Jangan Dibeli Jika Melihat Altenator Mobil Rusak

Oktober 30, 2022
By Getan Metodius
Jangan Dibeli Jika Melihat Altenator Mobil Rusak-otospector

Dinamo ampere atau yang biasa disebut sebagai alternator merupakan salah satu komponen penting di dalam mobil. Alternator memiliki fungsi untuk menghasilkan arus listrik yang dapat digunakan oleh seluruh komponen mobil. Tidak hanya itu, alternator juga berfungsi untuk mengisi ulang aki sehingga daya aki tidak habis dan menjadi soak.

Mungkin selama ini Otofriends mengira bahwa listrik mobil berasal dari aki, bukan alternator. Hal itu tak sepenuhnya salah karena sebenarnya kedua komponen tersebut saling melengkapi. Tanpa alternator, aki mobil hanya bertahan beberapa menit saja. Sedangkan alternator tanpa aki tak akan bisa menyala dan menghasilkan arus listrik.

Karena perannya yang sangat penting, alternator mobil yang rusak bisa jadi masalah merepotkan. Jika Otofriends akan membeli mobil bekas, pastikan alternator mobil tersebut tidak rusak. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri alternator mobil rusak yang perlu Otofriends ketahui.

Ciri-ciri alternator mobil rusak atau melemah

#1: Tarikan Magnet Berkurang

magnet melemah pada altenator
Magnet Melemah Pada Altenator

Ciri alternator mobil rusak atau melemah yang paling jelas terlihat adalah saat tarikan magnet alternator mulai melemah. Otofriends bisa melakukan tes sederhana untuk mengetahui apakah alternator dalam kondisi baik atau tidak. Hal pertama yang perlu Otofriends lakukan adalah menyalakan mobil. Setelah itu, saat mobil masih dalam keadaan menyala, dekatkan besi pada alternator. Jika besi tersebut tertarik dengan kuat oleh magnet, maka alternator masih bagus. Namun jika tarikan magnet terasa lemah, berarti kondisi alternator mulai melemah.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Ini Dia 5 Indikasi Mobil Boros Bensin

#2: Lampu Indikator CHG Menyala

lampu indikator chg
Menyalanya Lampu CHG

Salah satu fungsi alternator adalah mengisi daya pada aki. Saat mesin mobil menyala dan alternator bekerja, maka aki akan secara otomatis terisi daya. Itulah mengapa aki bisa berumur panjang jika mobil rutin dinyalakan. Jika alternator mobil rusak atau mulai melemah, artinya arus listrik yang masuk ke dalam aki juga berkurang. Pada saat itulah indikator CHG akan menyala. Namun perlu Otofriends ketahui bahwa lampu indikator CHG yang menyala juga bisa menandakan ada masalah lain selain alternator.

#3: Terjadi Masalah Kelistrikan

terjadi masalah kelistrikan
Terjadi Masalah Kelistrikan Bertubi

Ciri alternator mobil rusak atau melemah yang selanjutnya adalah terjadi masalah kelistrikan. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa fungsi alternator adalah menghasilkan arus listrik untuk seluruh komponen mobil. Maka jika alternator mulai melemah atau rusak, dapat dipastikan akan terjadi masalah yang berhubungan dengan kelistrikan seperti lampu sorot yang meredup, AC tidak terasa dingin, suara klakson melemah, dan juga starter mobil menjadi sulit. Jika mobil yang akan Otofriends beli memiliki masalah ini, patut dicurigai bahwa kondisi alternator mobil tersebut tidak bagus.

Masalah dan kerugian jika alternator mobil rusak atau melemah:

Ada beberapa masalah yang akan Otofriends dapatkan jika membeli mobil dengan alternator yang lemah atau rusak. Pertama, mobil akan mogok saat dikendarai, bahkan tidak bisa dinyalakan. Jika alternator rusak parah dan tidak bisa mengisi daya listrik pada aki, maka aki hanya bisa bertahan beberapa menit saja. Bahkan aki bisa saja kehilangan tegangan yang membuatnya tidak bisa menyala saat mobil distarter.

Kedua, Otofriends harus siap merogoh dompet cukup dalam untuk mengganti alternator karena harga alternator tidak murah. Harga alternator bervariasi mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 3.000.000. Tentunya ini akan sangat merugikan Otofriends. Pentingnya juga memilih aki mobil terbaik agar kelistrikan mobil tetap prima.

Membeli mobil bekas memang harus teliti. Otofriends harus benar-benar memeriksa seluruh komponen mobil dan memastikan semuanya dalam kondisi baik. Jika Otofriends merasa tidak bisa melakukan pemeriksaan tersebut, Otofriends tak perlu khawatir. Otofriends bisa membeli mobil bekas di dealer rekanan Otospector.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 4 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Yang Sering Ditemui

Mobil bekas di dealer rekanan Otospector sudah memiliki sertifikat inspeksi dari Otospector. Mobil yang akan Otofriends dapatkan sudah dipastikan lulus inspeksi, bebas tabrakan besar, bebas terendam banjir, dan juga memiliki dokumen lengkap. Perlunya jasa inspeksi mobil bekas terpercaya agar bisa mendapatkan mobil bekas terbaik.

Bahkan Otofriends juga bisa mendapatkan garansi untuk 30 hari atau 1.500 KM. Jadi pastikan Otofriends membeli mobil bekas di tempat yang terpercaya seperti dealer rekanan Otospector. Jangan sampai Otofriends membeli mobil dalam kondisi yang tidak layak jual dan nantinya akan merugikan Otofriends sendiri.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Catat, Ini 5 Mobil Pintu Geser Dengan Harga Ekonomis

Maret 26, 2024
Meski di pasaran banyak tersedia pilihan jenis mobil, namun mobil pintu geser jadi favorit para penggemarnya. Pasalnya mobil jenis ini mampu memberi akses ke dalam mobil yang lapang. Begitu juga ketika sedang membawa mobil ini di tempat parkir. Sayangnya keberadaan mobil pintu geser identik dengan harga jual yang masih tinggi, seperti contohnya Toyota Alphard. Saat
Baca Lebih Lanjut

Ternyata Ini Arti Dari Lampu Indikator di Mobil

Maret 26, 2024
Ketika Kamu mengemudi, apa yang menjadi panduan Kamu untuk memahami kesehatan mobil? Salah satu cara paling gampangnya adalah lampu indikator yang ada di dashboard mobil pastinya. Lampu-lampu ini bukan hanya pernak-pernik aja, mereka merupakan sistem komunikasi penting antara mobil dan pengemudi. Lampu ini memberikan informasi vital tentang kesehatan dan juga kinerja mobil. Pada pembahasan kali
Baca Lebih Lanjut

Ini Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Maret 25, 2024
Tanda seal klep mobil perlu diganti, tentu harus dipahami oleh Otofriends agar bisa cepat melakukan penggantian. Sebab jika seal klep dibiarkan bocor, akibatnya mesin bisa rusak, bahkan bisa sampai turun mesin. Biaya perbaikan jadi semakin mahal. Seal klep memang komponen yang kecil, berbahan karet tahan panas, namun perannya begitu penting di dalam mekanisme kerja mesin.
Baca Lebih Lanjut