Pola Ban Mobil Simetris Cocok Dipakai Saat Musim Hujan Tiba

November 21, 2023
By Getan Metodius
Pola Ban Mobil Simetris Cocok Dipakai Saat Musim Hujan Tiba-otospector

Siapa dari Otofriends yang agak khawatir kalau musim hujan tiba? Sini merapat bang min kasih tahu, semua itu tidak perlu kamu khawatirkan. Mungkin ada yang berpikir bahwa jalanan akan lebih licin daripada biasanya. Ban untuk mobil musim hujan itu bisa lebih sensitif dan punya spesifikasi tersendiri.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Semua itu memang akan terjadi, aspal jadi lebih lembab apalagi memasuki bulan-bulan musim hujan. Ketika musim hujan tiba, mobil tetap perlu dirawat, seperti dilakukan pencucian, sampai pada pemilihan penggunaan ban mobil musim hujan yang tepat.

Ketika kondisi hujan tiba nih, kita sebagai pengemudi perlu memperhatikan cara berkendara kita termasuk kondisi mobil. Ketika hujan, grip dari sisi roda ke permukaan aspal itu akan berkurang.

Jadi kondisi ban ini bisa terjadi dan disebut aquaplaning atau mudahnya kendaraan jadi hilang daya cengkramannya karena air. Cari tahu jenis ban mobil yang cocok digunakan untuk musim hujan, serta tips memilih ban mobil.

Rekomendasi ban mobil untuk musim hujan, yuk dicatat:

#1: Pola ban simetris.

ban mobil simetris

Sumber: aca.co.id

Pola pilih ban yang pertama akan kita bahas adalah pola ban Symmetrical Tread atau pola simetris. Pola ini adalah pola yang umum sebetulnya ada dan digunakan di banyak mobil. Pola ban ini seperti namanya yaitu simetris di bagian dalam dan juga luar serta mengelilingi ban dengan desain yang sama.

Tujuan adanya dibuat pola ini adalah biar menjadi pembelah air ketika hujan tiba, antara permukaan ban dan juga aspal yang langsung bersentuhan. Ban dengan pola ini punya keunggulan lebih nyaman dan juga tidak berisik.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#2: Pola ban asimetris.

ban asimetris

Sumber: aca.co.id

Pola yang selanjutnya adalah pola ban asimetris, kalau dilihat ban ini polanya seperti menyambung antara dua ban jadi satu. Itu karena pola ban dari luar dan dalam nya terlihat berbeda. Dari sisi luar tapak ban juga lebih sedikit daripada sisi bagian dalamnya.

Tentu ini bisa memberikan daya cengkram yang lebih baik ketika hujan, dan hebatnya ketika kering juga sama baik performanya.

Ketika pemasangan ban dengan pola ini, kamu perlu tahu bagian luar dan dalam nggak boleh salah pemasangan, karena bisa berpengaruh langsung pada performa laju ban dan juga mobil itu sendiri.

Baca juga: Cara Merawat Ban Serep Mobil

#3: Pola ban searah.

ban directional

Sumber: aca.co.id

Pola ban selanjutnya adalah searah atau dalam Bahasa Inggrisnya sering disebut dengan Directional. Pola ini seperti bentuk huruf V, karena memang seperti mengarah pada satu sisi tertentu.

Pola ini bisa sangat berguna saat hujan tiba, bisa menjadi pembelah ketika ada genangan air yang mungkin saja kita lewati.

Pola ini bisa mengurangi adanya aquaplaning tadi, ditambah ban ini juga cukup baik digunakan ketika tidak musim hujan tiba atau kondisi jalan aspal atau untuk jalanan yang kering tidak basah.

Penting kamu ketahui membeli ban itu harus yang baru, terutama untuk mobil pribadi yang digunakan sehari hari. Memiliki ban baru dengan performa terbaik bikin berkendara jadi aman, hal ini penting untuk berkendara setiap hari.

Perhatikan juga tekanan angin tidak boleh terlalu keras atau terlalu kurang. Pasalnya menggunakan ban yang cocok digunakan di Indonesia berbeda dengan yang di luar negeri.

Permukaan jalan tidak rata mudah ditemui, tekanan ban yang pas penting untuk memberikan kenyamanan berkendara, salah satu kenyamanan adalah dari penggunaan ban yang tepat.

Baca juga: 5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia 2023

Penting diketahui pengecekan ban dalam membeli mobil bekas:

Kata siapa saat beli mobil bekas itu ban tidak perlu diperiksa? Ban seharusnya juga di cek ya otofriends. Kalau kamu bingung harus mengecek bagaimana, gunakan saja layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Kamu akan dapat laporan pengecekan tentang mobil bekas yang kamu incar. Jika hasilnya baik, kamu bisa membelinya, ini penting agar tidak salah beli mobil bekas, karena akan repot jika salah dan banyak sekali PR perbaikan kedepannya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Terbaru Tarif Tol Jakarta ke Jogja

Maret 15, 2024
Yang mau mudik mana suaranya? Bang min ucapkan selamat mudik dan hati-hati dijalan ya otofriends. Terutama saat arus mudik dan arus balik, jaga kondisi kamu dan juga kondisi mobil kamu. Terlebih lagi kamu harus mempersiapkan hal utama dalam bepergian menggunakan mobil pribadi. Yaitu biaya yang harus disiapkan, alias biaya tol, seperti yang bakal kita bahas
Baca Lebih Lanjut

Ini Dia Persiapan Mudik 2024 Pakai Mobil Pribadi

Maret 13, 2024
Alhamdulillah Otofriends udah masuk bulan puasa lagi, kita dikasih waktu untuk kembali menjadi manusia yang bersih. Menuju hari kemenangan, hajat orang Indonesia akan kita rasakan, mudik setiap tahun menjadi momen yang seru untuk kita yang mau pulkam alias pulang kampung. Tahu kah kamu otofriends, menurut hasil survei Kemenhub, untuk tahun 2024 ini pemudik menggunakan mobil
Baca Lebih Lanjut

Inilah Perkiraan Biaya Perbaikan Kaki-kaki Mobil

Maret 12, 2024
Kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi menopang berat mobil, menyerap getaran saat melintasi jalan berlubang, dan mengatur arah laju mobil atau juga pergerakan roda. Kaki-kaki mobil terdiri atas beberapa komponen, seperti shockbreaker, per, stabilizer, ball joint, tie rod, bushing arm, dll. Kerusakan kaki-kaki mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia pemakaian,
Baca Lebih Lanjut