Kapan Waktu Ganti Minyak Rem Mobil

Mei 21, 2024
By Thomas W
Kapan Waktu Ganti Minyak Rem Mobil-otospector

Setiap pemilik mobil pada umumnya tahu soal kapan waktu ganti minyak rem mobil. Terutama bagi Otofriends merawat mobilnya secara mandiri alias tidak di bengkel resmi atau bengkel umum. Minyak rem mobil memang harus diganti secara berkala, sesuai petunjuk di buku manual.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Akan tetapi waktu pergantian minyak rem mobil tidak harus selalu sesuai jadwal. Ada kondisi-kondisi yang membuat penggantian minyak rem dilakukan di luar waktu seharusnya, bahkan lebih cepat dari jadwal. Kondisi seperti inilah yang harus benar-benar diperhatikan!

Kapan sebenarnya waktu ganti minyak rem mobil? Yuk, kita kupas satu per satu:

#1:  Pergantian Berdasarkan Waktu

ganti minyak rem mobil

Sumber: Otoseken

Pada umumnya pabrikan merekomendasikan penggantian minyak rem dilakukan setiap 2 tahun sekali atau setiap 40.000 km. Dengan catatan penggunaan mobil masih wajar. 

Pergantian bisa lebih cepat kalau sehari-hari mobil melewati jalur padat, menanjak, atau sering ngerem mendadak. Kalau begini, pergantian jadi lebih sering yakni setiap 1 tahun sekali atau setiap 20.000 km.

Baca juga: Mencegah Rem Mobil Terkunci Ketika Mobil Diparkir Lama

#2: Pergantian Karena Kondisi Minyak Rem

ganti minyak rem mobil

Sumber: Breakerlink

Saat masih baru, minyak rem umumnya berwarna bening. Namun seiring pemakaian, warna berubah jadi kuning atau coklat. Warna yang berubah menunjukkan minyak rem sudah terkontaminasi dan perlu diganti.

Pada dasarnya, minyak rem sifatnya higroskopis atau mampu menyerap air dari udara. Nah, kalau jumlah airnya terlalu banyak, maka titik didihnya semakin rendah dan tidak dapat bekerja optimal saat pengereman mendadak. Risikonya, rem blong. 

Kadar air dalam minyak rem bisa diperiksa pakai tester minyak rem. Saat ini banyak dijual tester yang praktis dan gampang dibawa.

Minyak rem juga bisa terkontaminasi lumpur atau kotoran lain. Akibatnya bisa terjadi korosi pada komponen sistem rem dan kinerja rem terganggu.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Pergantian Karena Ada Masalah Pada Rem

ganti minyak rem mobil

Sumber: Safetybrakeandclutch

Ada beberapa kondisi yang bisa dirasakan pada rem, misalnya rem terasa tidak pakem karena minyak rem yang sudah tua atau terkontaminasi. Artinya, minyak rem perlu dicek dan diganti. 

Kondisi lain bisa berupa suara decit atau getaran saat pengereman. Biasanya disebabkan gelembung udara dalam sistem rem. Bisa juga karena minyak rem sudah tua atau terkontaminasi.

Lampu indikator rem yang menyala juga bisa jadi indikasi ada masalah pada minyak rem. Minyak yang sudah tua atau terkontaminasi, bisa bikin lampu ini menyala.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Yang Perlu Dipahami Soal Minyak Rem

ganti minyak rem mobil

Sumber: Poison.org

Hal paling penting yang perlu dipahami adalah soal jenis minyak rem. Gunakan selalu minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Petunjuk soal informasi ini bisa dibaca di buku manual mobil. 

Minyak rem yang tidak dipakai, sebaiknya disimpan di tempat yang dingin dan gelap. Tujuannya agar tidak terjadi oksidasi dan mencegah pembentukan uap air yang nantinya malah membuat minyak jadi rusak. 

Terakhir, tentu saja minyak rem harus diperlakukan hati-hati. Jangan sampai terkena kulit atau mata. Jangan pula sampai terkena cat mobil, karena bisa merusak.

Baca juga: Penyebab Volume Oli Mesin Berkurang Drastis

Mobil bekas olinya bocor? Begini cara pengecekannya

Di pasaran, mobil bekas dijual dalam kondisi yang amat beragam. Ada yang masih bagus dan layak, tapi ada juga yang kondisinya memprihatinkan. Dalam memilih, Otofriends harus benar-benar jeli. Salah pilih, akibatnya bisa fatal. Bahkan bisa merugikan dalam jangka panjang.

Kalau Otofriends milihat ada tanda-tanda mobil bekas mengalami kebocoran oli, maka pastikan kondisinya dengan bantuan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Melalui proses inspeksi yang cermat di lebih dari 150 titik, Otofriends akan memperoleh gambaran mobil tersebut secara menyeluruh.

Hasil laporan inspeksi mobil ini nantinya akan berguna untuk memutuskan pilihan terbaik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Biaya Harga Perbaikan Kaki-Kaki Mobil?

Februari 22, 2024
Seperti yang kita ketahui jika kaki-kaki mobil sudah menjadi peran penting yang berfungsi untuk tetap menopang berat mobil, serta membantu untuk menyerap getaran saat sedang melintas di jalanan. Kaki-kaki ini juga berfungsi untuk mengatur arah mobil atau sebagai penggerak roda mobil. Jadi, kaki – kaki mobil itu ada beberapa komponen contohnya seperti per, ball joint,
Baca Lebih Lanjut

Mobil Listrik Baru di IIMS 2024

Februari 21, 2024
Kehadiran berbagai mobil listrik baru di IIMS 2024 ternyata sanggup mengundang decak kagum para pengunjung. Bagaimana tidak, jika produk-produk mobil listrik yang sudah atau akan dipasarkan, semakin beragam dan menawarkan berbagai teknologi terbaru. Mobil-mobil listrik ini juga dipastikan bakal menyemarakkan pasar otomotif dalam negeri. Apalagi dengan dukungan pemerintah yang begitu serius dalam upaya mengurangi emisi
Baca Lebih Lanjut

Tanda Mobil Kamu Sudah Harus Turun Mesin

Februari 21, 2024
Overhaul atau biasa orang bilang turun mesin kadang dapat mengkhawatirkan bagi pemilik mobil. Seperti yang kita ketahui bahwasanya faktor turun mesin banyak otofriends, bisa di sebabkan dalam jangka waktu yang sangat lama atau juga mesin mobil yang sudah ada banyak kendala, tapi dibiarkan begitu saja. Mobil yang akan turun mesin, tentu mempunyai ciri yang bisa
Baca Lebih Lanjut