Klik disini untukJual Mobil Anda

4 Bahan Ampuh Untuk Menghilangkan Baret Mobil

Februari 19, 2022
By Thomas W
4 Bahan Ampuh Untuk Menghilangkan Baret Mobil-otospector

Menghilangkan baret mobil bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang, jika Otofriends mau mempelajari caranya dan berniat melakukannya. Sebaliknya akan terasa susah kalau ragu melakukannya. Padahal langkah-langkahnya tidak rumit.

Sebenarnya ada bermacam-macam baret pada mobil, dari yang sifatnya ringan sampai menimbulkan goresan cukup dalam. Solusi paling mudah tentu dengan membawa ke tukang cat bodi. Namun jika Otofriends mau mencoba, sesungguhnya sangat praktis.

Inilah 4 bahan yang dapat dipakai untuk menghilangkan baret mobil:

#1: Compound

Menghilangkan Baret Mobil Bisa Dengan 4 Cara Ini

Compound atau kompon.  Di pasaran ada tiga macam kompon yang lazim dijual yakni kompon merah, kompon putih, dan kompon halus. Untuk orang awam, sebaiknya pakai kompon halus saja.

Penggunaan kompon halus biasanya untuk bumper atau bodi yang terserempet namun hanya berupa baret halus. Sifat abrasifnya rendah sehingga tidak mengikis cat berlebihan.

Cara penggunaannya, pertama bersihkan area baret. Lalu oleskan kompon dengan lap halus kemudian diamkan. Terakhir hapus kompon dengan lap microfiber yang bersih. Ulangi langkah dari awal jika perlu.

#2: Pasta Gigi

Catat, Ini 6 Alat Dan Bahan Pembersih Dashboard Mobil

Jika Otofriends ingin bereksperimen, pasta gigi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan baret mobil. Ada kandungan kimia khusus pada pasta gigi yang bisa menyamarkan baret ringan. Selain itu bisa juga dipakai untuk kaca yang tergores.

Cara pemakaiannya, bersihkan dulu permukaan bodi yang tergores. Kemudian oleskan pasta gigi dengan gerakan memutar sambil ditekan perlahan. Ulangi lagi sampai yakin baret telah benar-benar hilang. Terakhir, bersihkan dengan lap kering.

Harus diingat, pemakaian pasta gigi hanya untuk baret yang sifatnya ringan.

Baca juga: Catat! Biaya Cat Mobil Dipengaruhi 5 Faktor Ini

#3. Minyak Rem

 Menghilangkan Baret Mobil Bisa Dengan 4 Cara Ini

Minyak rem juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi baret. Cara penggunaannya, tuangkan minyak rem pada kain lap kering atau kanebo. Lalu oleskan kain tersebut secara melingkar pada baret mobil.

Proses tersebut bisa diulang sampai baret tampak hilang atau tersamarkan. Namun Otofriends harus ingat, minyak rem mengandung bahan kimia yang sifatnya keras. Jadi mesti hati-hati!

Perlu diperhatikan, minyak rem jangan sampai mengenai bagian mobil lain yang masih mulus agar tidak meninggalkan bekas.

#4: Lotion Nyamuk

Menghilangkan Baret Mobil Bisa Dengan 4 Cara Ini

Lotion nyamuk ternyata cukup efektif menghilangkan baret mobil, asalkan tahu cara pemakaiannya. Pertama-tama, bersihkan bodi mobil dan keringkan.

Langkah berikutnya oleskan lotion dengan gerakan memutar. Lakukan beberapa kali hingga baret tidak tampak lagi. Terakhir, bersihkan sisa-sisa lotion dengan lap bersih.

Sama halnya dengan pasta gigi, lotion nyamuk cukup efektif untuk baret yang sifatnya ringan saja.

Jual Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Mobil Yang Terawat Bisa Terlihat Dari Kondisi Cat. Begini Cara Mengeceknya

Apakah kondisi bodi sebuah mobil bekas mempengaruhi harga jualnya?

Tentu saja kondisi bodi akan sangat mempengaruhi harga jual sebuah mobil bekas. Segala hal yang dapat mempengaruhi kualitas bodi, seperti baret, lecet, penyok, cat ulang, dempulan, sampai karat, akan sangat mempengaruhi minat calon pembeli.

Jika Otofriends hendak membeli mobil bekas, kualitas cat juga merupakan faktor yang harus dicermati. Nah, untuk mengetahui kondisi cat dan bodi, Otofriends bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dalam proses inspeksi juga dilakukan pemeriksaan kondisi cat dan bodi. Berdasarkan laporan hasil inspeksi, Otofriends akan mengetahui tentang kondisi sebuah mobil bekas secara keseluruhan. Tentu saja kondisi ini juga akan mempengaruhi harga jual.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya