Meski “statusnya” mobil bekas, namun tidak selalu kondisinya tidak terawat dan penuh masalah. Mobil yang sudah berusia puluhan tahun sekalipun, kondisinya bisa saja masih cukup baik. Semua itu tergantung kerapian pemilik sebelumnya.
Mobil-mobil bekas yang masih dalam kondisi orisinil ini tentu saja punya nilai yang lebih di mata calon pembeli. Anda yang mungkin berminat, juga bisa mengecek sendiri kondisinya, melalui beberapa indikator berikut ini.
Kemulusan bodi memang bukan jaminan bahwa mobil tidak pernah bermasalah. Namun paling tidak, dari bodi yang relatif tidak banyak cacat, kita bisa menilai kualitasnya. Apalagi jika pemilik sebelumnya rajin merawat sehingga bodi terlihat kinclong seperti baru.
Bagi sebagian orang, mulusnya bodi dianggap mewakili kondisi umum mobil tersebut. Namun tetap saja kita harus tetap jeli agar tidak terlalu percaya begitu saja dari penglihatan sekilas.
Jejak-jejak riwayat tabrakan memang bisa ditutupi dengan perbaikan bodi. Namun dengan pengecekan yang jeli, kita tetap bisa mengetahui adanya bekas tabrakan, terutama tabrakan hebat.
Cirinya antara lain celah antarbodi yang bergeser, atau malah diganti. Sambungan antarpanel pasti juga tidak simetris dan tidak tampak rata.
Bodi yang belum pernah diperbaiki, tentu nilainya lebih baik dibanding yang sudah pernah masuk bengkel bodi. Cara sederhana untuk tahu, kita bisa mengetuk-ngetuk beberapa bagian bodi dengan jari. Bila sudah diperbaiki, bunyi yang timbul akan terasa kurang nyaring. Rasanya seperti suara yang berat dan bukan nyaring seperti kaleng.
Meski mendapat perawatan yang baik, cat mobil lama pasti tidak secemerlang mobil yang baru keluar dari diler. Pada bagian tertentu akan tampak termakan usia. Namun itu wajar, karena pemakaian mobil yang sering (apalagi harian) tentu berdampak pada kualitas cat.
Mobil yang belum pernah dicat ulang alias masih menggunakan cat yang sama sedari baru, tentu saja jadi nilai plus. Sebab, itu artinya orisinalitasnya terjaga dan mendapat perlakuan yang hati-hati dari pemilik sebelumnya.
Mobil yang sudah dipakai bertahun-tahun, biasanya akan tercermin dari kondisi interiornya. Entah sudah dimodifikasi sedemikian rupa atau memang diganti karena rusak. Aksesoris biasanya juga sudah banyak yang hilang.
Kondisi interior ini juga merupakan cerminan orisinalitas dan perawatan dari pemilik. Jika di bagian interior tampak terawat, tidak banyak yang rusak, dan tidak diganti, maka kondisi itu terasa cukup istimewa.
Memilih mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan kita memang tidak selalu mulus kondisinya. Karena itu kita harus cermat dalam memilih, agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari. Salah satunya, pertimbangan soal orisinalitas.
Seandainya ada kesulitan dalam mengecek kondisi mobil bekas, kita bisa minta bantuan tenaga profesional seperti Otospector. Dengan hasil inspeksi yang independen, kita dapat memastikan kondisi mobil pilihan kita.
Bagikan