5 Hal Wajib Sebelum Beli Mobil Bekas Dari Perorangan

Agustus 19, 2019
By Thomas W
5 Hal Wajib Sebelum Beli Mobil Bekas Dari Perorangan-otospector

Ada sebagian orang yang ragu membeli mobil bekas di showroom atau melalui perantara pihak ketiga. Beraneka persepsi negatif membayangi benak mereka tentang membeli mobil bekas lewat perantara, yang sayangnya belum tentu benar.

Akhirnya para pembeli semacam ini sengaja memburu mobil bekas dari perorangan. Bahkan akan lebih afdal lagi kalau ada embel-embel “tangan pertama”. Seakan status kepemilikan mobil ini menjadi jaminan akan kondisi mobilnya. Padahal, lagi-lagi, hal ini tidaklah mutlak.  

Berikut ini ada beberapa tahap yang harus dilakukan, jika akan membeli mobil langsung dari pemiliknya.

#1: Tentukan jenis mobil sesuai kondisi keuangan

Kredit Mobil Bekas

Rasanya wajar jika kita memiliki keingan untuk memiliki mobil-mobil idaman. Namun kenyataannya, kemampuan kantong pula yang menentukan. Di sinilah kita harus realistis antara impian dan kenyataan.

Dalam menentukan jenis mobil, patokan kita adalah kemampuan melunasi harga mobil tersebut baik tunai maupun angsuran. Jangan memaksakan diri. Sedikit saja kita tidak punya bayangan untuk melunasinya, maka sesuaikan lagi jenis mobilnya.

#2: Cari informasi yang memadai tentang mobil impian

Asuransi Mobil Bekas 5

Teliti sebelum membeli, begitu kata pameo. Cari tahu sebanyak-banyaknya tentang mobil incaran. Informasi itu terutama tentang spesifikasi teknis, kemungkinan kendala teknis, serta perawatan setelah dibeli.

Salah satu cara menggali informasi adalah dengan mengintip percakapan komunitas pemilik mobil ini di media sosial. Dari sini, kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil, tanpa terpengaruh promosi penjualnya.

Baca juga: Ciri-ciri Mobil Bekas Tabrakan. Wajib Tahu Sebelum Beli

#3: Usahakan penjualnya tidak jauh dari tempat tinggal kita

Cek Interior

Jika penjualnya dekat, kondisi ini akan memudahkan kita, saat nanti harus berhubungan saat terjadi transaksi jual-beli.

Keuntungan lain, jika berada dalam satu wilayah atau kota, maka kondisi kondisi lingkungannya juga relatif sama. Jadinya kita akan memiliki gambaran tentang kondisi mobil sebelumnya.

#4:  Tanyakan penjual segala hal terkait penjualan

Beli Mobil Bekas

Sebelum mendatangi mobil dan bertransaksi, sebaiknya kontak penjual terlebih dahulu. Tanyakan secara detail tentang kondisi mobil, surat-surat, serta cara pembayaran yang diinginkan.

Penuturan dari penjual akan membuat kita memiliki gambaran tentang kondisi mobil. Kata-kata penjual dapat menjadi semacam jaminan sekiranya nanti kenyataan tidak sesuai dengan promosinya.

#5: Lakukan pengecekan langsung dan tes drive

Berkendara Jauh

Poin paling krusial adalah pengecekan seluruh kondisi kendaraan. Lakukan tahapan ini dengan tenang tanpa terburu-buru. Lakukan pula tes drivei. Dan jangan lupa, cek juga surat-surat kendaraan.

Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pengecekan, ajaklah seseorang yang punya keahlian dan dapat dipercaya. Di sini kita akan memiliki teman diskusi tentang kondisi mobil secara objektif.

Baca juga: Jual Mobil Ini, Siap-siap Ditawar Dengan Harga Cukup Rendah

Bagi mereka yang belum terlalu berpengalaman, membeli mobil kepada perorangan secara langsung memang terkesan lebih aman. Walau sebenarnya, bukan jadi jaminan, mobil yang didapat akan lebih baik.

Membeli mobil bekas, baik kepada perorangan maupun show tetap harus cermat dan berhati-hati. Jika Anda tidak memiliki kemampuan, maka sebaiknya libatkan layanan inspeksi mobil bekas untuk mendapatkan gambaran kondisi yang sebenarnya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Selain Belang, Ini Tanda Lain Kalau Mobil Bekas Dempulan

Januari 25, 2024
Mobil bekas menjadi salah satu pertimbangan yang sangat selektif, seperti yang kita ketahui bahwa mobil bekas biasanya telah mengalami proses cat berulang kali atau biasa dibilang dengan sebutan dempulan. Kondisi mobil bekas yang sudah mengalami cat berulang kali atau dempulan biasanya kondisi mobil sudah pernah mengalami kecelakaan. Baik kecelakaan yang besar atau pun hanya kecelakaan
Baca Lebih Lanjut

Update Mobil Bekas Harga 100 Jutaan Pilihan Terbaik 2024

Januari 25, 2024
Ada berbagai pertimbangan untuk seorang konsumen dalam beli mobil bekas. Bisa keinginan akan merek atau tipe tertentu, kebutuhan sehari-hari, serta yang tidak kalah penting adalah faktor dana yang tersedia. Buat yang lagi nyari kendaraan, simak yuk harga mobil bekas di bawah 100 juta. Maklum, untuk membeli mobil bekas, konsumen harus cermat dalam mengatur anggaran, karena
Baca Lebih Lanjut

Pengertian 10 Lampu Indikator Yang Ada Di Mobil

Januari 24, 2024
Salah satu ciri dari mobil-mobil modern adalah adanya sensor-sensor atau lampu indikator mobil di cluster meter dashboard. Indikator-indikator ini berfungsi sebagai peringatan jika ada suatu masalah pada sistem atau komponen tertentu di kendaraan. Harapannya, pengemudi akan segera waspada dan menyelesaikan masalahnya. Masalahnya, tidak semua pengemudi paham arti dari lampu indikator mobil yang berbentuk ikon itu.
Baca Lebih Lanjut