3 Alasan Kenapa Mobil Tua Itu Bisa Dihargai Mahal?

Oktober 15, 2023
By Getan Metodius
3 Alasan Kenapa Mobil Tua Itu Bisa Dihargai Mahal?-otospector

Kalau lagi cari mobil baru dengan harga terjangkau dengan kondisi baru itu biasa, apalagi mobil bekas dengan harga mobil murah, udah banyak deh. Tapi gimana nih Otofriends kalau mencari mobil yang umurnya sudah mulai tua? Kira-kira banyak nggak yah atau malah susah?

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Hayo kita bahas beberapa fakta unik seputar mobil kuno yang banyak diincar oleh para mereka yang boleh disebut kolektor.

Tidak sampai disana, seperti artis kondang Andre Taulany pun merupakan salah satu public figure tanah air yang suka sekali mengoleksi atau penggemar mobil tua. Pasalnya mobil klasik memiliki daya tarik tersendiri.

Karena dia lah peminat mobil lawas jadi bergairah kembali, dan membuat harga mobil memiliki harga jual yang selangit untuk mobil tua. Mobil mobilnya berjajar dari yang paling klasik atau tua sampai yang baru.

Apa sih alasan mobil, atau yang membuat mobil bekas tua ini jadi mahal?. Mungkin ada yang bilang mahal karena biaya perawatan mobil, suku cadang yang susah dicari,

Kenapa mobil tua mahal?

#1: Jumlah Semakin Sedikit dan Nyaris Langka.

mobil langka

Sumber: terasinfo

Penyebab mobil tua mahal yang pertama dikarenakan kelangkaan. Begini Otofriends, ada beberapa alasan sebetulnya mobil tua atau mobil klasik itu jadi sangat mahal dan boleh dibilang kadang nggak masuk akal.

Tentu faktor yang pertama dan paling sering menjadi bahan tawar menawar adalah jumlah mobil itu sendiri yang semakin sedikit atau nyaris langka di pasaran otomotif.

Tidak hanya dipasaran otomotif, bahkan di Indonesia sendiri misalnya yang memiliki mobil tersebut boleh dibilang sangat sedikit sekali.

Jadi boleh dibilang harganya semakin tinggi menjulang tapi tidak sebanding dengan unit yang ada di pasaran atau suatu daerah bahkan suatu negara tertentu.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#2: Mobil yang Unik.

kenapa mobil tua mahal

Sumber: Pinterest

Pada point kedua ini sebetulnya susah dijelasin sih, karena keunikan ini bisa tidak memiliki harga acuan.

Sepeti contoh model station wagon yang tidak begitu populer di tanah air, tapi bikin model ini sangat unik dan punya daya tawar yang tinggi loh Otofriends.

Lalu pernah ada mobil VW Kodok atau nama resminya VW Beetle di Indonesia pernah booming dan mobil ini sangat unik.

Sekarang terbilang cukup langka mobilnya, jadi buat kamu yang pengen cari mobil unik seperti ini siapkan budget yang cukup yah.

Karena mobil ini unik dan punya nilai jual yang unik dari sisi eksterior, menjadikan mobil ini dihargai tinggi, dan menjadi salah satu yang cukup mahal untuk harga mobil klasik.

Baca juga: 5 City Car Murah Harga 70 Jutaan Per 2023

#3: Pernah Direstorasi oleh Pemilik Lama.

mobil tua harganya mahal

Sumber: Retro-Gang

Ada faktor lain selain keunikan dan juga kelangkaan, mungkin ini adalah salah satu faktor yang diluar faktor tadi.

Karena biasanya nih otofriends, mobil lawas atau mobil tua ini perlu direstorasi ulang agar kondisi baik fisik dan juga mesin jadi kembali segar.

Perlu dicatat biaya untuk merestorasi mobil tua ini harus menggunakan suku cadang yang asli dan biasanya harganya sangat tinggi, apalagi jika sparepart ini tidak dijual di Indonesia.

Perlu ada biaya ekstra untuk mendatangkan komponen ini dari luar negeri.

Baca juga: 5 Mobil Bekas Murah Di Bawah 50 Juta Jenis City Car

Perlu ketelitian tingkat tinggi membeli mobil tua:

Kenapa kita perlu mengingatkan kalau dasar dalam membeli mobil tua adalah kesehatan mesin dan juga kualitas dari eksterior dan interior itu sendiri. Kadang ada orang yang punya duit pengen buru-buru beli mobil lawas atau mobil tua yang dia incar.

Eh tetapi beberapa waktu selanjutnya punya banyak pekerjaan rumah yang harus dibayar. Contoh untuk memperbaiki ini dan itu, sama seperti tips beli mobil bekas pada umumnya, ketika memutuskan mau beli mobil tua, perlu minta bantuan professional.

Seperti menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Paling tidak, untuk urusan mendasar, kita tidak perlu memiliki banyak PR kedepannya. Mengingat pasti akan ada restorasi dan modifikasi selanjutnya dari kamu sebagai pemilik baru, asalkan, tidak salah pilih di awal saat bertransaksi mobil bekas tua tersebut.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi Merek Wiper Yang Bagus

Januari 30, 2024
Saat ini sudah memasuki musim hujan dan Wiper sudah menjadi komponen yang sangat penting ketika sudah memasuki musim hujan. Karena peran Wiper dapat membantu penglihatan pengemudi pada saat sedang musim hujan. Berikut ini ada beberapa rekomendasi merek Wiper yang bagus untuk kamu miliki. #1: Merek Bosch Rear Wiper  Rekomendasi pertama adalah dari Bosch Rear Wiper,
Baca Lebih Lanjut

Bikin Mlongo Koleksi Mobil Raffi Ahmad Sampai 2024

Januari 29, 2024
Raffi Ahmad merupakan salah satu artis dan pengusaha yang sukses di tanah air. Selain dikenal sebagai presenter, aktor, dan produser, Raffi juga memiliki bisnis di berbagai bidang seperti kuliner, fashion, properti, dan media seperti kanal Youtube. Raffi juga menjadi brand ambassador dari beberapa produk ternama seperti Samsung, Indomie, dan Shopee. Tak heran kalau Raffi menjadi
Baca Lebih Lanjut

Pahami, Inilah Fungsi Karburator Mobil 2024

Januari 29, 2024
Wajar jika para pengemudi mobil zaman sekarang agak asing dengan karburator. Maklum, komponen ini memang sudah ketinggalan zaman. Mobil-mobil zaman sekarang umumnya menggunakan teknologi injeksi untuk sistem pembakarannya. Antara sistem injeksi dengan karburator tentu punya banyak perbedaan mendasar yang berpengaruh pada performas mesin. Agar Otofriends memahami peran karburator di masa lalu, ada baiknya kita mengenal
Baca Lebih Lanjut