Jangan Dibeli Jika Melihat Altenator Mobil Rusak

Oktober 30, 2022
By Getan Metodius
Jangan Dibeli Jika Melihat Altenator Mobil Rusak-otospector

Dinamo ampere atau yang biasa disebut sebagai alternator merupakan salah satu komponen penting di dalam mobil. Alternator memiliki fungsi untuk menghasilkan arus listrik yang dapat digunakan oleh seluruh komponen mobil. Tidak hanya itu, alternator juga berfungsi untuk mengisi ulang aki sehingga daya aki tidak habis dan menjadi soak.

Mungkin selama ini Otofriends mengira bahwa listrik mobil berasal dari aki, bukan alternator. Hal itu tak sepenuhnya salah karena sebenarnya kedua komponen tersebut saling melengkapi. Tanpa alternator, aki mobil hanya bertahan beberapa menit saja. Sedangkan alternator tanpa aki tak akan bisa menyala dan menghasilkan arus listrik.

Karena perannya yang sangat penting, alternator mobil yang rusak bisa jadi masalah merepotkan. Jika Otofriends akan membeli mobil bekas, pastikan alternator mobil tersebut tidak rusak. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri alternator mobil rusak yang perlu Otofriends ketahui.

Ciri-ciri alternator mobil rusak atau melemah

#1: Tarikan Magnet Berkurang

magnet melemah pada altenator
Magnet Melemah Pada Altenator

Ciri alternator mobil rusak atau melemah yang paling jelas terlihat adalah saat tarikan magnet alternator mulai melemah. Otofriends bisa melakukan tes sederhana untuk mengetahui apakah alternator dalam kondisi baik atau tidak. Hal pertama yang perlu Otofriends lakukan adalah menyalakan mobil. Setelah itu, saat mobil masih dalam keadaan menyala, dekatkan besi pada alternator. Jika besi tersebut tertarik dengan kuat oleh magnet, maka alternator masih bagus. Namun jika tarikan magnet terasa lemah, berarti kondisi alternator mulai melemah.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Ini Dia 5 Indikasi Mobil Boros Bensin

#2: Lampu Indikator CHG Menyala

lampu indikator chg
Menyalanya Lampu CHG

Salah satu fungsi alternator adalah mengisi daya pada aki. Saat mesin mobil menyala dan alternator bekerja, maka aki akan secara otomatis terisi daya. Itulah mengapa aki bisa berumur panjang jika mobil rutin dinyalakan. Jika alternator mobil rusak atau mulai melemah, artinya arus listrik yang masuk ke dalam aki juga berkurang. Pada saat itulah indikator CHG akan menyala. Namun perlu Otofriends ketahui bahwa lampu indikator CHG yang menyala juga bisa menandakan ada masalah lain selain alternator.

#3: Terjadi Masalah Kelistrikan

terjadi masalah kelistrikan
Terjadi Masalah Kelistrikan Bertubi

Ciri alternator mobil rusak atau melemah yang selanjutnya adalah terjadi masalah kelistrikan. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa fungsi alternator adalah menghasilkan arus listrik untuk seluruh komponen mobil. Maka jika alternator mulai melemah atau rusak, dapat dipastikan akan terjadi masalah yang berhubungan dengan kelistrikan seperti lampu sorot yang meredup, AC tidak terasa dingin, suara klakson melemah, dan juga starter mobil menjadi sulit. Jika mobil yang akan Otofriends beli memiliki masalah ini, patut dicurigai bahwa kondisi alternator mobil tersebut tidak bagus.

Masalah dan kerugian jika alternator mobil rusak atau melemah:

Ada beberapa masalah yang akan Otofriends dapatkan jika membeli mobil dengan alternator yang lemah atau rusak. Pertama, mobil akan mogok saat dikendarai, bahkan tidak bisa dinyalakan. Jika alternator rusak parah dan tidak bisa mengisi daya listrik pada aki, maka aki hanya bisa bertahan beberapa menit saja. Bahkan aki bisa saja kehilangan tegangan yang membuatnya tidak bisa menyala saat mobil distarter.

Kedua, Otofriends harus siap merogoh dompet cukup dalam untuk mengganti alternator karena harga alternator tidak murah. Harga alternator bervariasi mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 3.000.000. Tentunya ini akan sangat merugikan Otofriends. Pentingnya juga memilih aki mobil terbaik agar kelistrikan mobil tetap prima.

Membeli mobil bekas memang harus teliti. Otofriends harus benar-benar memeriksa seluruh komponen mobil dan memastikan semuanya dalam kondisi baik. Jika Otofriends merasa tidak bisa melakukan pemeriksaan tersebut, Otofriends tak perlu khawatir. Otofriends bisa membeli mobil bekas di dealer rekanan Otospector.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 4 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Yang Sering Ditemui

Mobil bekas di dealer rekanan Otospector sudah memiliki sertifikat inspeksi dari Otospector. Mobil yang akan Otofriends dapatkan sudah dipastikan lulus inspeksi, bebas tabrakan besar, bebas terendam banjir, dan juga memiliki dokumen lengkap. Perlunya jasa inspeksi mobil bekas terpercaya agar bisa mendapatkan mobil bekas terbaik.

Bahkan Otofriends juga bisa mendapatkan garansi untuk 30 hari atau 1.500 KM. Jadi pastikan Otofriends membeli mobil bekas di tempat yang terpercaya seperti dealer rekanan Otospector. Jangan sampai Otofriends membeli mobil dalam kondisi yang tidak layak jual dan nantinya akan merugikan Otofriends sendiri.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Pilihan Mobil Yang Cocok Untuk Campervan

Mei 27, 2024
Agak berbeda dengan mobil-mobil biasa, mobil untuk campervan memang punya spesifikasi sendiri. Yang terutama, tentu saja mobil harus punya ruang yang cukup luas. Harus bisa menampung seluruh keluarga serta barang-barang bawaan selama liburan di alam terbuka. Selain itu, mobil juga tetap memiliki fitur-fitur kenyamanan seperti AC dan sistem audio. Mesinnya juga harus kuat dan harus
Baca Lebih Lanjut

5 Tanda Shockbreaker Mobil Bermasalah

Mei 25, 2024
Seringkali orang tidak menyadari, selain menunjang kenyamanan, shockbreaker mobil juga berperan besar dalam keselamatan berkendara. Sebab kondisi shockbreaker pada dasarnya juga berpengaruh pada pengendalian (handling) saat mobil berjalan. Jadi kalau komponen ini bermasalah, risiko kecelakaan juga akan membesar. Istilah shockbreaker sendiri masih terlalu umum. Komponen ini sebenarnya ada dua jenis yakni shock absorber dan strut.
Baca Lebih Lanjut

Pengertian 10 Lampu Indikator Yang Ada Di Mobil

Mei 24, 2024
Salah satu ciri dari mobil-mobil modern adalah adanya sensor-sensor atau lampu indikator mobil di cluster meter dashboard. Indikator-indikator ini berfungsi sebagai peringatan jika ada suatu masalah pada sistem atau komponen tertentu di kendaraan. Harapannya, pengemudi akan segera waspada dan menyelesaikan masalahnya. Masalahnya, tidak semua pengemudi paham arti dari lampu indikator mobil yang berbentuk ikon itu.
Baca Lebih Lanjut