Baiknya, Pilih Ertiga Bekas atau Mobilio Bekas?

Oktober 17, 2024
By Thomas W
Baiknya, Pilih Ertiga Bekas atau Mobilio Bekas?-otospector

Jangan kaget kalau ada calon pembeli mobil bekas yang bingung, mau pilih Ertiga bekas atau Mobilio bekas?

Kedua mobil low MPV ini memang boleh dibilang ada di kelas yang sama. Keduanya lahir di masa, di rentang harga, spesifikasi, kualitas, fitur, dan target pasar; yang hampir sama. Karena itulah keduanya juga bersaing di pasaran.

Tak heran kalau persaingan salah dua merek ternama di Indonesia ini membuat calon pembeli jadi bimbang menentukan yang terbaik. Apalagi harga bekasnya juga hampir mirip-mirip.


Nah, biar ga bingung, mari kita bahas satu per satu perbandingan antara pilih Ertiga bekas dan Mobilio bekas. Biar bisa memutuskan mana yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan Otofriends sekalian:

#1: Varian Produknya

varian produk

Sumber: Olx

Sejak kelahirannya pada 2012, Suzuki Ertiga dikenal di pasar sebagai produk yang terus berkembang.

Awalnya Ertiga hanya punya 3 varian yakni GA, GL, dan GX dengan transmisi manual, kemudia terus berkembang dengan ditambah varian Sporty, perubahan facelift (2015), Dreza (2016), dan lahirnya Generasi Kedua (2018). Pada tahun 2020 lahir  XL7 yang merupakan Ertiga versi crossover.

Sedangkan Mobilio sejak diluncurkan pada 2014, punya tiga varian dasar yakni S, E, dan RS. Pada 2017 dilakukan Facelift pertama kali. Namun pada 2022, varian dari Mobilio malah menyusut hanya menyediakan tipe S saja dan hanya diproduksi untuk keperluan armada operasional perusahaan (fleet).

Banyaknya pilihan membuat Otofriends leluasa dalam memilih varian yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan. Karena masing-masing varian dirancang dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Eksterior dan Interior

Eksterior dan Interior

Sumber: Suzuki Indomobil Sales

Dari sisi penampilan, ada perbedaan mendasar dari kedua mobil ini. Mobilio memang didesain dengan unsur sport, sehingga tampilannya lebih futuristik dan sporty. Sementara Ertiga lebih kalem dan elegan.

Secara umum, dimensi Ertiga lebih besar dengan PxLxT (4.395mm x 1.735 mm x 1.690 mm) dibanding Mobilio (4.380 mm x lebar 1.683 mm x 1.603 mm). Begitu pula dengan ground clearance, Ertiga lebih tinggi (200 mm) dibanding Mobilio (189 mm). Sementara wheelbase keduanya sama (2.650 mm).

Jika kita masuk ke kabin, Mobilio akan terasa lebih lega dibandingkan Ertiga. Begitu juga dengan kapasitas bagasi, Mobilio terasa lebih besar.

Dari sisi penumpang, catatan untuk Mobilio ada pada jok di baris ketiga. Pada Mobilio, posisi jok terasa rendah dan kurang empuk, sehingga tidak nyaman dibanding Ertiga.

Dari sisi kekedapan kabin, hasil pengujian dari Moladin, Ertiga lebih baik, di mana bunyi bisa diredam hingga 68,6 db. Sementara Mobilio cuma 70,5 db.

Baca juga: Pakai Ban Mobil Beda Merek? Boleh, Asalkan …

#3: Performa Mesin dan Konsumsi BBM

Performa mesin dan konsumsi BBM

Sumber: Suzuki Indomobil Sales

Ada perbedaan mesin di mana Mobilio menggunakan mesin 1500 cc dengan tenaga 118 Hp, sedangkan Ertiga memiliki mesin 1400 cc dengan tenaga 94 Hp.

Dengan mesin kubikasi yang berbeda, hasil dari pengujian Moladin, akselerasi Mobilio tentu saja tercatat lebih baik.

