Download Aplikasi OTOS
Install

Inilah Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Februari 11, 2024
By Thomas W
Inilah Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor-otospector

Penyebab kondensor kotor memang sederhana saja, yaitu adanya kotoran. Masalahnya, dari mana kotoran ini datang dan bagaimana bisa merusak kondensor? Inilah yang perlu dipahami oleh Otofriends.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Sebaiknya jangan anggap enteng kondensor yang kotor, karena kotoran bisa bikin komponen ini rusak. Akibatnya AC bisa kurang dingin. Meski ada pula penyebab-penyebab lain yang bisa menimbulkan kerusakan kondensor.

Nah, kondisi apa saja yang bisa jadi penyebab kondensor kotor? Mari kita pahami fakta-fakta seputar masalah ini:

#1: Mengenal Kondensor

Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Sumber: Auto2000.co.id

Salah satu komponen dalam sistem AC mobil adalah kondensor. Komponen ini berfungsi mengubah suhu panas menjadi suhu dingin. Nyamannya hembusan udara dari AC mobil terjadi berkat adanya komponen ini.

Kondensor bekerja dengan memanaskan freon (gas refrigerant) pada suhu tertentu. Saat freon atau refrigeran melewati kondensor, terjadi perubahan wujud dari gas menjadi cair. Di kondensor inilah terjadi pelepasan panas dari refrigerant.

Baca juga: Kenapa AC Mobil Bau Dan Cara Mengatasinya

#2: Kondensor Rawan Kotor 

Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Sumber: Gridoto

Posisi kondensor ini berada di depan mobil atau dekat dengan radiator. Karena posisinya di depan mobil, maka komponen ini rawan kotor. 

Debu, lumpur, dan kotoran lainnya yang menumpuk pada permukaan kondensor bisa mempercepat proses kerusakan.

Kotoran dan juga debu bisa masuk ke kabin jika saat AC dinyalakan jendela malah dibuka. Kotoran lalu dihisap oleh ac mobil yang kemudian masuk ke kondensor. Kotoran yang menumpuk akhirnya menyebabkan kerusakan.

#3: Kondensor Bocor

Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Sumber: Doktermobil

Kebocoran kondensor biasanya terjadi pada bagian pipa sambungan. Problem ini sebenarnya sama dengan setiap komponen lain pada AC mobil.  

Pipa sambungan adalah bagian yang menghubungkan kondensor dengan AC mobil itu sendiri.

Akibat kebocoran, proses penyaluran udara di dalam AC tidak akan bisa maksimal. Akhirnya penumpang merasakan kalau suhu udara yang berhembus dari AC terasa panas.

#4: Cara Mencegah Kerusakan Kondensor

Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Sumber: Myjackfrost.com

Untuk mencegah kerusakan, kondensor harus dibersihkan secara berkala.

Perawatan paling sederhana adalah melakukan servis rutin pemeriksaan kondensor setiap 4 sampai 6 bulan sekali. Menjaga kebersihan mobil dengan rutin mencuci mobil juga dapat membantu mencegah kondensor rusak.

Kalau AC tidak digunakan dalam waktu lama, ada baiknya tutupilah kondensor dengan kain supaya tidak mudah kotor.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Servis Kondensor

Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Sumber: rbk.bm

Kondsensor yang terlalu kotor, harus dicopot dan dibersihkan. Ingat, freon atau refrigerant juga harus diganti baru ketika kondensor dibongkar.

Biaya perawatan kondensor berkisar antara Rp100 ribu – Rp200 ribu.

Kalau kondensor bocor, perbaikannya cukup dengan di-las. Tapi kalau sudah parah banget, harus ganti baru.

Baca juga: Kapan Waktu Service AC Mobil? Ini 3 Penjelasannya

Cara mengecek kondisi filter AC mobil bekas

Filter AC berfungsi menyaring udara di dalam kabin, sehingga filter cenderung jadi tempatnya debu, bakteri, atau partikel kecil. Karena itu setelah Otofriends beli mobil bekas, sebaiknya filter AC langsung diganti saja.

Selain karena alasan kesehatan, kita juga tidak pernah tahu kapan persisnya filter terakhir diganti. Ada kemungkinan filter sudah saatnya diganti, meski mungkin masih terlihat bagus.

Untuk memastikan kondisi mobil bekas yang hendak dibeli, manfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Sebagai jasa inspeksi mobil yang independen, laporan hasil pemeriksaan Otospector dapat menjadi referensi terpercaya dalam membeli mobil bekas berkualitas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Banyak Pilihan Mobil Bekas Di Semarang Di Bawah 30 Juta

Juni 06, 2025
Mobil bekas di semarang di bawah 30 jutaan, kayak apa bentuknya? Jangan heran kalau ada yang bertanya begitu, mengingat mobil-mobil bekas dengan harga yang miring banget begitu, kondisi biasanya “seadanya”. Rata-rata dianggap banyak masalah, terutama di sektor mesin dan kelistrikan. Padahal kenyataan tidak selamanya begitu. Mobil-mobil yang usianya sudah di atas 20 tahunan, ada sebagian
Baca Lebih Lanjut

Jangan Salah, Ini Tanda V Belt Mobil Perlu Diganti

Juni 04, 2025
Selain pergantian berkala, ada beberapa tanda v belt mobil perlu diganti. Tanda-tanda itu umumnya terkait dengan kinerja dari v belt serta kondisi v belt yang sudah tidak layak atau aus. Dalam kondisi normal, v belt punya batas usia pakai. Idealnya, setiap jarak tempuh 20.000 km – 40.000 km sekali, harus diganti. Coba deh, dibaca buku
Baca Lebih Lanjut

Tak Disangka, Ternyata Ini Penyebab Ban Mobil Benjol

Juni 03, 2025
Penyebab ban mobil benjol memang bukan cuma satu saja. Setidaknya ada empat faktor yang mesti kita perhatikan. Tetapi sebelum dibahas penyebab-penyebabnya, kita juga harus paham kenapa ban bisa benjol. Sederhananya, ban bisa benjol kalau benangnya putus. Akibatnya tidak ada penahan pada asisi kiri dan kanan ban. Dan pada saat ban diisi udara, tekanan akan menekan
Baca Lebih Lanjut