Yuk, Pahami Soal Spesifikasi Kaca Film Mobil

Mei 26, 2023
By Thomas W
Yuk, Pahami Soal Spesifikasi Kaca Film Mobil-otospector

Membeli mobil baru atau bekas tentu membutuhkan perawatan agar tetap nyaman dan awet. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi kaca film mobil yang digunakan. Kaca film untuk mobil berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet (UV) dan infra red (IR). Selain itu, kaca film mobil juga dapat meningkatkan privasi, estetika, dan keamanan kendaraan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Namun, tidak semua kaca film mobil memiliki kualitas dan performa yang baik. Ada beberapa spesifikasi kaca film mobil yang harus Otofriends ketahui sebelum memilihnya, seperti UVR, VLT, TSER, IRR, dan lainnya.

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang spesifikasi kaca film mobil dan beberapa rekomendasi produk yang bisa dipertimbangkan.

#1: Spesifikasi Kaca Film Mobil

Spesifikasi Kaca Film Mobil

UVR (Ultraviolet Rejection)

UVR adalah kemampuan kaca film mobil untuk menyaring sinar UV yang berbahaya bagi kulit dan mata. Sinar UV dapat menyebabkan kanker kulit, penuaan dini, katarak, dan gangguan penglihatan. Karena itulah Otofriends harus memilih menggunakan kaca film mobil yang memiliki nilai UVR tinggi, yaitu di atas 90%. Semakin tinggi nilai UVR, semakin baik perlindungan yang diberikan.

VLT (Visible Light Transmittance)

VLT adalah kemampuan kaca film mobil untuk meneruskan cahaya ke dalam kabin mobil. Dengan kata lain, VLT menunjukkan tingkat kegelapan atau kecerahan kaca film mobil. Semakin rendah nilai VLT, semakin gelap kaca film mobil dan sebaliknya. Otofriends harus memperhatikan aturan pemerintah tentang batas minimal VLT untuk kaca depan, samping, dan belakang mobil. Biasanya, batas minimal VLT untuk kaca depan adalah 70%, samping 40%, dan belakang 20%.

TSER (Total Solar Energy Rejected)

TSER adalah kemampuan kaca film mobil untuk menolak energi cahaya matahari yang masuk ke dalam kabin mobil. Energi matahari terdiri dari sinar UV, cahaya tampak, dan sinar IR. Semakin tinggi nilai TSER, semakin dingin suhu dalam kabin mobil dan semakin hemat penggunaan AC. Nilai TSER yang baik adalah di atas 40%.

IRR (Infra Red Rejection)

IRR adalah kemampuan kaca film mobil untuk menolak sinar IR yang merupakan penyebab utama panas matahari. Sinar IR dapat meningkatkan suhu permukaan benda-benda di dalam kabin mobil dan membuatnya panas saat disentuh. Karena itulah Otofriends harus memilih kaca film mobil yang memiliki nilai IRR tinggi, yaitu di atas 80%. Semakin tinggi nilai IRR, semakin rendah panas yang dirasakan di dalam kabin mobil atau sifatnya menolak panas.

Baca juga: Rekomendasi 5 Kaca Film Mobil Terbaik

#2: Rekomendasi Kaca Film Mobil

Spesifikasi Kaca Film Mobil

Setelah mengetahui spesifikasi kaca film mobil yang penting, sekarang saatnya Otofriends memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi kaca film mobil terbaik yang bisa dipertimbangkan. Salah satu dapat Otofriends pilih.

1. Kaca Film 3M Black Beauty

Kaca Film 3M Black Beauty adalah salah satu produk unggulan dari merek 3M yang terkenal dengan kualitasnya. Kaca film ini memiliki spesifikasi yang baik, yaitu UVR 99%, VLT 20%-70%, TSER 43%-66%, dan IRR 95%. Kaca film ini juga tahan gores, anti air, anti jamur, dan mudah dibersihkan. Selain itu, kaca film ini memiliki warna hitam pekat yang elegan dan memberikan privasi tinggi.

2. Kaca Film V-Kool Diamond Series

Kaca Film V-Kool Diamond Series adalah produk premium dari merek V-Kool yang menggunakan teknologi spectrally selective dengan lapisan emas. Kaca film ini memiliki spesifikasi yang sangat baik, yaitu UVR 99%, VLT 40%-70%, TSER 55%, dan IRR 98%. Kaca film ini juga memiliki warna netral yang tidak mengubah warna asli dari objek di luar. Selain itu, kaca film ini memiliki garansi seumur hidup dari pabrik.

