Banyak alasan mengapa seseorang ingin memiliki mobil. Salah satunya sebagai alat transportasi yang relatif aman dari efek cuaca; hujan atau panas. Jadi, meski sudah punya sepeda motor untuk mobilitas sehari-hari, orang tetap punya keinginan sebuah mobil.
Meski dengan dana terbatas, pilihan mobil bekas sebenarnya bisa sangat beragam. Hanya saja mobil bekas dengan harga Rp50 juta yang ditawarkan umumnya sudah berusia relatif tua, di atas 10 tahun bahkan lebih. Karena itu calon pembeli harus lebih jeli dalam memilih unit yang terbaik.
Mobil bekas dibawah 50 juta lagi banyak dicari, biar tidak bingung berikut daftar mobil bekas harga Rp 50 jutaan. Harga mobil bekas dibawah bisa menjadi rujukan kamu.
Mobil bekas 50 jutaan
Mobil harga 50 jutaan yang pertama ada Karimun. Suzuki Karimun saat ini lebih banyak ditemui di daerah-daerah. Sosok city car jadul ini masih cukup populer karena punya banyak kelebihan. Antara lain kabinnya yang lapang, stabil pada kecepatan tinggi, relatif irit BBM, spare part bisa disubstitusi dari mobil lain, serta bantingan yang lumayan empuk.
Dengan mesin F10A 1.0 Liter 4 silinder 8 katup SOHC, bertenaga 54 HP, torsi 100 Nm, performa Karimun memang bukan yang terunggul di kelasnya. Kompresor AC juga masih membuat mesinnya menghentak. Teknologinya juga lumayan tertinggal, karena masih pakai karburator.
Meski desain bodi dan interiornya paling ketinggalan zaman dibanding kompetitornya, namun banyaknya peminat membuat harga mobil ini justru paling stabil. Perawatannya yang mudah membuat mobil ini masih dimanfaatkan untuk bisnis, seperti mobil rental.
Pilihan terbaik adalah Suzuki Karimun Kotak tahun 2000 sampai tahun 2005 dengan harga berkisar Rp40 juta – Rp 50 juta tergantung kondisi.
Sebenarnya Mitsubishi Kuda tersedia dalam tiga tipe yakni bensin 1.6L (karburator), bensin 2.0L (injeksi), serta diesel 2.5L. Dari ketiganya, diesel 2.5L paling banyak keunggulannya karena faktor mesin yang tangguh dan ekonomis dalam operasional.
Pada pilihan diesel, mesin yang digunakan adalah 4D56 yang juga dipakai di beberapa produk Mitsubishi, seperti Triton, L300, hingga Pajero. Tenaganya mencapai 103 tenaga kuda dan torsi 107 Nm.
Pilihan terbaik adalah Mitsubishi Kuda produksi tahun 2000 – 2004 dengan rentang harga Rp45 juta – Rp50 juta.
Harga terjangkau
Pada awal tahun 2000-an, terdapat beberapa produk sedan yang terpengaruh MPV dengan ciri bodi menggembung dan beratap tinggi. Salah satunya Baleno Next-G ini yang menggunakan basis Suzuki Aerio. Desain Aero sendiri sebenarnya juga tanggung, antara small MPV atau hatchback.
Dibanding generasi sebelumnya, desain Next G ada banyak perubahan. Namun efek positifnya kabin makin lega. Desain interior juga terasa futuristik dengan panelmeter digital. Fitur keselamatannya juga ada kemajuan, seperti ABS + EBD, tapi belum ada airbag.
Mesin M15A yang dipakai Baleno generasi kedua ini tergolong awet dan kuat, meski tidak terlalu irit bahan bakar yakni konsumsi BBM 9-12 km per liter. Istimewanya mesinnya sudah berteknologi katup variabel VVT sehingga tenaganya meningkat jadi 110 PS dan torsi 140 NM. Cukup lumayan untuk ukuran sedan.
Pilihan terbaik adalah Suzuki Baleno Next-G 2003-2005 dengan rentang harga Rp40 juta – Rp50 juta.
Mobil yang mulai dipasarkan pada tahun 2000 ini punya dua pilihan mesin yakni bensin 2.5L V6 dan diesel 2.9L turbocharger. Pilihan favorit tentu saja mesin diesel yang dikenal tangguh dan biaya operasionalnya relatif murah.
Sebelum era Toyota Alphard, Carnival memang pilihan terpopuler untuk kelegaan kabin dan kenyamanan. Joknya captain seat yang bisa berputar 180 derajat, lorong yang lega dari baris pertama sampai belakang, jok yang empuk, serta fitur-fitur unggul di zamannya baik dalam hal kenyamanan dan keselamatan.
Carinival diesel dengan mesin J3 2.9 liter, memiliki tenaga 145 Hp dan torsi 338 Nm. Sangat bertenaga dan responsif, namun tetap irit dalam konsumsi BBM yakni 10 km/liter (dalam kota) dan 12-13 km/liter (luar kota).
Pilihan terbaik adalah Kia Carnival Diesel 2000 dengan harga Rp50 jutaan.
