Berapa Biaya Mengganti Kaca Mobil Yang Pecah?

Februari 27, 2024
By Getan Metodius
Berapa Biaya Mengganti Kaca Mobil Yang Pecah?-otospector

Kaca mobil merupakan salah satu elemen yang cukup penting. Pasalnya jika tidak ada kaca mobil, mata kita sebagai pengemudi akan terkena angin kencang dan kotoran, kotoran itu bisa masuk ke dalam kabin mobil juga.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Meski kaca mobil itu punya material yang bagus dan kuat, tapi kaca mobil bisa saja rusak atau pecah, karena waktu dari penggunaan, atau juga karena benturan benda keras. Hal-hal ini yang bisa bikin kaca pecah dan perlu diganti. Tapi kita perlu tahu dulu otofriends, berapa sih biaya dari ganti kaca mobil? Jika amit-amit kejadian, bisa tahu mempersiapkan biayanya.

#1: Estimasi biaya ganti kaca mobil.

ganti kaca mobil

Sumber: Gridoto

Kalau ditanya berapa pastinya harga ganti kaca mobil, tentunya beragam otofriends. Tetapi kamu juga perlu tahu harga yang paling murah untuk mengganti kaca mobil mulai dari Rp 1 jutaan, untuk mobil-mobil LCGC. Range bisa sampai Rp 3,5 juta juga bisa kamu keluarkan untuk jenis-jenis kaca mobil dari brand-brand mobil lain.

Untuk pemasangan sendiri biasanya dikenakan biaya mulai dari Rp 600 ribu, tentu ini bisa berbeda dari setiap bengkel. Untuk waktu pengerjaan tergantung dari ukuran mobilnya, mobil kecil bisa memakan waktu 2-3 jam, tapi untuk mobil besar bisa sampai 3-4 jam.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

#2: Jenis-jenis kaca mobil.

kaca mobil

Sumber: Alero Design

Selain mengetahui rentang harga kaca mobil, kamu juga perlu tahu nih ada beberapa jenis kaca mobil. Ada 3 jenis kaca mobil, mulai dari Tempered, yang merupakan kaca mobil yang punya kekuatan lebih kuat dari kaca biasa dan tidak mudah retak atau rusak. Biasanya kaca ini ditempatkan di belakang atau juga samping mobil karena tekstur kaca yang keras.

Lalu ada Partially Tempered, jenis kaca yang kedua ini punya keunggulan lapisan kaca yang tidak mudah hancur berkeping-keping ketika terjadi retak pada permukaan kaca. Penggunaan kaca ini biasanya dipasang pada sisi tengah mobil.

Kaca Laminated, untuk jenis kaca selanjutnya adalah kaca Laminated, jenis ini punya struktur yang kokoh dan bisa meredam benturan. Jenis kaca ini juga biasanya disematkan di sisi depan mobil. Jika ada retak, jenis ini cenderung akan menjalar dengan cepat tapi, tidak langsung pecah atau berhamburan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 9 Dealer Mobil Bekas di Jabodetabek

#3: Tips pilih kaca mobil yang bagus.

kaca film mobil

Sumber: Kompas Oto

Perlu kita ketahui bahwa ganti kaca mobil itu nggak bisa sembarangan otofriends. Kita perlu teliti, kamu perlu mempertimbangkan dari jenis-jenis kaca di atas supaya kamu bisa melakukan tindakan pembelian dengan cermat.

Selain itu kamu juga perlu mempersiapkan biaya untuk membeli kaca film mobil. Kaca film mobil juga tidak murah, namun beli sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu terlalu gelap asal visibilitas tetap baik dan terjaga.

Cermat dalam melakukan perawatan mobil adalah kunci mobil yang awet:

Menjaga mobil agar tetap sehat adalah tugas utama kita sebagai pemilik kendaraan. Perlu dibiasakan agar jika ada rejeki lebih ingin beli mobil selanjutnya, harga jual kembali mobil ini tetap baik.

Tentu tidak akan tinggi nilai jual kembali jika, perawatan mobilnya asal saja. Supaya tetap dapat cash yang besar untuk membeli mobil selanjutnya. Lalu tips untuk mereka yang ingin beli mobil bekas, disarankan menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Supaya kamu tahu nih mobil yang akan kamu beli sudah layak dipinang atau belum. Biar nantinya kamu punya mobil yang sehat dan tahan lama dipakai, buruan inspeksi mobil incaran kamu dengan menghubungi CS Admin Otospector.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Selain Overheat Inilah 5 Faktor Penyebab Mobil Terbakar

Januari 17, 2024
Ada berbagai faktor yang jadi penyebab mobil terbakar. Salah satu penyebab yang selama ini sering ada di pikiran orang awam adalah mesin overheat. Inilah kondisi di mana mesin naik suhunya sampai ambang batas maksimal. Sejauh ini menurut para mekanik berpengalaman, mesin overheat kecil kemungkinan jadi penyebab mobil terbakar. Kecuali jika ada pemicu lain, seperti adanya
Baca Lebih Lanjut

Komparasi Brio vs Agya Siapa Hatchback Terbaik Update 2024

Januari 16, 2024
Beli mobil untuk digunakan di perkotaan memang paling cocok untuk jenis hatchback. Untuk saat ini yang paling sering ada di pikiran masyarakat urban adalah Brio dan juga Agya. Lantas mana pilihan terbaik kamu Otofriends? Kalau bang min sih mending lihat komparasi singkat ini dulu ya, tapi tetap ini adalah masukan informasi aja untuk kamu, bukan
Baca Lebih Lanjut

Mitos vs Fakta Mengapa AC Dimatikan Saat Tanjakan? Update 2024

Januari 16, 2024
Kita sebagai pengemudi mobil pasti pernah melewati tanjakan, termasuk juga tanjakan curam. Sebagai pengendara, apa yang biasanya kita lakukan nih Otofriends untuk mengatasi tanjakan tersebut, adakah dari Otofriends yang mematikan AC mobil sebelum melibas tanjakan? Kalau ada, kita bahas yuk lantas benarkan salah satu cara yaitu mematikan AC membuat tenaga mesin mobil jadi lebih kuat.
Baca Lebih Lanjut