Cara Mengetahui Kesehatan Altenator Pada Mobil

Mei 30, 2024
By Getan Metodius
Cara Mengetahui Kesehatan Altenator Pada Mobil-otospector

Untuk menghidupkan mesin mobil itu ada 3 bagian yang harus kamu ketahui. Salah satu bagian tersebut merupakan alternator mobil, yang menjadi bagian sangat penting pada mesin mobil.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Sangat disayangkan, kebanyakan orang lebih memperhatikan kondisi aki dari pada bagian alternator. Tanpa disadari alternator juga salah satu komponen yang sangat penting untuk diperhatikan, karena peran alternator sangat berkaitan dengan satu sama lain seperti dengan aki. Dengan adanya peran aki dapat bekerja secara optimal kereta dibantu dengan keberadaan alternator mobil.

Kamu juga perlu memperhatikan alternator jika sudah mulai rusak. Dengan kamu mengetahui ciri alternator yang sudah mulai rusak maka kamu bisa menghindari masalah yang akan terjadi pada mobil kamu, yang bisa menyebabkan mobil kamu mengalami macet.

Dan jika sudah mulai terlanjur rusak, kamu akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk memperbaikinya. 

Berikut ini adalah ciri – ciri jika alternator mobil kamu sudah mengalami kerusakan.

#1: Alternator Mobil Akan Mengeluarkan Suara.

altenator mobil

Sumber: Sonora

Ciri kerusakan yang pertama adalah alternator akan mengeluarkan suara, dan suara yang dikeluarkan yaitu suara decitan. Di setiap kerusakan yang terjadi di mesin mobil akan berpengaruh kepada performa serta akan membuat ketidaknyaman pada sedang berkendara.

Suara decitan mobil yang keluar ketika alternator sudah mulai rusak, dihasilkan dari terpelintir nya dari beberapa kompetisi tertentu yang terdapat di mobil. Maka dari itu sebelum terlambat kamu harus rutin melakukan pengecekan ke bengkel terpercaya.

Baca juga: Jangan Dibeli Jika Melihat Altenator Mobil Rusak

#2: Alternator Mobil Akan Mengeluarkan Bau Terbakar.

bau dalam mobil

Sumber: Fastlow

Ciri kerusakan yang kedua yang perlu kamu ketahui adalah munculnya bau terbakar pada mesin mobil kamu. Karena alternator mobil mempunyai fungsi untuk pengisian setrum saat aki mobil sedang bekerja. 

Sebetulnya kerusakan yang terjadi pada alternator mobil sangatlah beragam, ada beberapa faktor juga yang mempengaruhi, seperti pada kinerja mesin yang terlalu berat. 

Jika mesin bekerja sedikit berat, sedangkan aki tidak bekerja pada semestinya, maka kerusakan pun bisa terjadi pada alternator mobil. Dengan adanya hal ini, kamu harus lebih memperhatikan ciri – ciri kerusakan pada alternator mobil. 

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Lampu Indikator yang Menyala Menjadi Tanda Rusaknya Alternator.

lampu indikator mobil

Sumber: Bhineka

Lampu indikator yang berada di Dashboard mobil bisa menjadi tanda kalau alternator mobil kamu sudah rusak. Jika kamu sudah menemukan tanda seperti di atas kamu bisa langsung bawa mobil kamu ke bengkel mobil. 

Dengan kamu segera membawa mobil kamu ke bengkel, dapat membantu kamu untuk mengurangi resiko yang akan terjadi. Karena biasanya kerusakan tersebut bisa terjadi pada alternator mobil suka di salah artikan sebagai kerusakan pada aki mobil. Dan biasanya kebanyakan bengkel justru malah mengganti aki mobil bukan malah memperbaiki alternator mobil yang rusak. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 5 Kendala Aki Mobil Baru Yang Sering Ditemui

#4: Alternator yang Rusak Lampu Sorotnya Meredup.

Walaupun lampu sorot bukan hal yang utama menjadi rusaknya alternator, tapi komponen ini bisa memberikan tanda sebuah peringatan kecil untuk kamu. 

Apabila kamu tidak memperhatikan peringatan kecil tersebut, akan berpengaruh pada kerusakan yang akan terjadi ke komponen lainnya serta akan menimbulkan masalah yang lebih besar lagi. Karena kerusakan mesin juga sangat berkaitan terhadap kenyamanan serta keamanan dari pengendara.

Beli mobil bekas yang sehat.

Buat para otofriends jangan sampai salah beli mobil bekas, memang mobil bekas itu lebih efisien dan lebih bisa sat-set dan nggak perlu nunggu STNK jadi baru bisa digunakan.

Tapi otofriends perlu menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector biar nggak salah beli mobil bekas. Dengan layanan inspeksi mobil Otospector kamu bisa memiliki keputusan yang tepat, mana mobil bekas yang bisa kamu pinang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Perawatan Mobil Penting yang Kerap Diabaikan

April 27, 2024
Mobil dengan kondisi prima bisa didapatkan bila Anda rutin melakukan service sesuai dengan anjuran perawatan. Wah, bila semuanya dilakukan bisa-bisa kantong jadi bolong bukan? Jalan tengahnya, orang pun kerap melakukan perawatan mobil sesuai dengan skala prioritas saja. Penggantian oli, aki, melakukan spooring dan balancing, atau pengecekan roda merupakan beberapa perawatan yang umum diutamakan. Lantas, perawatan
Baca Lebih Lanjut

Start 198juta, Update Harga Innova Reborn Bekas 2024

April 27, 2024
Meski bisa dibilang masih sangat stabil, namun di pasaran mobil bekas, harga mobil Innova Reborn bekas saat ini semakin terjangkau. Multi Purpose Vehicle (MPV) medium atau mobil keluarga yang semasa Kijang pernah dijuluki sebagai mobil sejuta umat ini, bahkan sekarang sudah ada yang dijual di bawah Rp200 jutaan. Buat yang mencari mobil keluarga, memang Innova
Baca Lebih Lanjut

Apa Sih, Fungsinya Oli Power Steering?

April 26, 2024
Fungsi oli power steering tentu sangatlah vital di dalam sistem powert steering dengan sistem hidrolis. Sayangnya, masih ada sebagian orang yang tidak melakukan perawatan dengan benar, sehingga kualitas oli sering terabaikan.  Oli power steering bisa sampai terabaikan, bisa jadi disebabkan karena pergantian oli ini memang dilakukan 40.000 km atau dua tahun sekali. Bagi pemilik mobil
Baca Lebih Lanjut