Mobil yang awalnya dikenal sebagai Corolla AE111 ini merupakan generasi kedelapan keluarga Corolla. Mulai hadir sejak 1996, mobil berkubikasi 1.6 liter ini menggantikan kiprah Great Corolla. Namun sebenarnya semua komponennya masih sama dengan pendahulunya itu, kecuali tampilan eksterior dan interior saja.
Setelah mendapat banyak kritik, pada 1998 Toyota akhirnya memberi alternatif dengan mesin berkubikasi 1.8 liter berkode bodi AE112. Total dengan versi 1.6 liter, Corolla menawarkan 5 varian. Setelah 5 tahun, All New Corolla akhirnya digantikan Corolla Altis Gen 1.
AE112 menggunakan mesin 7A-FE yang menghasilkan tenaga 120 Hp dan torsi 157 Nm. Konsumsi BBM-nya cukup lumayan baik yakni 8-12 km L (dalam kota), 10-13 km/L (luar kota). Spesifikasi yang cukup menarik, apalagi ditunjang dengan biaya perawatan yang murah dan spare part melimpah.
Pilihan terbaik adalah Toyota All New Corolla 1.8 produksi tahun 1998 – 2000 dengan harga Rp50 juta.
Mobil ini bisa dikatakan sebagai mobil keluarga paling ideal. Selain kapasitasnya yang optimal (8 orang) perawatan dan spare part-nya terhitung mudah, harga juga cenderung stabil.
Toyota Kijang Kapsul generasi awal masih menggunakan sistem karburator. Namun pilihan terbaik saat ini tentu yang menggunakan sistem injeksi (EFI) atau Kijang produksi setelah tahun 2000. Sistem injeksi membuat Kijang yang sebelumnya dianggap boros BBM, bisa lebih efisien.
Mobil ini tersedia dalam dua mesin pilihan yakni bensin 7K 1.8 liter (sama seperti generasi sebelumnya) dan diesel bermesin 2L 2.400 cc. Keduanya sama-sama tangguh, namun pilihan diesel tetap terfavorit.
Pilihan terbaik adalah Kijang Kapsul LGX 1997 dengan harga Rp50 juta sudah bisa dicari di bursa mobil bekas.
Varian CL merupakan tipe terendah Daihatsu Taruna dengan wheelbase pendek (dikenal sebagai C-series). Berbeda dengan pendahulunya, sejak 2002 seri ini mendapat pembaruan mesin yakni dengan mesin HE-E 1.5 Liter sistem injeksi.
Dibanding generasi sesudahnya, seri C ini dimensinya lebih pendek dengan ruang kabin lebih sempit. Meski kapasitasnya 7 penumpang, namun untuk urusan keluar-masuk penumpang malah terasa lebih nyaman karena baris ketiganya bisa lewat pintu belakang. Baris ketiga memang masih berhadapan.
Taruna dikenal tangguh menghadapi berbagai medan. Mobil ini juga relatif mudah dirawat dan spare part gampang. Bodi juga rata-rata masih bagus karena plat bodi yang tebal.
Pilihan terbaik adalah Daihatsu Taruna CL 2002 dengan harga Rp50 juta.
Mobil 50 jutaan selanjutnya ada Isuzu Panther. Panther generasi pertama ini terbagi menjadi dua angkatan yakni sebelum facelift (1991-1996) dan facelift (1996 – 2001).
Desainnya jadul dengan bentuk mengotak. Setelah memasuki era facelift, ada sedikit perbaikan pada eksterior, karena semua bodi diproduksi oleh Astra saja dan bukan karoseri lagi. Mobil ini jadi salah satu pilihan terbaik untuk para keluarga.
Pada versi facelift ini mesin juga ditingkatkan menjadi mesin 4JA1 direct injection 2.5 cc dengan tenaga 79 Hp dan torsi 130 Nm. Sistem direct injection ini keunggulannya selain irit BBM juga mudah dihidupkan meski dalam kondisi dingin.
Sebagai mesin berteknologi kuno, Panther tentu unggul dalam perawatan yang murah. Selain itu konsumsi BBM juga sangat irit yakni untuk luar kota mampu menempul 12 hingga 18 km per liter.
Pilihan terbaik adalah Isuzu Panther 1997 dengan harga Rp50 jutaan, dimana kamu bisa mencari lebih detail di situs jual beli mobil bekas.
Mobil-mobil bekas yang sudah berusia cukup tua atau di atas 10 tahun, memang tidak semua ada dalam kondisi baik. Jika perawatannya lalai, ada ada potensi kerusakan baik di mesin, transmisi, kelistrikan, maupun body.
Jika Otofriends mau memastikan kondisi sebuah mobil bekas yang sudah cukup tua, maka jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan pemeriksaan yang cermat dan dilakukan tenaga profesional, maka kondisi sebuah mobil bekas dapat tergambarkan begitu akurat. Karena membeli mobil bekas juga harus tepat dan cermat.
Dengan inspeksi mobil bekas, maka Otofriends akan semakin mudah untuk mengambil keputusan dan mendapatkan harga terbaik.
Bagikan