Jangan Diabaikan Ciri-ciri Rem Mobil Bermasalah

Mei 24, 2024
By Thomas W
Jangan Diabaikan Ciri-ciri Rem Mobil Bermasalah-otospector

Jika Otofriends termasuk pengemudi yang aktif dan peduli pada perawatan mobil, maka sebaiknya harus peka pada ciri-ciri rem mobil bermasalah. Pasalnya, fungsi rem mobil sangatlah vital untuk menunjang keselamatan berkendara. Terutama, jika Otofriends sering berpergian jarak jauh dengan kecepatan tinggi.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Mengingat pentingnya fungsi rem, tak heran jika sistem ini termasuk piranti yang wajib dicek kondisinya setiap kali mobil masuk bengkel. Bahkan, walau hanya sekadar ganti oli sekalipun. Maka tidak berlebihan, jika Otofriends sebagai pemilik juga harus memahami ciri-ciri rem mobil bermasalah, agar selalu bisa memastikan bahwa mobil dalam kondisi baik. 

Apa saja kira-kira ciri-ciri rem mobil bermasalah? Yuk, kita bahas satu per satu:

#1: Muncul Getaran Saat Pengereman 

ciri-ciri rem mobil bermasalah

Sumber: Medcom.id

Kalau muncul getaran pada pedal rem, setir, atau mungkin seluruh bodi mobil saat dilakukan pengereman, Otofriends harus waspada. Terutama jika getaran muncul pada kecepatan tinggi.

Getaran ini biasanya disebabkan karena kampas rem sudah aus. Akibat permukaan kampas yang tidak rata, maka muncul gesekan tidak sempurna pada cakram rem.

Baca juga:  Inilah Fungsi Defogger Mobil Dan Cara Kerjanya

#2: Muncul Bunyi Pada Saat Pengereman

ciri-ciri rem mobil bermasalah

Sumber: Katadata

Bunyi yang muncul biasanya berupa decitan (mendecit) dan biasanya diakibatkan oleh kampas rem yang sudah aus atau memang kualitas kampasnya tidak bagus. 

Sedangkan bunyi logam seperti beradu, menandakan masalah ada pada cakram rem. Biasanya karena sudah aus, bengkok atau bergelombang.

beli mobil bekas di tokopedia

 #3: Rem Jadi Teras Kurang Pakem

ciri-ciri rem mobil bermasalah

Sumber: Deutsch Tech

Tanda-tanda rem kurang pakem adalah ketika mobil butuh jarak pengereman yang lebih jauh dari biasanya. Meski sudah ditekan maksimal, tetap saja mobil tidak segera berhenti. 

Penyebabnya ada berbagai faktor, seperti kampas yang tipis, minyak rem berkurang, atau sistem rem yang kotor atau bocor.

#4: Pijakan Pedal Terasa Lebih Dalam

ciri-ciri rem mobil bermasalah

Sumber: Suara.com

Otofriends akan merasa pijakan pedal terasa lebih dalam dari biasanya. Atau setidak-tidaknya butuh tekanan lebih besar agar mobil berhenti. 

Penyebabnya bisa karena sistem rem mengalami kebocoran, sehingga tekanan hidrolik berkurang.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Lampu Indikator Rem Tiba-tiba Menyala

ciri-ciri rem mobil bermasalah

Sumber: Gridoto

Lampu rem tangan yang merupakan lampu indikator rem bisa menyala sendiri, meski rem tangan tidak ditarik.

Mohon diwaspadai karena hal ini bisa menandakan adanya masalah pada sistem rem. Contohnya, volume minyak rem sudah berkurang atau tekanan hidrolik yang berkurang.

#6: Muncul Asap Knalpot Warna Putih 

ciri-ciri rem mobil bermasalah

Sumber: My Pertamina

Asap knalpot berwarna putih yang muncul tiba-tiba memang bisa berasal dari berbagai faktor. 

Akan tetapi salah satunya adalah berasal dari kebocoran minyak rem dari master rem. Ini terutama terjadi pada rem yang menggunakan sistem cakram.

Baca juga:  Mencegah Rem Mobil Terkunci Ketika Mobil Diparkir Lama

Cara pengecekan kondisi rem mobil bekas

Meski fungsinya sangat vital, namun pemilik mobil kadang masih lalai dalam memastikan kondisi sistem pengereman. Maka jangan heran jika mobil bekas yang ditawarkan di pasaran, kadang kondisi remnya tidak terlalu baik.

Kalau Otofriends ingin memastikan kondisi sistem pengereman mobil bekas, maka jangan ragu untuk minta bantuan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Melalui proses inspeksi yang cermat di lebih dari 150 titik, Otofriends akan memperoleh gambaran mobil tersebut secara menyeluruh.

Hasil laporan inspeksi mobil ini nantinya akan berguna untuk memutuskan pilihan terbaik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Jenis Obat Ini Berbahaya, Bikin Ngantuk Saat Mengemudi

Mei 09, 2024
Seseorang yang mengantuk, sesungguhnya adalah kondisi di mana ia merasa ingin tidur atau susah untuk tetap terjaga. Ada banyak faktor penyebabnya, seperti kurang tidur, kelelahan, stres, gangguan tidur, atau kondisi medis tertentu. Akan tetapi mengantuk juga bisa dipicu oleh obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping menenangkan sistem saraf pusat. Simak obat yang tidak boleh diminum
Baca Lebih Lanjut

Inilah Fungsi Defogger Mobil Dan Cara Kerjanya

Mei 07, 2024
Sering kali ditemukan, sebagian pengemudi yang ternyata tidak paham tentang fungsi defogger mobil. Padahal fitur itu ada di mobil mereka. Dan mereka juga pernah merasa terganggu dengan adanya embun atau kabut yang menghalangi pandangan saat mengemudi. Sayangnya, fitur ini jadi tidak termanfaatkan secara optimal. Masalahnya, orang sering tidak menghiraukan gangguan pandangan akibat embun atau kabut,
Baca Lebih Lanjut