Begini Cara Mengetahui Debt Collector Asli dan Palsu

Agustus 13, 2023
By Thomas W
Begini Cara Mengetahui Debt Collector Asli dan Palsu-otospector

Debt collector adalah orang yang ditugaskan oleh pihak leasing untuk menagih atau menarik kembali kendaraan yang dibeli oleh debitur kredit jika terjadi pada debitur kredit macet. Debt collector yang memiliki panggilan unik dengan kata “mata elang” ini merupakan salah satu bagian dari perusahaan pembiayaan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Debt collector biasanya beroperasi sesuai aturan dan etika yang berlaku, serta memiliki surat tugas resmi dari pihak leasing. Namun, belakangan ini muncul fenomena debt collector palsu yang berkedok sebagai debt collector asli untuk melakukan aksi penipuan atau kejahatan.

Salah satu contoh kasus debt collector palsu terjadi pada Juli 2023 di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Seorang pemilik Honda Vario 150 yang hendak berangkat kerja tiba-tiba diberhentikan oleh dua orang yang mengaku sebagai debt collector. Pelaku mengambil surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan menyuruh korban ikut ke kantor.

Namun, di tengah jalan, pelaku yang ternyata adalah begal motor menjatuhkan korban ke trotoar dan kabur membawa pemilik motor. Korban yang merasa tidak pernah kredit motor atau menunggak cicilan melaporkan kejadian tersebut ke polisi dan media sosial.

Kasus seperti ini tentu sangat merugikan dan mengganggu debitur kredit yang taat membayar cicilan. Lalu, bagaimana cara membedakan debt collector asli dan palsu agar tidak tertipu atau menjadi korban? Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

#1: Pastikan Ada Pemberitahuan dari Pihak Leasing Sebelumnya

Jika Otofriends adalah debitur kredit yang lancar membayar cicilan, maka tidak ada alasan bagi pihak leasing untuk mengirimkan debt collector.

Jika ada tunggakan cicilan, maka biasanya pihak leasing akan memberikan toleransi dan menghubungi Anda terlebih dahulu melalui telepon atau SMS untuk memberitahu status kredit Anda dan memberikan solusi.

Jika tiba-tiba ada orang yang mengaku sebagai debt collector tanpa ada pemberitahuan dari pihak leasing, maka bisa dipastikan itu adalah debt collector palsu.

Baca juga: Begini Nih, Cara Menghitung Kredit Mobil Bekas

#2: Mintalah Surat Tugas Resmi dari Pihak Leasing

Debt collector asli harus memiliki surat tugas resmi dari pihak leasing yang memberikan kewenangan untuk menagih atau menarik kendaraan Anda.

Surat tugas tersebut harus mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, dan logo perusahaan leasing, serta nama dan nomor identitas debt collector.

Jika orang tersebut tidak bisa menunjukkan surat tugas atau surat tugasnya terlihat mencurigakan, seperti ada kesalahan penulisan atau data yang tidak sesuai, maka bisa dipastikan itu adalah debt collector palsu.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Hubungi Pihak Leasing untuk Memastikan Kebenaran Debt Collector

Jika Otofriends masih ragu dengan orang yang mengaku sebagai debt collector, maka hubungilah pihak leasing untuk memastikan kebenaran debt collector tersebut.

Anda bisa menanyakan nama, nomor identitas, dan nomor telepon debt collector, serta alasan dan tujuan penagihan atau penarikan kendaraan Anda.

Jika pihak leasing tidak mengetahui atau tidak mengirimkan debt collector tersebut, maka bisa dipastikan itu adalah debt collector palsu.

#4: Laporkan ke Polisi Jika Terjadi Intimidasi atau Kekerasan

Debt collector asli tidak boleh menggunakan cara-cara intimidasi atau memaksa dan melakukan tindak kekerasan untuk menagih atau menarik kendaraan Anda. Debt collector asli harus bersikap sopan, profesional, dan menghormati hak-hak Anda sebagai debitur kredit.

Jika Anda merasa diancam, dipaksa, atau dianiaya oleh debt collector, baik asli maupun palsu, maka Anda berhak melaporkan kejadian tersebut ke polisi untuk mendapatkan perlindungan hukum.

Baca juga: Mau Kredit Mobil Bekas? Pahami Dulu Aturan-aturannya

beli mobil bekas di tokopedia

Apakah harga mobil bekas mencerminkan kondisinya?

Tentu kondisi mobil tidak bisa dilihat dari harga penawaran saja. Teteap harus ada pengecekan atau inspeksi oleh tenaga profesional dan independen.

Untuk mengetahui kondisi sebuah mobil bekas, Otofriends bisa meminta jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur pemeriksaan di 150 titik serta dilakukan oleh tenaga profesional, Otofriends dijamin akan memperoleh gambaran menyeluruh tentang sebuah mobil bekas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Simak! Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Maret 22, 2024
Seperti yang kita ketahui bahwasanya Mobil Hybrid saat ini sudah menjadi sorotan di kalangan dunia otomotif karena klaim efisiensinya. Karena mobil Hybrid ini sudah ramah lingkungan dan juga hemat bahan bakar, akan tetapi masih perlu kita soroti kelebihan dan kekurangan dari mobil Hybrid ini Otofriends. Berikut ini adalah kelebihan dari mobil Hybrid. #1: Irit atau
Baca Lebih Lanjut

Waspada! Ini Akibatnya Jika Mobil Sering Terkena Air Hujan

Maret 20, 2024
Banyak sekali pemilik mobil yang cuek mengenai bahayanya air hujan untuk mobil. Contohnya adalah seperti terlalu sering membiarkan air hujan mengering sendiri pada bagian bodi mobil dan tidak segera membersihkannya atau juga tidak segera mengelap dan tidak pula mencuci mobilnya. Walaupun cuma hanya terkena air hujan, jika dibiarkan begitu saja akan menjadi kebiasaan serta dapat
Baca Lebih Lanjut

Cara Atasi Ngantuk Berkendara Saat Berpuasa

Maret 20, 2024
Cara atasi ngantuk berkendara memang ada beragam cara. Namun karena situasinya sedang berkendara, saat mempraktikkannya tentu Otofriends dituntut untuk selalu berhati-hati dan menyesuaikan kondisi sekitar. Jangan sampai malah makin membahayakan perjalanan. Pengemudi yang merasa ngantuk saat berkendara memang bakal menghadapi situasi yang rawan bahaya. Apalagi kalau sampai pengemudi ketiduran sejenak atau istilahnya microsleep. Jika tertidur
Baca Lebih Lanjut