Begini 8 Langkah Sederhana Pengecekan Transmisi Matic

Desember 02, 2019
By Thomas W
Begini 8 Langkah Sederhana Pengecekan Transmisi Matic-otospector

Populasi mobil bertransmisi otomatis (matic) memang sudah semakin membesar, terutama pada masyarakat perkotaan. Sayangnya, karena tergolong “baru”, teknologi ini masih belum terlalu akrab bagi sebagian besar orang Indonesia. Terutama ketika kita dituntut untuk menilai kondisi transmisinya pada mobil matic yang sudah dipakai sebelumnya atau mobil bekas.

Kita memang tidak harus mengetahui semua gejala kerusakan pada matic, karena cukup rumit dan merepotkan. Namun ada beberapa langkah pengecekan yang mudah, yang bisa kita lakukan secara sederhana:

#1: Muncul bunyi-bunyian

Pengecekan Transmisi Matic - 1

Bunyi-bunyian muncul dari unit transmisi, baik saat tuas ada pada posisi P, R, N, D, 2, 1/L atau pilihan mode lainnya. Kita akan mendengarnya seperti suara dengungan atau logam yang beradu.

#2: Tuas persneling sulit digeser.

Transmisi

Ketika kita hendak mencoba memindahkan-mindahkan tuas, terasa seret atau tidak enteng. Kondisi ini jelas tidak wajar. Keanehan ini akan lebih dapat dirasakan kalau ada perbandingan dengan mobil lain yang sejenis dengan kondisi saat transmisi normal.

Baca juga: Pas untuk Mudik, 5 Mobil Ini Layak Anda Jadikan Pilihan

#3: Perpindahan gigi terjadi entakan

Transmisi Matic

Saat mobil dikendarai dan kecepatan bertambah, terjadi entakan ketika perpindahan gigi otomatis. Perhatikan juga, seberapa kasar entakan tersebut. Kalau dua hal ini terjadi, maka kinerja transmisi sedang tidak prima.

#4: Mobil loyo tak bertenaga

Ciri Tabrakan: Tidak Stabil Berkendara

Ketika tuas sudah masuk ke gigi dan gas diinjak, tarikan terasa sangat berat. Mobil seperti tidak bertenaga dan boros bahan bakar.

#5: Mobil tidak mau jalan

Mobil susah distarter

Mobil tetap diam di tempat, meski tuas sudah digeser ke posisi R, D, 2 atau 1/L dan kemudian pedal gas diinjak. Masalah juga bisa terjadi pada salah satu posisi tuas persneling saja.  

#6: Perpindahan gigi terlalu cepat atau terlalu lambat.

Tips Memilih Mobil Bekas

Perpindahan gigi yang normal, memang menghasilkan sedikit ayunan. Misalnya perpindahan dari gigi 1 ke gigi 2 (untuk non-CVT). Dalam kasus lain, bisa juga perpindahan gigi justru berlangsung lebih cepat, padahal mobil belum mendapat tenaga yang cukup untuk percepatan.

Pada kasus lainnya, perpindahan bisa terlalu lambat. Di saat tenaga mesin sudah cukup untuk dilakukan perpindahan gigi, namun tak kunjung berpindah. Akibatnya proses berlangsung secara tidak mulus. Ini juga menandakan ada masalah.

#7: Adanya kebocoran oli

Melindungi mesin mobil

Kebocoran ini bisa terlihat dari adanya rembesan oli pada unit transmisi. Bisa terjadi pada bak penampungan oli atau dari celah-celah seal yang sudah aus.

#8: Tertahan saat gas dilepas

Pengecekan Transmisi Matic - 8

Saat mobil melaju kencang lalu pedal gas dilepaskan (deselerasi), terasa ada yang menahan kecepatan kendaraan. Gejalanya hanya terasa sesaat saja, sebelum akhirnya kembali normal. Namun ini tanda-tanda adanya masalah.

Baca juga: Ayo, Kenali 5 Ciri yang Menunjukkan Dinamo Ampere Mobil Bermasalah!

Memastikan kondisi transmisi pada mobil matic tentu sangat penting, karena seandainya terjadi masalah atau kerusakan, maka perbaikannya bisa menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Jika mobil sudah cukup berumur, maka risiko kerusakan juga akan semakin besar.

Bila Anda merasa ragu atau tidak punya keahlian untuk memeriksa transmisi, maka tak ada salahnya untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas. Ditangani oleh tenaga-tenaga profesional, kita akan mendapat kepastian mengenai kondisi mobil sehingga dapat mengambil keputusan dengan tepat.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Selain Civic Siapa Aja Mobil Sedan Terbaik 2024?

Februari 20, 2024
Kalau ada disini yang suka dengan mobil sedan, bang min pengen tanya kenapa kamu suka mobil sedan sih? Apa karna mobil sedan keren suka ada di film-film Amerika? Semua alasan kamu itu bang min setuju. Kalo bang min paling suka sama mobil sedan itu dari Eropa, yaitu Mercedes-Benz. Tapi kali ini kita bakalan bahas lebih
Baca lebih lanjut

Berapa Harga Avanza Bekas Mobil Sejuta Umat di tahun 2024?

Februari 16, 2024
Kalau berbicara tentang Toyota Avanza ini seolah nggak akan ada habisnya, mobil ini dari waktu ke waktu masih saja menjadi pilihan utama mayoritas masyarakat Indonesia. Karena harga yang terjangkau mobil ini laris manis dan bikin rekor terus-terusan. Gimana enggak, harganya mulai Rp 100 jutaan sampai Rp 200 jutaan aja untuk tipe paling tinggi. Mulai dari
Baca lebih lanjut

Gampangnya Bikin SIM Via Online

Februari 16, 2024
Bikin SIM via online di masa lalu pasti tidak pernah terpikirkan. Akan tetapi dengan adanya kemajuan teknologi informasi, urusan bikin SIM bisa dipermudah. Pendaftaran dan ujian teori pembuatan SIM bisa dilakukan secara online. Tentu dengan adanya inovasi dari Korlantas Polri ini sangat mudah dan praktis. Masyarakat yang akan membuat SIM cukup mengurus dan melengkapi berkas
Baca lebih lanjut