5 Tanda Aki Mobil Mulai Lemah

Mei 09, 2023
By Thomas W
5 Tanda Aki Mobil Mulai Lemah-otospector

Sebagai salah satu komponen kelistrikan, aki memegang peranan penting sebagai penyimpan daya listrik untuk menghidupkan mesin dan mengoperasikan perangkat elektronik di mobil. Namun aki mobil tidaklah abadi, karena punya batas usia pakai yang bervariasi tergantung jenis dan pemakaian.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kalau aki mobil menjadi lemah atau soak, maka mobil akan mengalami gangguan atau bahkan mogok. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Otofriends perlu mengetahui tanda atau ciri aki mobil mulai lemah dan segera menggantinya dengan yang aki baru.

Nah, berikut ini adalah tanda-tanda aki mobil mulai lemah yang bisa Otofriends perhatikan:

#1. Mobil Sulit Dihidupkan

Tanda Aki Mobil Mulai Lemah

Fenomena ini menjadi salah satu tanda aki mobil lemah yang paling gampang dikenali. Kalau yang terdengar adalah suara aliran listrik ke sistem starter mesin namun mobil tidak menyala atau cuma bunyi “tek-tek”, itu artinya aki tidak mampu memberikan daya listrik yang cukup untuk menyalakan mesin.

Hal ini bisa terjadi karena air aki berkurang, sel aki rusak, atau kabel aki kendor. Karena itu selalu lakukan perawatan aki untuk mencegah aki kekurangan cairan.

Baca juga: Pilih Aki Kering atau Aki Basah? Pertimbangkan 4 Hal Ini

#2. Suara Klakson Dan Lampu Mobil Lemah

Tanda Aki Mobil Mulai Lemah

Aki yang lemah akan mempengaruhi kinerja perangkat elektronik, seperti klakson dan lampu mobil. Kalau bunyi klakson terdengar kurang nyaring atau serak, itulah tandanya daya listrik aki sudah lemah.

Fenomena ini juga bisa terlihat dari lampu mobil, baik lampu depan maupun belakang. Lampu akan menjadi redup atau berkedip-kedip jika aki lemah.

#3. Tegangan Aki Berkurang

Tanda Aki Mobil Mulai Lemah

Lakukanlah pengecekan tegangan aki dengan menggunakan load tester atau cranking. Tegangan aki yang normal berkisar 12,45 volt dalam kondisi mesin mati dan menjadi 13-14 saat mesin mobil dinyalakan.

Jika hasil pengukuran tegangan aki ini berada di bawah 10 volt, dapat dipastikan aki mobil Anda mulai lemah dan perlu diganti.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4. Tercium Bau Saat Mesin Dinyalakan

Tanda Aki Mobil Mulai Lemah

Pada aki basah, ada kemungkinan Otofriends akan mencium bau yang berasal dari aki mobil saat mesin dinyalakan.

Aroma ini sebenarnya berasal dari gas hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh reaksi kimia antara asam sulfat dan timbal di dalam aki. Aroma ini menandakan bahwa aki sudah bocor atau rusak dan harus segera diganti.

#5. Aki Sampai Di Batas Usia Pakai

Tanda Aki Mobil Mulai Lemah

Setiap aki memiliki batas usia pakai yang berbeda-beda tergantung jenis dan kualitasnya. Umumnya, aki basah memiliki usia pakai sekitar 1-2 tahun, sedangkan aki kering atau long life bisa bertahan hingga 3-4 tahun.

Jika aki sudah mencapai batas usia pakai ini, maka performanya akan menurun secara drastis dan rentan mengalami kerusakan. Itulah tanda-tanda aki mobil mulai lemah yang bisa Anda ketahui.

Baca juga: Ini Dia 5 Penyebab Aki Mobil Tekor

beli mobil bekas di tokopedia

Jika Otofriends mengalami salah satu dari keluhan tadi, sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk pengecekan aki atau sekaligus diganti. Otofriends juga perlu melakukan cara merawat aki mobil agar awet dan tidak mudah lemah.

Berikut beberapa yang bisa dilakukan:

  • Periksa secara rutin cek kondisi aki, termasuk air aki, sel aki, kabel aki, dan terminal aki. Air aki harus cukup, sel aki tidak rusak, kabel aki tidak karatan, dan terminal aki bersih dari kotoran.
  • Jangan memakai perangkat elektronik yang tidak perlu saat mesin mobil mati, seperti lampu, radio, atau AC. Daya listrik dari aki akan terkuras dan membuatnya cepat lemah.
  • Jika mobil akan ditinggal dalam waktu lama, lepaskan kabel negatif dari terminal aki untuk mencegah terjadinya arus bocor.
  • Lakukan pengisian ulang atau cas aki secara berkala jika mobil sering digunakan dalam jarak pendek atau macet. Gunanya agar daya listrik dari aki tetap optimal dan mencegah sulfatasi pada sel aki.
  • Segera ganti aki jika sudah melewati batas usia pakai atau sudah lemah. Jangan sampai aki soak agar tidak merusak komponen lainnya.

Dengan melakukan langkah-langkah itu, usia aki bisa diperpanjang dan dapat menghemat biaya perawatan mobil.

Apakah aki bisa mempengaruhi kondisi mobil bekas yang hendak kita beli?

Kondisi aki yang kurang optimal dapat mempengaruhi performa kendaraan, terutama yang menyangkut komponen-komponen yang berhubungan dengan kelistrikan. Padahal kelistrikan juga diperlukan dalam kinerja mesin dalam menjalankan kendaraan.

Karena itu saat akan membeli sebuah mobil bekas, pastikan kondisi aki dan sistem kelistrikan dalam kondisi sehat. Jika Otofriends ingin memastikan hal ini, jangan ragu gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector yang dikenal independen dan terpercaya.

Dari hasil inspeksi Otospector, Otofriends akan memiliki gambaran tentang kondisi sebuah mobil bekas secara menyeluruh. Dari laporan inilah keputusan terbaik menyangkut pembelian bisa diambil.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Februari 11, 2024
Penyebab kondensor kotor memang sederhana saja, yaitu adanya kotoran. Masalahnya, dari mana kotoran ini datang dan bagaimana bisa merusak kondensor? Inilah yang perlu dipahami oleh Otofriends. Sebaiknya jangan anggap enteng kondensor yang kotor, karena kotoran bisa bikin komponen ini rusak. Akibatnya AC bisa kurang dingin. Meski ada pula penyebab-penyebab lain yang bisa menimbulkan kerusakan kondensor.
Baca lebih lanjut

Fortuner Vs Pajero, Siapa Jawara Sebenarnya di 2024?

Februari 11, 2024
Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner adalah dua mobil sport utility vehicle (SUV) ladder frame yang populer di Indonesia. Menariknya, keduanya ternyata memiliki penggemarnya masing-masing yang boleh dibilang cukup fanatik. Kalau kita melihat dari sisi teknis, kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi desain, performa, fitur, maupun harga. Namun tentunya ada yang
Baca lebih lanjut

Catet Nih Update Toyota Veloz Bekas di Tahun 2024

Februari 11, 2024
Berbicara Toyota Veloz, mimin jadi ingat di awal kemunculannya yang masih menjadi bagian dari tipe Avanza, tipe ini langsung banyak diburu. Mimin salah satunya kok, karna merasa Veloz yang dulunya masih Avanza Veloz ini adalah model mobil MPV yang sangat keren dan kekinian banget. Bahkan sampai sekarang nih mobil Veloz bekas harganya masih cenderung stabil
Baca lebih lanjut