Download Aplikasi OTOS
Install

Mitos Fakta? Mobil Jarang Dipakai Bisa Cepat Rusak?

Oktober 17, 2025
By Getan Metodius
Mitos Fakta? Mobil Jarang Dipakai Bisa Cepat Rusak?-otospector

Hi otofriends, pernah kepikiran gak sih kalau udah beli mobil kok rasanya jarang banget dipakai. Bahkan pas hari libur di Sabtu dan juga Minggu malah seringnya molor dirumah karna kecapean kerja. Tahu kah kamu kalau mobil yang jarang dipakai itu bisa punya beberapa hal yang harus diperhatikan loh.

Jika kamu enggak pakai mobil untuk kerja setiap hari, dan kamu pakai kereta misalnya atau pakai busway untuk ke kantor. Bahkan untuk memanaskannya saja tidak sempat ini bisa menyebabkan dampak yang kurang baik ya otofriends.

#1: Aki Kena Dampaknya.

Cara Melihat Level Air Aki Mobil

Aki mobil itu ibarat komponen vital dikendaraan ya otofriends, apalagi mobil dengan segudang komponen butuh akan listrik. Sumber daya listrik dari mana lagi kalau bukan dari Aki mobil?

Jika ini terjadi berulang dan terus dalam waktu yang lama, aki mobil bakalan aus dan kurang bagus performa penyebaran listriknya.

Ketika kita jarang pakai mobil bahkan untuk dipanaskan dan juga gak pakai lampu, sampai klakson, ini bisa bikin umur aki mobil jadi lebih pendek daripada biasanya.

Baca juga: Buset! Waspada Efek Pakai Busi Mobil Palsu!

#2: Bensin dan Oli Ngendep.

Tangki BBM mobil

Maksudnya gimana bang? Gini otofriends, pelan-pelang bang min kasih tau ya. Bensin dan juga oli itu bisa mengendap dalam tangki atau oli dalam blok mesin mobil. Jika mobil dipanaskan saja tidak, gimana dia mau melumasi seluruh komponen?

Sama juga soal bensin atau bahan bakar nih, untuk tetap prima, dia harus berganti, artinya mobil dipakai dan bensin berfungsi dengan baik. Lalu masuk bensin yang baru dari pengisian bahan bakar kamu tadi. Kalau hanya ada bensin lama saja, dikhawatirkan bensin akan mengendap dan membuat suplai bensin jadi kurang maksimal.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#3: Saluran dan Filter AC Banyak Kotoran.

kenapa ac mobil gak dingin

Mobil yang gak pernah dipakai biasanya debu dan kotorannya itu numpuk parah. Apalagi kita merasa hal ini gak masalah kedepannya, justru kalau mobil jarang dipakai dan jarang dilakukan perawatan malah bikin debu dan kotoran menumpuk.

Hal ini malah membuat sumbatan yang seharusnya tidak ada pada saluran dan filter AC mobil contohnya. Jangan heran loh AC malah drop, dan bikin suhu pendinginannya enggak normal atau malah gak dingin sama sekali.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Jamur dan Wiper Drop.

Kalau perihal jamur nampaknya kamu yang awam otomotif juga paham deh. Jamur ini bisa di kaca jendela, kaca depan dan belakang sampai pada cat mobil. Munculnya jamur akan susah sekali dibersihkan, apalagi kalau kita gak sempat panasin mobil dan juga hanya diam di garasi, malah membuat jamur ini makin sulir dibasmi.

Satu hal lagi nih otofriends, wiper itu kan ada karetnya ya, kalau terlalu lama mobil gak dipakai, dan sering kena debu dan panas dan juga hujan.

Itu bisa bikin dia getas, dari yang harusnya elastis, malah keras dan bikin susah kamu ngelap kaca mobil kamu. Jangan sampai terlalu lama hal ini gak diperhatiin karna jika sekali kamu pakai mobil dan dalam kondisi hujan besar, jarak pandang akan sangat berkurang.

Baca juga: Bisa Buat Bisnis Rental, Ini Dia Mobil Bekas Denpasar Di Bawah 150 Juta

#5: Karat Muncul Dibanyak Komponen.

Aduh duh kalau dia udah muncul pening pala, bener gak otofriends? Apalagi mobil yang diparkir tanpa perlindungan dari hujan dan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama akan muncul karat.

Dari mulai paling luar piringan cakram, sampai komponen lainnya. Mobil yang seringnya terkena udara lembab bakalan mempercepat proses ini. Terlebih lagi jika cuaca ekstrim seperti dari panas ke hujan dan sebaliknya secara tiba-tiba ini bisa membuat komponen lebih cepat muncul karat.

Itulah otofriends, dimana mobil yang jarang dipakai itu memang memiliki kecenderungan lebih cepat turun performanya. Jadi kalau bisa, tetap rutin digunakan meskipun sekali atau dua kali dalam seminggu, dan juga rutin dipanaskan setiap hari ya supaya suplai kelistrikannya tetap terjaga, bagiin artikel dari Otospector ini ke temen-temen kamu ya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa Itu Fidusia dan Kenapa BPKB Ditahan Leasing? Ini Penjelasan Lengkapnya, Otofriends!

Juli 16, 2025
Hallo Otofriends, pernah denger gak sih sama istilah “Fidusia”? Nah buat kamu yang lagi proses kredit mobil, mungkin berpikir gini, “kenapa ya BPKB mobil kok ditahan oleh pihak pembiayaan sampe lunas” atau yang berseliweran diluar tentang “jaminan fidusia” tapi nggak tahu apa sih itu. Biar gak salah paham coba simak artikel dari bang min berikut
Baca Lebih Lanjut

Apa itu Rack Steer? Ini Penjelasan Cara Kerja dan Perawatannya

Juli 15, 2025
Apa itu rack steer? Sering orang mendengar istilah rack steer tetapi kurang paham, komponen mana yang dimaksud. Begitu juga dengan fungsinya di mobil dan cara kerjanya. Secara sederhananya, rack steer adalah komponen yang menghubungkan roda kemudi (setir) dengan kaki-kaki mobil. Mekanismenya, kalau kita membelokkan setir ke kiri atau kanan, rack steer yang akan membuat roda
Baca Lebih Lanjut

Begini Triknya Agar Pengajuan Kredit Mobil Bekas Cepat Disetujui

Juli 15, 2025
Kalau diibaratkan, pengajuan kredit mobil bekas, situasi ketegangannya mirip-mirip kayak melamar kerja. Soalnya di sini ada pengajuan, melengkapi syarat-syarat, evaluasi terhadap pemohon, sampai akhirnya disetujui dan dana cair. Wajar kalau si pemohon kredit atau debitur, ada perasaan tegang dan tidak sabar. Sayangnya, banyak Otofriends yang tidak paham kalau pengajuan kredit mobil bekas bisa lebih cepat
Baca Lebih Lanjut