Mobil bekas 50 jutaan buat warga Depok ada banyak sekali pilihan. Asalkan Otofriends jeli dan sabar, malah bisa dapat unit-unit yang meski sudah tergolong tahun tua, tetapi kondisi masih layak.
Dengan anggaran 50 jutaan, pilihan kita memang cukup terbatas. Umumnya umur sudah di atas 15 bahkan 20 tahun. Bisa jadi karena beberapa adalah model yang cukup legendaris, sehingga harganya relatif stabil.
Meski mobil tua, asalkan sedikit paham dengan seluk beluk mobil, Otofriends akan bisa memilih mobil yang baik kondisinya. Namun jika memang tergolong awam, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas, seperti Otospector.
Nah, apa saja pilihan mobil bekas 50 jutaan buat warga Depok yang layak dipertimbangkan:
Sumber: Autofun
Disebut Kijang kapsul karena bodinya yang membulat. Sekaligus jadi pembeda dari Kijang generasi-generasi sebelumnya yang sempat disebut Kijang kotak.
Generasi keempat dari Kijang ini sampai sekarang masih terus diburu konsumen karena sudah telanjur melegenda. Desainnya tidak ketinggalan zaman, mesin tangguh, kabin luas, dan kapasitasnya sampai 7 orang dewasa tanpa berdesakan.
Dengan harga Rp50 jutaan, Otofriends bisa memilih Kijang kapsul tahun-tahun awalnya, yaitu 1997-1999. Setidaknya ada delapan varian yang bisa dipilih, baik dari sasis pendek (dengan kode “L” seperti LX, LSX, LGX, Rangga) dan sasis panjang (kode “S” seperti SX, SSX, SGX, Krista). Transmisi tersedia AT dan MT.
Sumber: Daihatsu Indonesia
Salah satu mobil legendaris yang mudah ditemui di hampir semua pelosok Indonesia. Bersama saudara kembarnya, Toyota Avanza, Xenia jadi andalan untuk menembus daerah-daerah dengan prasarana jalan yang minim. Dari sini kita bisa membayangkan ketangguhannya.
Dengan anggaran Rp50 jutaan, kita punya pilihan Daihatsu Xenia keluaran tahun awal yaitu 2004. Pada generasi ini, Xenia hadir dalam dua tipe mesin empat silinder yaitu 1.000 cc dengan tenaga 62 dk dan 1.300 cc bertenaga 92 dk. Perbedaan kubikasi juga diikuti perbedaan pada sejumlah fitur.
Pilihan yang lebih bersahabat dengan anggaran Rp50 jutaan adalah versi 1.000 cc di mana ada tiga varian yaitu Li Deluxe, Li Plus, dan Mi. Transmisi semua manual.
Sumber: Suzuki Indomobil
Hadir sebagai penerus dari Karimun kotak yang sempat begitu populer, Estilo mulai dipasarkan pada 2007. Perbedaan terasa pada desainnya, di mana Estilo lebih membulat dan ramping. Terasa modern dan semakin compact.
Mesin juga ikut diperbarui, memakai F10J, berkapasitas 1.100 cc 16 valve injection, tenaga 65 PS. Konsumsi BBM-nya tergolong irit, yakni 13 km per liter untuk dalam kota. Fitur-fitur cukup baik untuk mobil di kelasnya yaitu power window, EPS dan pengaturan arah sorot lampu depan.
Dengan anggaran Rp50 jutaan, kita bisa meminang Estilo generasi tahun 2007 sampai 2008 (tergantung kondisi). Pilihan transmisi hanya manual 5 percepatan.
Sumber: Olx
Saat pertama kali dipasarkan, pada tahun 1999, Taruna disebut-sebut sebagai pelopor Low SUV. Sesuai kelasnya, mobil ini terbukti sangat tangguh dalam menghadapi berbagai medan menantang, seperti pegunungan.
Dari sisi kapasitas penumpang, Taruna mampu menampung 5 orang. Bisa ditambah 2 orang lagi, tetapi hanya seukuran anak-anak. Jadi pas kalau Taruna disebut mobil keluarga yang tangguh dan siap diajak bertualang.
