Inilah Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Februari 11, 2024
By Thomas W
Inilah Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor-otospector

Penyebab kondensor kotor memang sederhana saja, yaitu adanya kotoran. Masalahnya, dari mana kotoran ini datang dan bagaimana bisa merusak kondensor? Inilah yang perlu dipahami oleh Otofriends.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Sebaiknya jangan anggap enteng kondensor yang kotor, karena kotoran bisa bikin komponen ini rusak. Akibatnya AC bisa kurang dingin. Meski ada pula penyebab-penyebab lain yang bisa menimbulkan kerusakan kondensor.

Nah, kondisi apa saja yang bisa jadi penyebab kondensor kotor? Mari kita pahami fakta-fakta seputar masalah ini:

#1: Mengenal Kondensor

Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Sumber: Auto2000.co.id

Salah satu komponen dalam sistem AC mobil adalah kondensor. Komponen ini berfungsi mengubah suhu panas menjadi suhu dingin. Nyamannya hembusan udara dari AC mobil terjadi berkat adanya komponen ini.

Kondensor bekerja dengan memanaskan freon (gas refrigerant) pada suhu tertentu. Saat freon atau refrigeran melewati kondensor, terjadi perubahan wujud dari gas menjadi cair. Di kondensor inilah terjadi pelepasan panas dari refrigerant.

Baca juga: Kenapa AC Mobil Bau Dan Cara Mengatasinya

#2: Kondensor Rawan Kotor 

Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Sumber: Gridoto

Posisi kondensor ini berada di depan mobil atau dekat dengan radiator. Karena posisinya di depan mobil, maka komponen ini rawan kotor. 

Debu, lumpur, dan kotoran lainnya yang menumpuk pada permukaan kondensor bisa mempercepat proses kerusakan.

Kotoran dan juga debu bisa masuk ke kabin jika saat AC dinyalakan jendela malah dibuka. Kotoran lalu dihisap oleh ac mobil yang kemudian masuk ke kondensor. Kotoran yang menumpuk akhirnya menyebabkan kerusakan.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Kondensor Bocor

Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Sumber: Doktermobil

Kebocoran kondensor biasanya terjadi pada bagian pipa sambungan. Problem ini sebenarnya sama dengan setiap komponen lain pada AC mobil.  

Pipa sambungan adalah bagian yang menghubungkan kondensor dengan AC mobil itu sendiri.

Akibat kebocoran, proses penyaluran udara di dalam AC tidak akan bisa maksimal. Akhirnya penumpang merasakan kalau suhu udara yang berhembus dari AC terasa panas.

#4: Cara Mencegah Kerusakan Kondensor

Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Sumber: Myjackfrost.com

Untuk mencegah kerusakan, kondensor harus dibersihkan secara berkala.

Perawatan paling sederhana adalah melakukan servis rutin pemeriksaan kondensor setiap 4 sampai 6 bulan sekali. Menjaga kebersihan mobil dengan rutin mencuci mobil juga dapat membantu mencegah kondensor rusak.

Kalau AC tidak digunakan dalam waktu lama, ada baiknya tutupilah kondensor dengan kain supaya tidak mudah kotor.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Servis Kondensor

Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Sumber: rbk.bm

Kondsensor yang terlalu kotor, harus dicopot dan dibersihkan. Ingat, freon atau refrigerant juga harus diganti baru ketika kondensor dibongkar.

Biaya perawatan kondensor berkisar antara Rp100 ribu – Rp200 ribu.

Kalau kondensor bocor, perbaikannya cukup dengan di-las. Tapi kalau sudah parah banget, harus ganti baru.

Baca juga: Kapan Waktu Service AC Mobil? Ini 3 Penjelasannya

Cara mengecek kondisi filter AC mobil bekas

Filter AC berfungsi menyaring udara di dalam kabin, sehingga filter cenderung jadi tempatnya debu, bakteri, atau partikel kecil. Karena itu setelah Otofriends beli mobil bekas, sebaiknya filter AC langsung diganti saja.

Selain karena alasan kesehatan, kita juga tidak pernah tahu kapan persisnya filter terakhir diganti. Ada kemungkinan filter sudah saatnya diganti, meski mungkin masih terlihat bagus.

Untuk memastikan kondisi mobil bekas yang hendak dibeli, manfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Sebagai jasa inspeksi mobil yang independen, laporan hasil pemeriksaan Otospector dapat menjadi referensi terpercaya dalam membeli mobil bekas berkualitas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Fungsi Utama Gardan Dan Juga Cara Merawatnya

Januari 15, 2024
Emang sih mobil keluaran baru itu kebanyakan sudah menggunakan teknologi penggerak roda depan. Tapi gak sedikit dari pecinta otomotif yang masih pengen beli mobil dengan penggerak roda belakang dengan dukungan gardan sebagai pemicunya. Semua itu tidak salah dan balik lagi pada pilihan masing-masih kamu otofriends. Biar kamu makin ngerti kita bahas secara dalam tentang fungsi
Baca Lebih Lanjut

Terupdate Harga Mobil Calya Bekas 2024

Januari 14, 2024
Harga mobil Calya bekas semakin hari menarik untuk disimak. Salah satu alasannya karena mobil ini merupakan saudara kembar dari Daihatsu Sigra yang populasinya sangat banyak. Tentu pilihannya jadi semakin beragam, harga juga kompetitif. Faktor menarik lainnya, keduanya juga masuk dalam program mobil LCGC (Low Cost Green Car). Karena itu mobil ini dapat menjadi salah satu
Baca Lebih Lanjut

Selain Ban Kempes, Ini Penyebab Setir Mobil Berat

Januari 13, 2024
Penyebab setir mobil berat sebenarnya bisa bermacam-macam. Namun salah satu yang paling umum dan mudah dideteksi adalah kondisi ban mobil yang kempes. Saat melewati jalanan yang agak rusak, setir yang berat bisa langsung terasa. Tidak ada pilihan lain, untuk mencegah kondisi ini, Otofriends harus selalu mengecek tekanan angin pada ban secara rutin. Seiring waktu dan
Baca Lebih Lanjut