3. Kaca Film Iceberg Platinum Series

Kaca Film Iceberg Platinum Series adalah produk berkualitas dari merek Iceberg yang menggunakan teknologi nano ceramic coating. Kaca film ini memiliki spesifikasi yang bagus, yaitu UVR 99%, VLT 5%-70%, TSER 50%-70%, dan IRR 90%-95%. Kaca film ini juga tahan gores, anti air, anti jamur, dan mudah dibersihkan. Selain itu, kaca film ini memiliki warna biru metalik yang menarik dan memberikan kesan mewah.

4. Kaca Film Konica Minolta Nano Ceramic

Kaca Film Konica Minolta Nano Ceramic adalah produk berkualitas dari merek Konica Minolta yang menggunakan teknologi nano ceramic coating. Kaca film ini memiliki spesifikasi yang bagus, yaitu UVR 99%, VLT 5%-70%, TSER 50%-70%, dan IRR 90%-95%. Kaca film ini juga tahan gores, anti air, anti jamur, dan mudah dibersihkan. Selain itu, kaca film ini memiliki warna hitam pekat yang elegan dan memberikan privasi tinggi.

5. Kaca Film Solar Gard Platinum Series

Kaca Film Solar Gard Platinum Series adalah produk berkualitas dari merek Solar Gard yang menggunakan teknologi multi-layer sputtered metal coating. Kaca film ini memiliki spesifikasi yang bagus, yaitu UVR 99%, VLT 5%-70%, TSER 50%-70%, dan IRR 90%-95%. Kaca film ini juga tahan gores, anti air, anti jamur, dan mudah dibersihkan. Selain itu, kaca film ini memiliki warna hitam pekat yang elegan dan memberikan privasi tinggi.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Cara Memilih Kaca Film Mobil

Spesifikasi Kaca Film Mobil

Sebelum membeli kaca film untuk mobil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak salah pilih. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih kaca film mobil yang tepat.

  • Sesuaikan spesifikasi kaca film dengan kebutuhan. Misalnya, jika sering berkendara di siang hari atau di daerah panas, pilih kaca film dengan nilai TSER dan IRR tinggi agar lebih adem di dalam kabin.
  • Sesuaikan kepekatan atau kegelapan kaca film dengan posisi pemasangan di mobil. Pastikan ikuti aturan pemerintah tentang batas minimal VLT untuk masing-masing posisi kaca depan, samping, dan belakang.
  • Sesuaikan warna atau nuansa kaca film dengan selera. Ada berbagai macam warna atau nuansa kaca film yang bisa dipilih sesuai dengan gaya atau tema kendaraan.
  • Pilih merek atau produsen kaca film yang terpercaya dan berkualitas. Pastikan membeli produk asli dari merek atau produsen resmi dengan garansi pabrik.
  • Pilih tempat pemasangan atau bengkel yang profesional dan berpengalaman. Pastikan memasang kaca film di tempat atau bengkel resmi dengan tenaga ahli yang terlatih.

Baca juga: Inilah Pembagian 4 Kaca Film Mobil Sesuai Fiturnya

beli mobil bekas di tokopedia

Kaca mobil sering berembun. Perawatan apa yang bisa kita lakukan?

Munculnya embun pada kaca, sebenarnya lebih banyak dipengaruhi kelembapan kabin. Karena itulah kita harus memastikan agar AC dapat bekerja optimal. Lakukan juga pengecekan berkala kebersihan filter kabin dan tekanan freon untuk memastikan AC selalu baik.

Ketika membeli mobil bekas, kondisi AC juga harus ikut diperhatikan ya Otofriends! Pastikan saja kinerja AC-nya masih baik-baik saja, dengan memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Jika kondisi AC-nya baik, mobil juga akan nyaman dipakai dalam cuaca apapun.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Gak Cuma Esemka Ini 10 Merek Mobil Buatan Indonesia Update 2024

Februari 18, 2024
Meski menjadi salah satu pasar otomotif yang cukup besar di dunia, ternyata merek mobil buatan Indonesia malah tidak ada yang berumur panjang. Beberapa merek mobil memang pernah diupayakan hadir oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, namun kelanjutannya malah dipertanyakan. Walau belum ada mobil nasional, industri otomotif Indonesia sudah mampu mengekspor mobil dan suku cadang ke berbagai
Baca Lebih Lanjut

Berapa Harga Avanza Bekas Mobil Sejuta Umat di tahun 2024?

Februari 16, 2024
Kalau berbicara tentang Toyota Avanza ini seolah nggak akan ada habisnya, mobil ini dari waktu ke waktu masih saja menjadi pilihan utama mayoritas masyarakat Indonesia. Karena harga yang terjangkau mobil ini laris manis dan bikin rekor terus-terusan. Gimana enggak, harganya mulai Rp 100 jutaan sampai Rp 200 jutaan aja untuk tipe paling tinggi. Mulai dari
Baca Lebih Lanjut