7 Penyebab Kenapa AC Mobil Tidak Dingin

Januari 05, 2023
By Thomas W
7 Penyebab Kenapa AC Mobil Tidak Dingin-otospector

Pada mobil-mobil baru alias mobil yang usia pakainya di bawah tiga tahun, kinerja AC mobil umumnya tidak akan pernah bermasalah. Akan tetapi seiring usia dan pemakaian kendaraan, biasanya akan timbul masalah pada AC. Masalah pertama yang paling sering dikeluhkan penumpang adalah AC kurang dingin. Naik mobil jadi kurang nyaman, karena kegerahan.

Bukan cuma sekadar gagal mendinginkan kabin, sistem pendingin kabin mobil ini malah bisa saja cuma keluar angin. Beberapa kasus bahkan AC sampai mengeluarkan suhu panas yang justru malah membuat kabin terasa sumpek dan tidak nyaman.

Masalah AC memang sering bikin sebel. Nah, agar Otofriends bisa mengatasi permasalahan AC mobil tidak dingin, sebaiknya diketahui penyebabnya. Simak 8 penyebab AC tidak dingin dan solusinya:

Aplikasi OTOS - Jual Beli Mobil Bekas

#1: Freon Habis

Freon AC mobil
Freon AC

Pada prinsipnya, AC bekerja dengan menyerap udara panas dan menyemburkan udara dingin. Jika freon yang tugasnya membuat udara menjadi dingin ini ternyata habis, maka yang keluar hanya angin bersuhu biasa.

Freon bisa habis karena berbagai sebab. Seperti tekanan AC berlebihan, kerusakan magnetif clutch, saluran pembuangan air tersumbat, extra fan mati, atau drive belt putus.

Karena sering jadi penyebab AC tidak dingin, maka biasanya mekanik akan mengecek freon terlebih dahulu jika memang ada keluhan. Jika memang freon habis, maka Otofriends bisa mengisi ulang di bengkel AC langganan sambil mengecek kemungkinan penyebab freon bocor.

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Seputar Filter AC Mobil

#2: Kondensor Kotor

Kondensor AC mobil
Kondensor AC mobil

Pada sistem AC, kondensor bertugas membuang suhu panas yang dilepaskan kompresor. Untuk bekerja baik, kisi-kisi halus pada kondensor harus dalam kondisi baik, tidak boleh kotor atau rusak.

Kondensor bisa kotor akibat debu jalan yang menempel atau kotoran saat lewat jalanan kotor sehabis hujan. Agar bagian ini tidak kotor, Otofriends harus rutin membersihkan kotoran yang menumpuk agar tidak timbul penyumbatan.

#3: Kompresor Rusak

Kompresor AC mobil
Kompresor AC mobil

Ibarat jantung, kompresor AC mobil bertugas memompa freon atau refrigeran. Piston dalam kompresor bekerja mengalirkan freon ke seluruh sistem AC.

Kompresor jadi ngadat bisa karena banyak sebab. Misalnya banyak kotoran, pipa saluran tersumbat, ketegangan berlebih akibat bocornya freon, ukuran pipa saluran yang salah, masalah kelistrikan, dan oli pelumasnya tidak memadai.

Sejauh ini kotoran jadi penyebab utama. Sekiranya kondensor bersih, tapi AC tetap tidak dingin, maka bisa dipastikan kompresor kotor. Cirinya adalah sight glass berwarna hitam. Ini artinya receiver dryer atau expansion valve tersumbat kotoran.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Ekstra Fan Mati

Ekstra Fan AC mobil
Ekstra fan AC mobil

Matinya ekstra fan akan mempengaruhi proses kondensasi atau proses yang penurunan suhu di dalam kondensor. Cirinya bisa terlihat dari embusan angin AC yang lemah atau penambahan ke suhu tinggi tidak berhasil menambah dingin.

Ekstra fan bisa bermasalah karena kondisi freon yang tidak sehat, kompresor kehilangan tekanan, sekring mobil putus, relay rusak, kerusakan pada saklar, motor atau dinamo kipas AC rusak, extra fan terlalu berdebu, atau jarak radiator dengan kondensor terlalu dekat.

Sebenarnya ekstra fan juga bisa rusak karena usia pakai. Biasanya di atas jarak tempuh 70.000 km, ekstra fan sudah bermasalah, meski ada juga yang kurang dari angka itu.

