Selain Overheat Inilah 5 Faktor Penyebab Mobil Terbakar

Januari 17, 2024
By Thomas W
Selain Overheat Inilah 5 Faktor Penyebab Mobil Terbakar-otospector

Ada berbagai faktor yang jadi penyebab mobil terbakar. Salah satu penyebab yang selama ini sering ada di pikiran orang awam adalah mesin overheat. Inilah kondisi di mana mesin naik suhunya sampai ambang batas maksimal.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Sejauh ini menurut para mekanik berpengalaman, mesin overheat kecil kemungkinan jadi penyebab mobil terbakar. Kecuali jika ada pemicu lain, seperti adanya kebocoran saluran BBM sehingga uap bensin bertemu panas mesin, atau ada komponen lain yang mudah terbakar seperti komponen-kompnen berbahan karet, busa, atau serabut.

Terbakarnya mobil tentu sangat merugikan bahkan mengancam keselamatan, maka penting bagi Otofriends tahu apa saja yang dapat menjadi penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya. Mari kita bahas satu per satu:

#1: Komponen Mobil Yang Terkena Panas Mesin

Penyebab Mobil Terbakar

Sumber: Justcommodores.com

Mesin mobil yang bekerja secara normal sangat bisa menjadi salah satu penyebab mobil terbakar. Saat bekerja mesin mobil menghasilkan panas yang sangat tinggi.

Nah, jika ada bahan-bahan yang mudah terbakar di dekat mesin oli, bensin, atau kabel, maka komponen tersebut bisa saja terbakar akibat panas mesin.

Mesin yang mengalami kerusakan atau kebocoran dapat menyebabkan percikan api yang dapat memicu kebakaran. Karena itu sangat penting mesin dirawat secara rutin dan diperiksa apakah ada bahan mudah terbakar di sekitarnya.

Baca juga: Begini Caranya Jual Mobil Dengan Cepat

#2: Sistem Kelistrikan Yang Bermasalah

Penyebab Mobil Terbakar

Seperti kita tahu, sistem kelistrikan mobil terdiri atas berbagai komponen dan kabel-kabel yang terhubung. Jika komponen dan kabel-kabel itu bermasalah, seperti terkelupas, korsleting, atau terhubung dengan benda logam, maka dapat timbul percikan api atau arus listrik berlebihan.

Percikan api di ruang mesin tentu sangat besar kemungkinan menyebabkan kebakaran.

Selain mesin, kelistrikan adalah sistem yang harus dipastikan terus berfungsi dengan baik dan sesuai standar. Apalagi jika mobil sudah cukup berumur dan banyak kabel-kabel yang sudah getas.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Reaksi Benda-benda Di Dalam Kabin

Penyebab Mobil Terbakar

Sumber: Bjak.my

Sering tidak disadari, ada benda-benda di kabin mobil yang bisa menjadi pemicu kebakaran. Terutama penempatan benda-benda itu tidak benar lalu terpapar sinar matahari langsung.

Contoh benda-benda itu: kaleng aerosol, alkohol, serta korek api. Akibat terpapar suhu yang tinggi, akan timbul ledakan atau percikan api di dalam kabin.

Celakanya, kejadian seperti ini sering terjadi saat pemilik sedang meninggalkan mobil. Misal pada siang hari saat mobil diparkir di tempat yang panas.   

#4: Modifikasi Berlebihan Atau Salah Penanganan

Penyebab Mobil Terbakar

Sumber: Torque.com

Modifikasi mobil, baik itu aksesoris maupun mesin, boleh-boleh saja dilakukan. Namun dengan catatan, modifikasi harus dilakukan ahlinya dan dilakukan dengan cara yang benar.

Contoh modifikasi yang berisiko dan sering jadi penyebab mobil terbakar adalah penggantian lampu ke watt yang lebih besar. Sering terjadi watt yang lebih besar ini menimbulkan panas dan  membuat kabel dan soket jadi meleleh dan terbakar.

Modifikasi terhadap kelistrikan juga berpotensi menimbulkan kebakaran jika kabel-kabel tidak ditangani dengan benar sehingga timbul korsleting.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Kecelakaan Lalu Lintas

Penyebab Mobil Terbakar

Sumber: Balipost.com

Kecelakaan lalu-lintas bisa memicu kebakaran karena tabrakan antar kendaraan atau dengan benda lain, bisa menyebabkan komponen di dalam mobil mengalami kebocoran atau kerusakan.

Dalam peristiwa kecelakaan, kondisi bisa semakin buruk kalau bahan bakar kemudian bercampur dengan mesin yang ada dalam kondisi panas. Reaksinya bisa menimbulkan ledakan dan terjadinya kebakaran pada mobil.

Baca juga: Inilah Daftar Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Indonesia

Bagaimana memastikan mobil bekas pilihan kita layak untuk dibeli?

Membeli mobil bekas di pasaran, memang tidak selamanya mudah. Ini lantaran mobil-mobil yang dijual kondisinya sangat beragam, tergantung dari usia mobil dan perawatan yang dilakukan pemilik sebelumnya.

Untuk memastikan kondisi mobil bekas yang akan dibeli, Otofriends bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi yang dilakukan di lebih dari 150 titik dan dilakukan oleh tenaga profesional, maka Otofriends akan dapat mengetahui kondisi sebuah mobil bekas secara keselurhan. Dengan demikian kita tidak seperti membeli kucing dalam karung.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cek Harga Honda CRV Bekas Per Desember 2023

Desember 01, 2023
Dari sekian banyaknya pilihan SUV, Honda CRV bekas ternyata juga mempunyai daya tarik tersendiri. Terlebih lagi setelah memperoleh berbagai macam penyegaran pada bagian eksterior maupun interior didalamnya tersebut. Bahkan beberapa pilihannya sudah dibekali dengan adanya teknologi hybrid tetapi sayangnya untuk varian inipun belum masuk ke Indonesia. Kendati demikian, beberapa variannya yang ada disini sudah berhasil
Baca lebih lanjut

Inilah Daftar Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Indonesia

November 29, 2023
Tahukah Otofriends, dengan semakin banyaknya populasi kendaraan listrik, semakin banyak pula stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU)? SPKLU adalah fasilitas yang menyediakan energi listrik untuk mengisi daya kendaraan listrik seperti mobil listrik dan juga sepeda motor listrik. Kira-kira mirip SPBU pada kendaraan dengan BBM.   Dengan semakin banyaknya SPKLU di berbagai lokasi, para pemilik mobil
Baca lebih lanjut

Harga Toyota Rush Bekas Per 2023, Mulai Rp85 Jutaan

November 29, 2023
Sampai dengan 15 tahun sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 2006, harga Toyota Rush bekas terbukti masih tetap perkasa. Prestasi ini tak lepas dari pasar di segmen Low SUV yang terus tumbuh dan bersaing ketat. Dari semula hanya berdua bersama saudara kembarnya “Daihatsu Terios”, kini Rush harus berbagi kue dengan 5 merek lain. Meski demikian,
Baca lebih lanjut