Kapan Waktu Ganti Minyak Rem Mobil

Mei 21, 2024
By Thomas W
Kapan Waktu Ganti Minyak Rem Mobil-otospector

Setiap pemilik mobil pada umumnya tahu soal kapan waktu ganti minyak rem mobil. Terutama bagi Otofriends merawat mobilnya secara mandiri alias tidak di bengkel resmi atau bengkel umum. Minyak rem mobil memang harus diganti secara berkala, sesuai petunjuk di buku manual.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Akan tetapi waktu pergantian minyak rem mobil tidak harus selalu sesuai jadwal. Ada kondisi-kondisi yang membuat penggantian minyak rem dilakukan di luar waktu seharusnya, bahkan lebih cepat dari jadwal. Kondisi seperti inilah yang harus benar-benar diperhatikan!

Kapan sebenarnya waktu ganti minyak rem mobil? Yuk, kita kupas satu per satu:

#1:  Pergantian Berdasarkan Waktu

ganti minyak rem mobil

Sumber: Otoseken

Pada umumnya pabrikan merekomendasikan penggantian minyak rem dilakukan setiap 2 tahun sekali atau setiap 40.000 km. Dengan catatan penggunaan mobil masih wajar. 

Pergantian bisa lebih cepat kalau sehari-hari mobil melewati jalur padat, menanjak, atau sering ngerem mendadak. Kalau begini, pergantian jadi lebih sering yakni setiap 1 tahun sekali atau setiap 20.000 km.

Baca juga: Mencegah Rem Mobil Terkunci Ketika Mobil Diparkir Lama

#2: Pergantian Karena Kondisi Minyak Rem

ganti minyak rem mobil

Sumber: Breakerlink

Saat masih baru, minyak rem umumnya berwarna bening. Namun seiring pemakaian, warna berubah jadi kuning atau coklat. Warna yang berubah menunjukkan minyak rem sudah terkontaminasi dan perlu diganti.

Pada dasarnya, minyak rem sifatnya higroskopis atau mampu menyerap air dari udara. Nah, kalau jumlah airnya terlalu banyak, maka titik didihnya semakin rendah dan tidak dapat bekerja optimal saat pengereman mendadak. Risikonya, rem blong. 

Kadar air dalam minyak rem bisa diperiksa pakai tester minyak rem. Saat ini banyak dijual tester yang praktis dan gampang dibawa.

Minyak rem juga bisa terkontaminasi lumpur atau kotoran lain. Akibatnya bisa terjadi korosi pada komponen sistem rem dan kinerja rem terganggu.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Pergantian Karena Ada Masalah Pada Rem

ganti minyak rem mobil

Sumber: Safetybrakeandclutch

Ada beberapa kondisi yang bisa dirasakan pada rem, misalnya rem terasa tidak pakem karena minyak rem yang sudah tua atau terkontaminasi. Artinya, minyak rem perlu dicek dan diganti. 

Kondisi lain bisa berupa suara decit atau getaran saat pengereman. Biasanya disebabkan gelembung udara dalam sistem rem. Bisa juga karena minyak rem sudah tua atau terkontaminasi.

Lampu indikator rem yang menyala juga bisa jadi indikasi ada masalah pada minyak rem. Minyak yang sudah tua atau terkontaminasi, bisa bikin lampu ini menyala.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Yang Perlu Dipahami Soal Minyak Rem

ganti minyak rem mobil

Sumber: Poison.org

Hal paling penting yang perlu dipahami adalah soal jenis minyak rem. Gunakan selalu minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Petunjuk soal informasi ini bisa dibaca di buku manual mobil. 

Minyak rem yang tidak dipakai, sebaiknya disimpan di tempat yang dingin dan gelap. Tujuannya agar tidak terjadi oksidasi dan mencegah pembentukan uap air yang nantinya malah membuat minyak jadi rusak. 

Terakhir, tentu saja minyak rem harus diperlakukan hati-hati. Jangan sampai terkena kulit atau mata. Jangan pula sampai terkena cat mobil, karena bisa merusak.

Baca juga: Penyebab Volume Oli Mesin Berkurang Drastis

Mobil bekas olinya bocor? Begini cara pengecekannya

Di pasaran, mobil bekas dijual dalam kondisi yang amat beragam. Ada yang masih bagus dan layak, tapi ada juga yang kondisinya memprihatinkan. Dalam memilih, Otofriends harus benar-benar jeli. Salah pilih, akibatnya bisa fatal. Bahkan bisa merugikan dalam jangka panjang.

Kalau Otofriends milihat ada tanda-tanda mobil bekas mengalami kebocoran oli, maka pastikan kondisinya dengan bantuan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Melalui proses inspeksi yang cermat di lebih dari 150 titik, Otofriends akan memperoleh gambaran mobil tersebut secara menyeluruh.

Hasil laporan inspeksi mobil ini nantinya akan berguna untuk memutuskan pilihan terbaik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

Februari 28, 2024
Mobil sedan murah sekilas terdengar aneh, karena biasanya jenis mobil ini identik dengan kemewahan. Padahal kalau Otofriends cek ke bursa mobil bekas, masih banyak sedan yang layak pakai namun harganya sudah jauh di bawah harga psikologis Rp100 jutaan. Satu hal yang cukup menarik tentang mobil sedan murah, tidak sedikit yang kondisinya ternyata masih sangat layak.
Baca Lebih Lanjut

Biaya Perbaikan Pintu Mobil Ini Bisa Buat Catatan Otofriends

Februari 28, 2024
Wajar kalau Otofriends tidak terlalu tahu soal berapa sebenarnya biaya perbaikan pintu mobil. Pintu mobil memang salah satu bagian dari mobil yang jarang rusak. Akan tetapi bukan berarti kita jadi tidak peduli, karena bisa saja informasi semacam ini sewaktu-waktu dibutuhkan. Perbaikan pintu mobil biasanya dilakukan di bengkel-bengkel khusus bodi. Tetapi ada juga bengkel yang khusus
Baca Lebih Lanjut

Mau Beli Mobil Matic? Kenali Dulu Jenis-jenis Transmisinya

Februari 28, 2024
Meski belum mengalahkan mobil bertransmisi manual, penjualan mobil bertransmisi matic (mobil matic) di Indonesia terus meningkat. Data dari PT Toyota Astra Motor di akhir tahun 2019 menyatakan penjualan mobil matic mencapai sekitar 30% dari total penjualan. Ini sekaligus jadi bukti penggunaan mobil bertransmisi otomatis semakin populer di masyakat. Dibanding menggunakan transmisi manual, pengoperasian transmisi matic
Baca Lebih Lanjut