Orisinalitas Mobil Bekas Bisa Dinilai Dari 5 Faktor Ini

Oktober 22, 2019
By Thomas W
Orisinalitas Mobil Bekas Bisa Dinilai Dari 5 Faktor Ini-otospector

Meski “statusnya” mobil bekas, namun tidak selalu kondisinya tidak terawat dan penuh masalah. Mobil yang sudah berusia puluhan tahun sekalipun, kondisinya bisa saja masih cukup baik. Semua itu tergantung kerapian pemilik sebelumnya.

Mobil-mobil bekas yang masih dalam kondisi orisinil ini tentu saja punya nilai yang lebih di mata calon pembeli. Anda yang mungkin berminat, juga bisa mengecek sendiri kondisinya, melalui beberapa indikator berikut ini.

#1: Bodi Mulus

Inspeksi Ford Mustang 2016

Kemulusan bodi memang bukan jaminan bahwa mobil tidak pernah bermasalah. Namun paling tidak, dari bodi yang relatif tidak banyak cacat, kita bisa menilai kualitasnya. Apalagi jika pemilik sebelumnya rajin merawat sehingga bodi terlihat kinclong seperti baru.

Bagi sebagian orang, mulusnya bodi dianggap mewakili kondisi umum mobil tersebut. Namun tetap saja kita harus tetap jeli agar tidak terlalu percaya begitu saja dari penglihatan sekilas.  

#2: Tidak Ada Bekas Tabrakan

Mobil Bekas Tabrakan

Jejak-jejak riwayat tabrakan memang bisa ditutupi dengan perbaikan bodi. Namun dengan pengecekan yang jeli, kita tetap bisa mengetahui adanya bekas tabrakan, terutama tabrakan hebat.

Cirinya antara lain celah antarbodi yang bergeser, atau malah diganti. Sambungan antarpanel pasti juga tidak simetris dan tidak tampak rata.

Baca juga: Beli Mobil Bekas, Gaul Juga Dong Sama Komunitas

#3: Tidak Ada Bekas Dempulan

Poles Mobil

Bodi yang belum pernah diperbaiki, tentu nilainya lebih baik dibanding yang sudah pernah masuk bengkel bodi. Cara sederhana untuk tahu, kita bisa mengetuk-ngetuk beberapa bagian bodi dengan jari. Bila sudah diperbaiki, bunyi yang timbul akan terasa kurang nyaring. Rasanya seperti suara yang berat dan bukan nyaring seperti kaleng.

#4: Cat Masih Asli

Pengecekan Ketebalan Cat

Meski mendapat perawatan yang baik, cat mobil lama pasti tidak secemerlang mobil yang baru keluar dari diler. Pada bagian tertentu akan tampak termakan usia. Namun itu wajar, karena pemakaian mobil yang sering (apalagi harian) tentu berdampak pada kualitas cat.

Mobil yang belum pernah dicat ulang alias masih menggunakan cat yang sama sedari baru, tentu saja jadi nilai plus. Sebab, itu artinya orisinalitasnya terjaga dan mendapat perlakuan yang hati-hati dari pemilik sebelumnya.

#5: Interior Masih Asli

Cek Interior

Mobil yang sudah dipakai bertahun-tahun, biasanya akan tercermin dari kondisi interiornya. Entah sudah dimodifikasi sedemikian rupa atau memang diganti karena rusak. Aksesoris biasanya juga sudah banyak yang hilang.

Kondisi interior ini juga merupakan cerminan orisinalitas dan perawatan dari pemilik. Jika di bagian interior tampak terawat, tidak banyak yang rusak, dan tidak diganti, maka kondisi itu terasa cukup istimewa.

Baca juga: Plus Minus Membeli Mobil Bekas Perorangan

Apa yang Sebaiknya Kita Pertimbangkan?  

Memilih mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan kita memang tidak selalu mulus kondisinya. Karena itu kita harus cermat dalam memilih, agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari. Salah satunya, pertimbangan soal orisinalitas.

Seandainya ada kesulitan dalam mengecek kondisi mobil bekas, kita bisa minta bantuan tenaga profesional seperti Otospector. Dengan hasil inspeksi yang independen, kita dapat memastikan kondisi mobil pilihan kita.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Harga Honda City 2015 Bekas Per 2024

Januari 25, 2024
Salah satu kelebihan mobil sedan adalah desainnya compact, namun tetap bisa modern dan elegan. Kelebihan-kelebihan inilah yang ada di Honda City 2015 yang masuk dalam generasi keenam. Tak heran jika All New Honda City 2015 bekas ini masih menjadi primadona di pasaran mobil bekas, karena setiap tahun mobil ini terus mendapat penyempurnaan, baik penampilan, mesin,
Baca Lebih Lanjut

Selain Belang, Ini Tanda Lain Kalau Mobil Bekas Dempulan

Januari 25, 2024
Mobil bekas menjadi salah satu pertimbangan yang sangat selektif, seperti yang kita ketahui bahwa mobil bekas biasanya telah mengalami proses cat berulang kali atau biasa dibilang dengan sebutan dempulan. Kondisi mobil bekas yang sudah mengalami cat berulang kali atau dempulan biasanya kondisi mobil sudah pernah mengalami kecelakaan. Baik kecelakaan yang besar atau pun hanya kecelakaan
Baca Lebih Lanjut

Update Mobil Bekas Harga 100 Jutaan Pilihan Terbaik 2024

Januari 25, 2024
Ada berbagai pertimbangan untuk seorang konsumen dalam beli mobil bekas. Bisa keinginan akan merek atau tipe tertentu, kebutuhan sehari-hari, serta yang tidak kalah penting adalah faktor dana yang tersedia. Buat yang lagi nyari kendaraan, simak yuk harga mobil bekas di bawah 100 juta. Maklum, untuk membeli mobil bekas, konsumen harus cermat dalam mengatur anggaran, karena
Baca Lebih Lanjut