Simak Dulu 4 Rekomendasi Mobil Manual Terbaik

April 17, 2023
By Thomas W
Simak Dulu 4 Rekomendasi Mobil Manual Terbaik-otospector

Meski ada sebagian orang yang berpendapat transmisi manual saat ini sudah ketinggalan zaman, namun sebenarnya masih tetap ada penggemarnya. Biasanya alasan pengendara masih mencari mobil manual, karena transmisi ini masih ada sensasi mengendarainya, harga mobil lebih murah, konsumsi bahan bakar bisa lebih irit, mudah perawatannya, dll.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Di Indonesia sendiri, jenis transmisi ini masih jadi pilihan utama, meski pabrik terkadang sudah menyediakan varian dengan transmisi otomatis. Ini terbukti antara lain dari penjualan mobil transmisi manual yang jauh lebih tinggi. Kondisi ini juga terjadi pada penjualan mobil bekas.

Apa saja rekomendasi mobil manual terbaik dengan harga ekonomis? Yuk kita lihat daftar mobil yang menjadi pilihannya:

#1: Daihatsu Ayla

rekomendasi mobil manual terbaik

Jika Otofriends mencari mobil hatchback yang sudah dikenal tangguh dan irit bahan bakar, maka mobil ini jadi pilihan terbaik. Bayangkan, konsumsi BBM-nya bisa mencapai 20 km per liter!

Bersama saudara kembarnya, Toyota Agya, Ayla dikenal menjadi pilihan untuk mobil perkotaan yang stylish, gesit, serta performanya layak diandalkan. Dengan pilihan transmisi manual, tentu konsumsi bahan bakar bisa ditekan lagi.

Jika Ayla memang jadi pilihan, disarankan untuk memilih varian yang sudah dilengkapi sistem audio dengan head unit memadai, AC, power steering.

Baca juga: Pilih Sedan atau Hatchback? Baca Dulu 5 Pertimbangan Ini

#2: Toyota Calya

rekomendasi mobil manual terbaik

Meski dimensinya tidak sebesar MPV pada umumnya, Toyota Calya ternyata masuk dalam kategori mobil serbaguna itu. Pertama kali diluncurkan pada 2016, Calya langsung mendapat sambutan hangat karena memang kapasitasnya 7 orang atau memadai untuk keluarga.

Sama dengan saudara kembarnya Daihatsu Sigra, Calya dilengkapi dengan mesin 1.2 liter 4-silinder (tenaga 88 PS dan torsi 108 Nm). Konsumsi BBM-nya bisa mencapai 14 km per liter di mana transmisi manualnya masih bisa lebih irit lagi.

Saat ini Calya tersedia dalam dua tipe yakni tipe standar dan tipe E. Tentu saja tipe standar jadi pilihan terbaik karena sudah fiturnya sudah relatif lengkap dengan AC, audio sistem, power steering, dll.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Suzuki Karimun Wagon R

rekomendasi mobil manual terbaik

Wagon R tak lain adalah mobil yang diciptakan untuk menjadi penerus Karimun yang sempat berjaya di masa lalu. Sayangnya, dibanding Karimun kotak yang legendaris, Wagon R terkesan lebih sempit. Bentuknya juga terasa lebih kaku.

Meski dimensinya tidak besar, namun performanya cukup baik karena menggunakan mesin K10B 998 cc 3 silinder dengan DOHC. Tenaganya cukup baik yakni 68 Ps serta torsi 90 Nm. Konsumsi BBM-nya juga cukup ekonomis mencapai lebih dari 21 km per liter, sehingga menjadikan mobil ini paling irit di kelasnya.

Meski tersedia dalam transmisi otomatis, Wagon R dengan transmisi manual tetap lebih diminati. Ini lantaran membuat mobil ini bisa lebih gesit dengan transmisi yang lebih dinamis.

#4: Honda Brio Generasi Kedua

rekomendasi mobil manual terbaik

Seperti biasanya, mobil keluarga produksi Honda dikenal memiliki desain yang unggul. Tak terkuali Brio yang sejak awal masuk dalam kategori mobil hatchback pemula (entry level).

Pada 2013, diperkenalkan Honda Brio 1.2 serta Brio Satya untuk segmen LCGC. Varian 1.3 sempat menjadi varian tertinggi dan dinamai Brio Sport, namun penjualannya tidak lama karena masih diimpor CBU.

Brio 1.2 tersedia dalam tipe E dan S, sedangkan Brio Satya ada tipe E, S dan A. Kapasitas mesin mobil 1.198 cc dengan tenaga 89 hp dan torsi 110 Nm. Pada Brio 1.2 sudah ada ABS, EBD dan airbag. Sedangkan Satya cuma tersedia Airbag saja.

Baca juga: 5 City Car Murah Harga 70 Jutaan Per 2023

beli mobil bekas di tokopedia

Mobil lawas harganya menarik. Tapi bagaimana memastikan kondisinya baik?

Mobil-mobil yang usianya sudah tidak muda lagi alias sudah di atas 10 tahun, memang tidak kondisinya layak. Jika lalai dalam perawatan, maka akan ada potensi kerusakan baik di mesin, transmisi, kelistrikan, maupun body.

Jika Otofriends mau memastikan kondisi sebuah mobil bekas yang sudah cukup tua, maka jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan pemeriksaan yang cermat dan dilakukan tenaga profesional, maka kondisi sebuah mobil bekas dapat tergambarkan begitu akurat.

Dengan inspeksi mobil bekas, maka Otofriends akan semakin mudah untuk mengambil keputusan dan mendapatkan harga terbaik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Grand Livina Bekas Harganya Kian Turun, Ini 5 Penyebabnya

Februari 10, 2024
Saat ini di pasaran memang hanya tersedia Nissan Grand Livina bekas. Tanpa produk baru yang meluncur, keberadaannya seolah terlupakan. Namun jika kita mengingat pada periode pertengahan dekade 2000-an, siapa yang tidak kenal dengan low MPV andalan Nissan ini. Dengan tongkrongan yang manis, ditambah keunggulan dalam hal pengendalian, kapasitas kabin, serta efisiensi konsumsi BBM, menjadikan Grand
Baca Lebih Lanjut

Ini Dia Mobil Bekas Murah Dibawah 100 Juta Area Jakarta 2024

Februari 10, 2024
Mobil bekas murah dibawah 100 juta masih jadi isu penting bagi para calon pembeli mobil untuk keluarga, di area Jakarta. Faktor harga masih jadi faktor utama, baru kemudian spesifikasi mobil yang bisa memuat lebih banyak orang. Dengan kriteria semacam itu, tentu MPV menjadi pilihan paling masuk akal. Bukan hanya karena segmen ini paling populer, namun
Baca Lebih Lanjut

Jadwal SIM Keliling Depok 2024

Februari 10, 2024
Untuk urusan perpanjangan SIM, ada banyak warga masyarakat yang lebih memilih melakukannya di pelayanan SIM Keliling. Alasannya, karena memang layanan SIM seperti ini umumnya terasa lebih dekat dari rumah dan pelayanannya relatif cepat.   Urusan memperpanjang SIM kita semestinya memang tidak perlu repot. Karena semua itu sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat, tidak sampai 15 menit
Baca Lebih Lanjut