Budget Minim? Ini Rekomendasi 5 Mobil Bekas Harga 50 Jutaan

September 20, 2020
By Thomas W
Budget Minim? Ini Rekomendasi 5 Mobil Bekas Harga 50 Jutaan-otospector

Mencari mobil bekas sebaiknya memang tidak hanya berpikir pada masalah tahun produksi mobil dan merek terkenal. Pengalaman dari orang-orang yang pernah memakainya juga patut dipertimbangkan. Dari sinilah muncul rekomendasi mobil-mobil bekas yang mungkin kurang populer tapi layak dipertimbangkan, karena memang punya keunggulan tersendiri.

Nah, simak daftarnya ya:

#1: Chevrolet Sparks

Rekomendasi 5 Mobil Bekas Harga Rp50 Jutaan

Meski harganya sudah sangat jatuh di banding saat peluncurannya hampir 15 tahun lalu, namun soal kenyamanan, Sparks boleh dikata sangat baik. Semua itu terasa dari peredaman kabin yang lebih unggul dibanding mobil yang setara di kelasnya. Road noise atau kebisingan jalanan tidak terlalu masuk ke dalam kabin.

Dalam hal bantingan, mobil ini juga boleh dibilang cukup empuk. Suspensinya terasa tidak kaku. Meski begitu, soal kelincahannya masih bisa dipuji. Keunggulan lainnya, konsumsi BBM juga cukup irit, yakni 12-14 km untuk dalam kota, dan 15-20 km untuk luar kota. Soal BBM ini juga harus melihat kondisi juga ya!

Di pasaran, Sparks bekas dijual mulai tahun 2004, dengan rentang harga Rp40 juta – Rp55 juta.

#2: Toyota Soluna

Rekomendasi 5 Mobil Bekas Harga Rp50 Jutaan

Sebagai mobil yang pernah digunakan sebagai armada taksi, tentu kenyamanan Soluna sudah tidak perlu diragukan lagi. Ketersediaan spare part juga pasti melimpah. Meski kini populasinya sudah relatif jarang terlihat di perkotaan, namun merek ini masih populer di komunitas perdagangan spare part.

Sedan yang tampilannya seperti tidak pernah ketinggalan zaman ini, diluncurkan dua jenis yakni XLi sejak tahun 1997, serta GLi di atas tahun 2000-an. Model yang terakhir ini yang lebih banyak diminati dan direkomendasikan. Model yang lebih muda usianya itu selain rata-rata masih baik, model ini sudah mendapat banyak pembaruan dibanding versi lamanya.

Di pasaran, Soluna GLi atau di atas tahun 2000-an, dijual dengan rentang harga Rp40 juta – Rp65 juta.

Baca juga: Ini Dia Mobil Eropa Paling Laris di Indonesia

#3: Hyundai Avega

Rekomendasi 5 Mobil Bekas Harga Rp50 Jutaan

Impresi yang dirasakan ketika mengendarai Hyundai Avega adalah tarikan mesin yang cukup baik. Semua berasal dari mesin bertipe G4EK 1.5 liter dengan 4 silinder segaris 12 katup SOHC. Tenaga maksimalnya mencapai 92 Hp (setara putaran mesin 5.500 rpm) sedangkan torsi maksimalnya 132 Nm (setara putaran mesin 2.900 rpm).

Selain itu, mobil yang mulai muncul di pasaran tahun 2007 ini termasuk irit bahan bakar, yakni 1 : 8-10 km (dalam kota) dan 12-14 km (luar kota). Dalam penggunaan sehari-hari keunggulan yang jadi omongan adalah bagasi yang luas. Tentu saja dengan status mobil sedan namun memiliki banyak ruang untuk mengangkut barang bawaan, jelas memberi keunggulan tersendiri.

Di pasaran, Hyundai Avega tersedia sejak tahun 2007 dengan rentang harga Rp35 juta – Rp60 juta.

#4:  Suzuki Baleno

Rekomendasi 5 Mobil Bekas Harga Rp50 Jutaan

Dibanding mobil rekomendasi lain, Baleno memang termasuk yang paling tua, yakni diluncurkan pertama kali tahun 1995. Namun kami merekomendasikan untuk melirik Baleno di atas tahun 2003 atau Generasi II yang disebut Next-G. Pasalnya sudah ada perubahan bodi dan sasis. Fiturnya juga sudah modern dengan ABS + EBD meski belum ada SRS Airbag. Interior juga futuristik dengan panel digital.