Dengan anggaran Rp50 jutaan, Otofriends bisa memilih Taruna generasi awal yaitu tahun 1999-2000. Taruna hadir dalam tiga varian berkubikasi mesin 1.500 cc yang disebut C-Series (CL, CX, dan CSX). Varian tertingginya sudah dilengkapi velg alloy, tape, side body moulding, serta electric window.
Sumber: Gridoto
Tahun 1990-an, jalan-jalan di kawasan perkotaan di Indonesia, terasa semarak berkat kehadiran Starlet. Kala itu, hatchback yang sempat hadir dua generasi ini, populer sebagai mobil perkotaan pilihan keluarga muda modern.
Dengan anggaran Rp50 jutaan, pilihan kita adalah Toyota Starlet generasi keempat yang bentuknya sudah membulat atau disebut Starlet kapsul. Khususnya produksi antara tahun 1995-1997.
Desainnya sampai sekarang masih terasa stylish, tak ketinggalan zaman. Alasan itu pula yang menjadikan Starlet masih jadi bahan incaran para modifikator mobil-mobil tahun 90-an. Harga bekasnya juga relatif stabil.
Pilihan terbaik untuk Otofriends adalah Starlet SE yang memakai mesin 2E berkubikasi mesin 1.300 cc. Variannya ada SE, SE Limited, dan SE-G. Transmisi manual 5 percepatan.
Sumber: Wikipedia
Meski hanya dipasarkan sekitar 6 tahunan di Indonesia, kehadiran Mitsubishi Kuda cukup diperhitungkan pasar otomotif. Terutama pada varian 2.5 L diesel yang disebut-sebut sebagai saingannya Isuzu Panther.
Kalau tertarik pada varian dieselnya, dengan anggaran Rp50 juta, Otofriends bisa mengincar Kuda produksi tahun 2003. Pilihan varian setelah adanya program facelift tahun 2002, ada Deluxe (standar), Diamond (menengah) dan Grandia (mewah).
Jika beruntung, Otofriends bisa dapat Kuda tahun 2004 yang atau sudah masuk generasi ketiga. Eksterior sudah berubah total, di mana lampu depan sudah oval dengan reflektor kristal. Ban cadangan ditambahkan di pintu belakang yang menambah gagah sosoknya.
Sumber: Cintamobil
Ada yang bilang, kenyamanan Trajet cuma bisa dikalahkan Innova. Bisa jadi memang begitu. Apalagi dimensi Trajet ternyata lebih unggul dari MPV produksi Toyota itu, dalam hal panjang (4.965 mm), lebar (1.840 mm), dan jarak sumbu rodanya (2.830 mm). Kelegaan kabin Trajet jelas bukan kaleng-kaleng.
Dengan mesin yang juga besar, tipe V6 2.600 cc, tenaga yang dihasilkan mencapai 170 HP dan torsi 245 Nm. Tentu konsekuensinya, konsumsi BBM-nya tidak bisa terlalu irit. Namun fakta itu dikompensasikan pada kenyamanan penumpang.
Pada tahun-tahun awal kehadirannya, Trajet masih didatangkan secara CBU dari negara asalnya. Baru pada 2003, Hyundai mencoba merakitnya di dalam negeri. Meski begitu, kelangkaan spare part masih jadi isu yang juga harus diperhitungkan.
Inspeksi mobil salah satunya memang bertujuan untuk mengetahui kemungkinan mobil pernah terlibat tabrakan besar atau terendam banjir. Karena mobil-mobil semacam ini, meski sudah diperbaiki, hasilnya tidak akan sempurna 100 persen.
Untuk memastikan apakah sebuah mobil pernah terlibat terendam banjir, Otofriends bisa melakukan inspeksi mobil
Lewat pemeriksaan yang cermat, sebuah mobil yang pernah terlibat kecelakaan, dapat diketahui riwayatnya. Meskipun mobil ini telah mengalami restorasi mendekati sempurna.
Bagikan