biaya perbaikan kerusakannya?

#1: Biaya perbaikan.

power steering rusak

Sumber: Mobil123

Sebelum masuk pada pembahasan utama, kita perlu paham dulu nih otofriends kalau power steering ada dua jenis. Ada steering hidrolik dan juga electric power steering atau yang sering disebut EPS.

Steering hidrolik adalah tipe yang paling sering kita temuin di mobil yang sudah cukup berumur, serta juga sering dipakai di mobil truk. Lalu kalau mobil baru pakai apa bang? Mobil-mobil keluaran baru sudah menggunakan electric.

EPS tadi memang lebih modern, tapi sih cara kerjanya sama kok dengan yang lama. Hanya aja bedanya terletak di sistem penggerak. EPS pakai motor yang digerakkan oleh listrik, nah kalau hidrolik itu bisa bergerak karena adanya cairan.

Untuk perbaikannya, power steering yang hidrolik lebih terjangkau daripada yang jenis elektrik. Jika kamu mau memperbaiki EPS, setidaknya perlu mempersiapkan paling minim Rp 850rb sampai Rp 1jtan untuk mobil-mobil MPV. Lalu untuk SUV bisa lebih dari itu, bisa sampai di atas Rp 3juta.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Catat, Ini 5 Mobil Pintu Geser Dengan Harga Ekonomis

#2: Apa penyebabnya?

power steerin mobil

Sumber: Auto2000

Penyebab dari power steering rusak sih emang ada banyak otofriends. Mulai dari masalah oli yang nggak bagus, jadi kinerjanya nggak maksimal. Ada juga kerena buruknya pemakaian, jika kamu sering memutar setir sampai mentok, lalu ada juga karena robeknya boot rack steer.

Pemicunya karena sering sekali melewati jalanan yang rusak, komponen ini berbahan dasar karet, jika ini terus dibiarkan, kotoran dan debu bisa masuk dan menyebabkan karat, sampai-sampai nih setir jadi susah banget diputar.

Yang paling umum adalah waktu penggunaan, ya namanya barang otomotif pasti ada umur pakainya otofriends. Ketika udah sampai 5 tahun atau 100.000 km, pastinya ada kemungkinan rack steer bocor, dan ini bisa mengakibatkan rembes di bagian power steering.

Ada juga faktor ban yang bocor, ini memang jarang terjadi, tapi jika bocor, dan kamu terus paksakan mobil digunakan, langsung deh komponen ini kena.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Tanda kalau power steering rusak.

power steering rusak

Sumber: Toyota Astra Motor

Ada beberapa tanda kalau power steering itu rusak, mulai dari steering wheel yang bergetar, ada juga posisi setir yang terlihat miring atau tidak selaras. Tanda lain juga seperti setir sudah digerakan, sampai ada bunyi-bunyi aneh.

Baca juga: 8 Cara Mengetahui Mobil Bekas Tabrak

Rawatlah power steering agar mobil tetap prima:

Merawat power steering semudah tidak sering menghantamkan mobil pada jalan berlubang, menghindari jalanan rusak sampai tidak membiasakan memutar kemudi sampai mentok.

Ini akan berdampak ketika kamu ingin mengganti mobil, jika kondisi power steering mobil tidak baik, akan membuat harga jual kembali mobil anjlok. Sebaliknya, jika kondisi power steering baik, maka daya tawarnya makin baik.

Untuk kamu yang ingin beli mobil bekas, pastiin menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Pengecekan atau inspeksi mobil menyeluruh lebih dari 150 titik akan membantu kamu membuat keputusan pembelian.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Simple Rawat Rem Mobil Dengan Cara Ini

Januari 10, 2024
Mobil jadi salah satu transportasi yang cukup banyak digunakan di Indonesia, untuk menunjang berbagai kebutuhan harian. Tapi ketika kamu punya mobil, perlu tahu juga loh cara merawat mobilnya. Salah satunya adalah perawatan untuk rem mobil, dengan rem yang sehat, bepergian kemanapun jadi lebih nyaman. Jangan sampai pengereman bermasalah ya otofriends, karena kalau bermasalah bisa berbahaya.
Baca Lebih Lanjut

Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Januari 10, 2024
Cara parkir pararel mobil matic jelas harus dikuasai oleh pengemudi yang mobil transmisi matic. Memang, di area parkir Otofriends kadang selalu punya pilihan untuk parkir biasa. Namun pengemudi tetap harus siap jika terpaksa harus parkir paralel. Yang harus diingat, parkir paralel butuh keterampilan dan ketelitian dan ketelitian untuk mengatur posisi mobil agar sesuai dengan ruang
Baca Lebih Lanjut

Gimana Cara Cek Tarif Tol Secara Online 2024?

Januari 09, 2024
Siapa yang sering bepergian ke luar kota atau juga dalam kota dengan melewati jalan tol? Buat kamu yang sering bepergian dengan rute yang sering dilalui sebetulnya sangat mudah, atau bahkan hafal akan tarif tolnya. Tapi bagaimana jika suatu saat kamu ingin bepergian ke luar kota dan kamu tidak tahu akan tarif tol nya? Jalan tol
Baca Lebih Lanjut