Namun menariknya, dengan perbedaan kubikasi mesin itu pula, ternyata Mobilio mencatat konsumsi BBM yang lebih baik yaitu 14,9 km/liter di dalam kota dan 18,8 km/liter di jalan tol. Sementara Ertiga hasilnya 13,8 km/liter di dalam kota dan jalan tol 16 km/liter di jalan tol.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Harga Bekasnya

Harga bekasnya

Sumber: Tribunnews

Di pasaran mobil bekas, harga Honda Mobilio umumnya ditawarkan jauh lebih tinggi dibanding Ertiga. Meski begitu semua kembali kepada kondisi masing-masing dan varian yang ditawarkan.  

Berikut perbandingan antara Ertiga dan Mobilio produksi tahun 2017 – 2018 :

Suzuki Ertiga

  • GA A/T Dreza   2017                           Rp 150 juta
  • GX A/T Facelift 2017                          Rp 155 juta
  • New Ertiga GX A/T 2017                   Rp 138 juta
  • All New Ertiga GL M/T 2018             Rp 145 juta
  • All New Ertiga GX A/T 2018             Rp 170 juta
  • New Ertiga GA M/T 2018                  Rp 140 juta
  • New Ertiga GL A/T 2018                    Rp 155 juta

Honda Mobilio

  • E CVT Facelift  2017                 Rp 160 juta
  • E M/T Facelift  2017                 Rp 140 juta
  • RS A/T Facelift 2017                 Rp 170 juta
  • RS CVT Facelift 2017                 Rp 190 juta
  • E CVT Facelift  2018                 Rp 180 juta
  • Prestige CVT Facelift 2018      Rp 190 juta
  • RS A/T Facelift 2018                 Rp 190 juta
  • S M/T Facelift  2018                  Rp 150 juta

Baca juga: Apakah Fitur ABS Penting Untuk Mobil?

Jadi kesimpulannya, Pilih Ertiga Bekas atau Mobilio Bekas?

Apapun mobil yang Otofriends pilih, sebaiknya semua itu didasarkan atas dana yang tersedia dan kebutuhan akan penggunaan nantinya. Dengan mencermati fakta-fakta di atas, maka masing-masing mobil jelas punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Namun sebelum membeli, Otofriends bisa memastikan kondisi mobil bekas dengan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Lewat proses inspeksi mobil yang profesional dan transparan, maka Otofriends akan punya gambaran sejelas-jelasnya tentang kondisi mobil yang akan dibeli. Hasilnya tentu akan sesuai dengan harapan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tips Stop And Go Mobil Manual Di Jalan Menanjak

Oktober 06, 2024
Situasi stop and go mobil kadang memang tak terhindarkan, terutama saat lalu-lintas di jalanan sedang padat. Kita hanya bisa maju sedikit demi sedikit, karena antrean lalu-lintas yang panjang. Akan jadi masalah kalau stop and go mobil ini terjadi di jalan yang menanjak dengan kendaraan bertransmisi manual. Karena kalau pengemudi tidak hati-hati, maka mobil ada kemungkinan
Baca Lebih Lanjut

Inilah 5 Penyebab Kopling Mobil Keras Saat Diinjak

Oktober 05, 2024
Penyebab kopling mobil keras, umumnya adalah persoalan teknis, yaitu rusaknya beberapa komponen sehingga mengganggu kinerja kopling. Beberapa komponen itu antara lain kampas kopling, matahari, sampai dengan release bearing. Namun Otofriends juga harus paham, sebenarnya pemicu kerusakan komponen-komponen itu tak lain adalah kebiasaan dari pengemudi itu sendiri. Misalnya, terlalu cepat melepas kopling, padahal sistem transmisi belum
Baca Lebih Lanjut

Berapa sih, Komisi Jual Beli Mobil Bekas?

Oktober 04, 2024
Kadang sebagai pembeli mobil bekas, ada sedikit rasa penasaran juga, berapa sih, komisi jual beli mobil bekas yang didapat dari seorang broker atau makelar? Dalam jual beli mobil bekas, sering kali kita memang harus berhubungan dengan makelar. Merekalah perantara yang menjembatani pembeli atau penjual. Sebagai pihak yang berada di dua belah pihak, sebenarnya peran makelar
Baca Lebih Lanjut