#5: Evaporator Tersumbat

Evaporator Ac mobil
Evaporator AC mobil

Debu atau kotoran yang menempel pada evaporator akan membuat aliran udara dari blower menjadi terhambat. Jika aliran udara sudah terhambat, sirkulasi AC juga jadi terganggu.

Adanya debu dan kotoran yang masuk ke evaporator memang wajar, akibat terisap blower. Karena itu, Otofriends harus selalu rutin membersihkannya.

#6: Fan Belt putus

Fan belt
Fan belt

Fan belt ini berfungsi meneruskan tenaga putaran dari mesin ke kompresor AC, selain ke alternator, kipas radiator dan juga water pump. Jika fan belt putus, maka tentu kompresor AC tidak bekerja, begitu juga dengan peralatan lain.  

Sebenarnya fan belt perlu diganti rutin dengan usia pemakaian sekitar 40.000 km. Kerusakan fan belt juga bisa diketahui dari bunyinya yang mendecit. Jika kondisi permukaannya sudah retak-retak atau rusak juga harus segera diganti, karena dikhawatirkan akan putus saat di jalan.

#​​​​​​​7. Thermistor Rusak

Thermistor
Thermistor

Thermistor atau thermo dan resistor berfungsi mengirimkan sinyal kepada kompresor untuk berhenti bekerja saat suhu kabin mobil sudah mencapai temperatur sesuai pengaturan pada AC.

Jika thermistor rusak maka tidak akan ada sinyal yang dikirimkan ke kompresor. Tentu kompresor bakal terus menerus bekerja hingga evaporator beku. Kondisi ini akan menyebabkan AC mobil hanya akan keluar angin tapi tidak dingin.

Baca juga: Mau Servis AC Mobil? Pahami Dulu Cara Kerjanya

beli mobil bekas di tokopedia

Bagaimana cara memastikan kondisi AC mobil dari mobil bekas yang mau kita beli?

AC mobil adalah salah satu perangkat di dalam kendaraan yang selalu digunakan sepanjang perjalanan, karena itu alat ini juga membutuhkan perawatan berkala. Jika pemilik mobil lalai melakukannya, sangat mungkin kinerja AC mobil tidak akan maksimal. Padahal sekilas AC mobil mungkin terlihat “baik-baik” saja.

Agar Otofriends mendapat kepastian tentang kinerja AC mobil, jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Kinerja AC mobil termasuk salah satu yang diperiksa dengan cermat oleh inspektor yang berpengalaman.

Selain itu sebagai jasa inspeksi yang independen, laporan hasil pemeriksaan Otospector dapat menjadi referensi terpercaya dalam membeli mobil bekas berkualitas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Perbedaan Rem ABS dan Non ABS

Maret 05, 2024
Seringkali orang merasa perlu cari tahu soal perbedaan rem ABS dengan Non ABS. Biasanya ini dilakukan oleh calon pembeli yang sedang mencari-cari mobil dengan membandingkan fitur-fiturnya. Soalnya fitur rem ABS maupun non ABS bisa sama-sama didapati di mobil dengan merek dan model yang sama. Perbedaan rem ABS dan non ABS memang bukan cuma soal kelengkapan
Baca Lebih Lanjut

Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Maret 05, 2024
Niat pemilik mobil untuk memperbarui tampilan warna mobil, sering terkendala soal ketidaktahuan biaya cat mobil. Berapa biaya pengecatan per panel? Berapa biaya pengecatan full body? Cat apa yang bagus? Dan pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Memang biaya cat mobil sangat dipengaruhi banyak faktor. Bisa dari jenis cat, banyaknya bagian yang dicat, full bodi atau hanya per panel,
Baca Lebih Lanjut

5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia 2024

Maret 05, 2024
Dari sejumlah merek ban mobil yang beredar di Indonesia, ada beberapa merek ban yang layak diberi penghargaan sebagai ban mobil terbaik. Kita bahas merk ban mobil terbaik, atau yang penasaran tentang rekomendasi merk ban mobil terbaik di Indonesia. Bukan hanya soal teknologi yang dipakai dalam pengembangan produknya, namun bagaimana ban tersebut juga mampu menjawab kebutuhan
Baca Lebih Lanjut