Meskipun mengalami penurunan mesin dari kapasitas 1600 cc menjadi 1500 cc, namun mesinnya tetap tangguh. Tarikan mesinnya cukup baik dan responsif terutama pada putaran bawahnya, berkat sistem SOHC-nya. Kondisi ini bisa dirasakan saat kendaraan menghadapi kemacetan lalu lintas yang banyak stop and go. Cukup dengan menyenggol pedal gas, mobil langsung bereaksi. Hal ini pula yang membuat konsumsi BBM-nya cukup ekonomis.

Di pasaran, Baleno tahun 2003 ke atas ditawarkan dengan rentang harga Rp45 juta – Rp60 juta.

#5: Mitsubishi Kuda

Rekomendasi 5 Mobil Bekas Harga Rp50 Jutaan

Sebenarnya Mitsubishi Kuda tersedia dalam tiga tipe yakni bensin 1.6L yang masih karburator, bensin 2.0L yang sudah injeksi, serta diesel 2.5L. Kami lebih merekomendasikan diesel 2.5L karena memang banyak keunggulannya, terutama dari sisi ekonomis saat pemakaian dan faktor mesin yang punya banyak keunggulan.

Mobil ini menggunakan mesin yang legendaris yaitu 4D56 yang sudah terkenal performanya. Mesin sejenis juga dipakai di beberapa produk terkenal Mitsubishi, seperti Triton, L300, hingga Pajero. Tenaganya mencapai 103 tenaga kuda pada putaran 6000 rpm, sedangkan torsinya mencapai 107 Nm pada putaran 3500 rpm.

Di pasaran, Kuda untuk tahun 2000 ke atas ditawarkan dengan rentang harga Rp45 juta – Rp70 juta.

Baca juga: Menilai Orisinalitas Mobil Bekas, Bisa Dilihat Dari 5 Faktor Ini

Sebenarnya masih banyak mobil bekas yang ditawarkan pada kisaran harga Rp50 jutaan memang banyak pilihan. Apalagi saat ini banyak mobil baru yang harganya jatuh karena berbagai faktor.

Namun dengan budget sebesar itu, sebaiknya kita juga wajib memperhitungkan faktor-faktor keunggulannya jika dibandingkan dengan mobil-mobil yang lebih muda tapi spesifikasinya sangat minim. Jangan sampai yang didapat harganya murah, tapi juga murahan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Manfaat Dari Spooring Dan Balancing Terbaru 2024

Januari 02, 2024
Saat mobil sedang meluncur di jalan raya, salah satu sektor yang memegang peranan terpenting adalah kaki kaki. Komponen seperti suspensi, tie rod end, long tie rod, shock absorber, velg, hingga ban harus diperhatikan secara saksama. Karena bagian ini bukan hanya penting untuk kenyamanan tapi juga keselamatan. Untuk menjaga kondisi kaki kaki mobil adalah dengan melakukan
Baca lebih lanjut

Rekomendasi 5 Mobil Bekas Murah untuk Keluarga 2024

Januari 01, 2024
Mobil bekas murah untuk keluarga adalah salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan bagi Otofriends yang ingin memiliki kendaraan pribadi dengan anggaran terbatas. Mobil bekas murah untuk keluarga biasanya memiliki kapasitas penumpang yang cukup besar, ruang kabin yang nyaman, konsumsi bahan bakar yang irit, dan perawatan yang mudah. Namun, tidak semua mobil bekas murah untuk keluarga
Baca lebih lanjut

Haruskah Ganti Oli Habis Road Trip Perjalanan Jauh?

Desember 31, 2023
Hi Otofriends, kalau kamu liburan akhir tahun ke luar kota atau dirumah aja nih? Nah kalau kamu bepergian bersama keluarga saat musim liburan kemarin. Ada pesan penting nih dari bang min. Kamu disarankan melakukan pengecekan mobil agar tetap prima setelah dibawa bepergian jauh. Salah satunya oli mobil, dimana oli mobil merupakan cairan wajib yang perlu
Baca lebih lanjut