Jangan kaget kalau ada calon pembeli mobil bekas yang bingung, mau pilih Ertiga bekas atau Mobilio bekas?
Kedua mobil low MPV ini memang boleh dibilang ada di kelas yang sama. Keduanya lahir di masa, di rentang harga, spesifikasi, kualitas, fitur, dan target pasar; yang hampir sama. Karena itulah keduanya juga bersaing di pasaran.
Tak heran kalau persaingan salah dua merek ternama di Indonesia ini membuat calon pembeli jadi bimbang menentukan yang terbaik. Apalagi harga bekasnya juga hampir mirip-mirip.
Nah, biar ga bingung, mari kita bahas satu per satu perbandingan antara pilih Ertiga bekas dan Mobilio bekas. Biar bisa memutuskan mana yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan Otofriends sekalian:
Sumber: Olx
Sejak kelahirannya pada 2012, Suzuki Ertiga dikenal di pasar sebagai produk yang terus berkembang.
Awalnya Ertiga hanya punya 3 varian yakni GA, GL, dan GX dengan transmisi manual, kemudia terus berkembang dengan ditambah varian Sporty, perubahan facelift (2015), Dreza (2016), dan lahirnya Generasi Kedua (2018). Pada tahun 2020 lahir XL7 yang merupakan Ertiga versi crossover.
Sedangkan Mobilio sejak diluncurkan pada 2014, punya tiga varian dasar yakni S, E, dan RS. Pada 2017 dilakukan Facelift pertama kali. Namun pada 2022, varian dari Mobilio malah menyusut hanya menyediakan tipe S saja dan hanya diproduksi untuk keperluan armada operasional perusahaan (fleet).
Banyaknya pilihan membuat Otofriends leluasa dalam memilih varian yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan. Karena masing-masing varian dirancang dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Sumber: Suzuki Indomobil Sales
Dari sisi penampilan, ada perbedaan mendasar dari kedua mobil ini. Mobilio memang didesain dengan unsur sport, sehingga tampilannya lebih futuristik dan sporty. Sementara Ertiga lebih kalem dan elegan.
Secara umum, dimensi Ertiga lebih besar dengan PxLxT (4.395mm x 1.735 mm x 1.690 mm) dibanding Mobilio (4.380 mm x lebar 1.683 mm x 1.603 mm). Begitu pula dengan ground clearance, Ertiga lebih tinggi (200 mm) dibanding Mobilio (189 mm). Sementara wheelbase keduanya sama (2.650 mm).
Jika kita masuk ke kabin, Mobilio akan terasa lebih lega dibandingkan Ertiga. Begitu juga dengan kapasitas bagasi, Mobilio terasa lebih besar.
Dari sisi penumpang, catatan untuk Mobilio ada pada jok di baris ketiga. Pada Mobilio, posisi jok terasa rendah dan kurang empuk, sehingga tidak nyaman dibanding Ertiga.
Dari sisi kekedapan kabin, hasil pengujian dari Moladin, Ertiga lebih baik, di mana bunyi bisa diredam hingga 68,6 db. Sementara Mobilio cuma 70,5 db.
Sumber: Suzuki Indomobil Sales
Ada perbedaan mesin di mana Mobilio menggunakan mesin 1500 cc dengan tenaga 118 Hp, sedangkan Ertiga memiliki mesin 1400 cc dengan tenaga 94 Hp.
Dengan mesin kubikasi yang berbeda, hasil dari pengujian Moladin, akselerasi Mobilio tentu saja tercatat lebih baik.
Namun menariknya, dengan perbedaan kubikasi mesin itu pula, ternyata Mobilio mencatat konsumsi BBM yang lebih baik yaitu 14,9 km/liter di dalam kota dan 18,8 km/liter di jalan tol. Sementara Ertiga hasilnya 13,8 km/liter di dalam kota dan jalan tol 16 km/liter di jalan tol.
Sumber: Tribunnews
Di pasaran mobil bekas, harga Honda Mobilio umumnya ditawarkan jauh lebih tinggi dibanding Ertiga. Meski begitu semua kembali kepada kondisi masing-masing dan varian yang ditawarkan.
Berikut perbandingan antara Ertiga dan Mobilio produksi tahun 2017 – 2018 :
Suzuki Ertiga
Honda Mobilio
Apapun mobil yang Otofriends pilih, sebaiknya semua itu didasarkan atas dana yang tersedia dan kebutuhan akan penggunaan nantinya. Dengan mencermati fakta-fakta di atas, maka masing-masing mobil jelas punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.
Namun sebelum membeli, Otofriends bisa memastikan kondisi mobil bekas dengan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.
Lewat proses inspeksi mobil yang profesional dan transparan, maka Otofriends akan punya gambaran sejelas-jelasnya tentang kondisi mobil yang akan dibeli. Hasilnya tentu akan sesuai dengan harapan.
Bagikan