Cara Mencegah Maling Pecah Kaca Mobil

Agustus 16, 2023
By Getan Metodius
Cara Mencegah Maling Pecah Kaca Mobil-otospector

Tidak hanya di Jakarta, banyak tempat atau kota lainnya di Indonesia tidak luput dari bahaya. Termasuk halnya bahaya pencurian atau maling yang mengambil barang berharga di mobil dengan cara memecahkan kaca saat mobil terparkir. Kita perlu tahu Otofriends, diketahui 60 persen bagian dari mobil merupakan kaca mobil, jadi jangan biarkan barang dengan mudah terlihat.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Tidak kejahatan atau pencurian modus pecah kaca mobil saat ini kembali marak terjadi. Karena aksi nekatnya ini, pelaku kejahatan sebetulnya memanfaatkan momen ketika mobil terparkir, lingkungan cenderung sepi dan lain sebagainya. Ketika pelaku merasa aman, pelaku akan dengan mudah memecahkan kaca mobil dan mengambil barang-barang berharga di mobil korban.

Meskipun rata-rata kejahatan pecah kaca mobil ini lebih sering terjadi siang hari kaca mobil jadi lebih terlihat jelas. Simak beberapa cara untuk mencegah maling pecah kaca mobil berikut ini.

#1: Parkir di lokasi yang aman.

parkiran secure parking

Sumber: wartamagelang

Begini Otofriends, memang kadang karena satu dan dua hal kita tidak dapat memarkir mobil di tempat parkir yang aman seperti secure parking. Namun, jika seperti ini kondisinya, kita perlu mencari tempat lokasi parkir mobil seperti pinggir jalan, usahakan ditempat itu sudah ada beberapa mobil lainnya terparkir atau ada juru parkir yang menjaga lokasi tersebut.

Jangan ambil risiko kita sebagai pemilik mobil untuk memilih lokasi parkir mobil yang sepi di siang hari, atau yang lebih berbahaya parkir mobil di tempat yang gelap saat malam hari. Ingat, parkir di tempat yang cukup ramai ya Otofriends.

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Debt Collector Asli dan Palsu

#2: Disarankan tidak tutup kaca yang rapat.

kaca tidak ditutup rapat

Suber: car-glass.co.id

Aksi pencurian dengan modus memecahkan kaca mobil itu biasanya menggunakan pecahan busi. Dengan kita tidak menutup kaca secara penuh atau sekitar 1 cm sebagai jalur sirkulasi udara bisa mengantisipasi pencurian dengan modus seperti ini. Ketika kaca tertutup rapat, kaca akan lebih mudah rapuh karena terhimpit dengan dua sisi, bawah dan atas kaca mobil, ketika benturan benda tajam, kaca akan mudah retak. 

#3: Jangan taruh barang berharga terang-terangan di kursi.

taruh barang dalam mobil

Sumber: Tabloid Nova Grid.id

Satu hal yang perlu kamu ketahui Otofriends, pencuri modus pecah kaca itu akan melihat dengan mudah jika barang mudah terlihat dari luar. Usahakan menaruh barang yang berharga tidak mudah terlihat, misalnya dimasukan pada tempat penyimpanan yang ada di mobil, seperti contoh glove box, dan lainnya, agar sulit terlihat dari luar. Simpan barang di tempat aman jadi salah satu antisipasi aktif kita pemilik kendaraan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Usahakan pakai kaca film terbaik.

kaca film mobil

Sumber: suarasurabaya.net

Penting untuk memilih kaca kaca film yang tepat, bukan hanya sekedar menggunakan kaca film saja, tetapi perlu diketahui kadar yang direkomendasikan. Catat, penting untuk pemilik mobil untuk memilih kaca mobil yang terang dari dalam dan sulit terlihat dari luar mobil, serta juga tidak mengganggu visibilitas sebagai pengemudi.

#5: Pakai pengaman mobil ganda.

pengaman mobil

Sumber: cdn.jdpower.com

Begini, meskipun mobil kita sudah ada sensor atau alarm bawaan dari dealer mobil, namun tidak ada salahnya memasang alat pengaman atau sensor tambahan atau juga alarm ganda.

Seperti halnya menambahkan electrical cut-off, teknologi ini juga dirasa perlu untuk mobil-mobil yang memang belum mendapatkan fitur Immobilizer untuk bisa mencegah mobil dibawa perlu oleh pelaku kejahatan yang sengaja ingin mencuri mobil, bukan hanya sekedar mengambil barang berharga di dalam mobil.

Baca juga: Inilah Perkiraan Biaya Perbaikan Kaki-kaki Mobil

beli mobil bekas di tokopedia

Antisipasi pribadi sebagai pencegahan pelaku pencurian pecah kaca:

Kita sebagai pemilik mobil harus cerdas dan juga cermat, pasalnya pencurian itu bisa terjadi karena si korban juga lalai dan cenderung abai akan barang bawaannya. Jaga kendaraan untuk tetap aman, parkir di tempat yang resmi, jika tidak memungkinkan lakukan beberapa tips di atas.

Untuk kamu yang ingin membeli mobil bekas, jangan lupa manfaatkan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk mendapatkan mobil terbaik. Jangan salah beli mobil hanya karena harga murah, pastikan sudah terinspeksi dan bergaransi Otospector.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Perlukah Mobil Dipasangi Anti Karat?

Desember 19, 2023
Si karat ini emang bikin keki ya otofriends, nggak di barang-barang rumah, di mobil apalagi. Mobil bisa jadi lebih buruk penampilannya, serta karat bisa membuat komponen tersebut jadi rusak lebih cepat. Kalau hal ini dibiarin, bisa membuat mobil lebih cepat rusak dan juga keropos otofriends. Untuk itu, menggunakan pelapis anti karat bisa jadi jalan keluar
Baca lebih lanjut

Harga Avanza 2018 Bekas Mulai Rp145 Jutaan

Desember 19, 2023
Harga Avanza 2018 tetap meraja, maka tak salah kalau dikatakan Toyota Avanza adalah mobil sejuta umat. Popularitas mobil ini tetap tinggi, bahkan sampai hari ini atau 20 tahun sejak peluncuran pertama kali pada Januari 2004. Toyota Avanza tahun 2018 termasuk di dalam Toyota Avanza Generasi kedua. Pada generasi ini, Avanza mengalami peningkatan dan perubahan, baik
Baca lebih lanjut

Catat Nih, 7 Penyebab Setir Mobil Terasa Berat

Desember 17, 2023
Salah satu kondisi menyiksa saat berada di jalanan adalah setir mobil yang mendadak terasa berat. Apalagi jika ditambah bunyi-bunyian tidak biasa yang asalnya dari lingkar kemudi. Bagi sang pengemudi kondisi semakin menyebalkan tatkala mereka sedang berkendara di tengah kemacetan lalu-lintas. Di tengah situasi yang butuh kenyamanan, justru diperlukan tenaga ekstra hanya untuk menggerakkan lingkar kemudi.
Baca lebih lanjut