Klik disini untukJual Mobil Anda

Beli Mobil Pick Up Bekas Wajib Jalani 5 Hal Ini

Februari 21, 2022
By Thomas W
Beli Mobil Pick Up Bekas Wajib Jalani 5 Hal Ini-otospector

Wajar jika mobil pick up bekas masih jadi favorit untuk dijadikan pilihan kendaraan niaga. Pengusaha yang bisnisnya berkenaan dengan angkut-mengangkut barang tentu memerlukannya. Apalagi jika bisnis masih dalam tahap-tahap awal, di mana anggaran harus diatur sangat ketat.

Membeli mobil yang baru tentu akan memuaskan, namun bukan berarti mobil pick up bekas tidak ada yang kondisinya baik. Terutama jika sebelumnya mobil tersebut tidak bekerja berat, mendapat perawatan yang baik, serta usianya tidak terlalu tua.

Agar tidak bingung saat membeli mobil pick up bekas, Otofriends harus memperhatikan 5 hal ini:

#1: Sesuaikan Dengan Kebutuhan

5 Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Beli Mobil Pick Up Bekas

Tentu saja pilihan mobil pick up bekas harus disesuaikan dengan kebutuhan dan medan jalan yang akan dilewati. Apakah mobil hanya akan dipakai di perkotaan dengan jalan relatif datar dan beban tidak terlalu berat. Atau mobil dipakai di pedesaan dengan medan menanjak dan jalan kurang mulus.

Untuk daerah perkotaan dengan beban yang normal, bisa dipilih mobil dengan bak yang luas dan bermesin bensin. Contoh Daihatsu Gran Max atau Suzuki Carry.

Namun jika mobil akan banyak beroperasi di pedalaman dengan medan yang bervariasi serta muatan yang berat, maka dibutuhkan mobil tangguh, torsi besar, dan bermesin diesel. Contoh Mitsubishi L300.

#2: Periksa Mesin

Inspeksi mobil

Mobil pick up pada umumnya akan menjadi mobil operasional dan sehari-hari bekerja keras. Salah satu yang harus dipastikan, mesin harus dipastikan dalam kondisi baik dan bekerja secara prima.

Untuk memastikan kondisi mesin dan performanya, Otofriends bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur pemeriksaan mendetail pada 150 titik dan tenaga inspektor profesional, hasil inspeksi akan dapat memberi Otofriends gambaran secara objektif.

Pemeriksaan ini amat penting agar nantinya permasalahan mesin tidak menjadi persoalan yang mengganggu operasional usaha dan bisnis.

Aplikasi OTOS

Baca juga: Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Berapa Ya Umur Mobil Layak Pakai?

#3: Pemeriksaan Sasis

Sasis Mobil Juga Mempengaruhi Keselamatan, Ini 4 Faktanya

Pemeriksaan sasis menjadi penting karena menjadi salah satu indikator tentang perawatan bodi kendaraan. Cara pengecekannya juga tidak sulit, karena langsung dilihat bawah bak pick up.

Tujuan pemeriksaan adalah memastikan tidak ada bagian kendaraan yang keropos, bengkok, atau berkarat.

Sekiranya bagian sasis ada kekurangan, maka dapat dipastikan durabilitasnya juga akan berkurang. Karena salah satu tulang punggung mobil pick up terletak pada bagian sasis.

#4: Pengecekan Suspensi

Sasis mobil

Biasanya mobil-mobil pick up akan menggunakan suspensi belakang jenis per daun. Suspensi jenis ini memang sangat kuat dan dapat menahan beban berat. Pastikan anting per atau pegangan dan juga shockbreaker dalam kondisi yang baik.

Sedangkan suspensi depan biasanya per keong. Pengecekan yang paling gampang adalah dengan melihat kebocoran. Jika ada rembesan cairan, maka sebaiknya per diganti.

Pengecekan per keong juga bisa dilakukan dengan menekan bagian atas roda atau saat melewati gundukan. Bila ayunan lebih dari satu kali, menandakan sokbreker telah lemah.

#5: Pemeriksaan Kondisi Bak

Boleh Disimak, Ini Harga Mobil Carry Baru Dan Bekas

Bagian mobil yang juga wajib dicermati dengan benar adalah bak. Karena bak nantinya akan membawa bermacam barang sehingga dipastikan mampu berfungsi dengan baik.

Biasanya problem bak adalah karat dan keropos. Sebaiknya hindari dua kondisi ini, karena biasanya nanti akan merembet dan semakin membesar.

Pada mobil pick up bekas, bak yang baret atau sedikit penyok, bisa dimaklumi mengingat fungsinya memang mengangkut barang. Asalkan masih bisa diperbaiki dengan servis ringan, maka tidak masalah.

Jual Santai Otospector

Baca juga: Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Berapa Ya Umur Mobil Layak Pakai?

Bagaimana memilih mobil pick up bekas yang kondisinya masih tergolong layak untuk bisnis dan usaha?

Pada umumnya mobil pick up dipergunakan untuk kendaraan operasional dengan beban kerja yang cukup berat. Tentu saja dalam memilih unit bekasnya, ada baiknya Otofriends mengetahui peruntukan mobil tersebut dari pemakai sebelumnya.

Akan lebih baik jika mobil pick up tersebut masih tergolong baru, dirawat dengan prosedur yang benar, dan tidak dipakai untuk pekerjaan yang terlalu berat. Mobil-mobil semacam ini biasanya dijual karena memang faktor terdesak.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Ini Dia 5 Rekomendasi SUV Bekas Harga Maksimal 150 Juta

Oktober 07, 2019
Saat ini,  mobil jenis SUV masih menjadi salah satu segmen di industri otomotif yang terus mendapat respon baik dari masyarakat. Kondisi jalan serta alam Indonesia, rupanya membuat SUV menjadi kebutuhan dari masyarakat. Hanya saja, perlu diingat bahwa mobil bekas SUV biasanya dijadikan kendaraan “operasional” sehari-hari. Dia bekerja keras dan biasanya seluruh kemampuannya benar-benar dimaksimalkan. Karena
Baca lebih lanjut

Beli Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil? Cek Dulu 5 Faktanya!

Oktober 05, 2019
Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih mobil bekas adalah orisinalitas. Itulah sebabnya, mobil yang masih dalam kondisi orisinil sedari baru, akan bernilai lebih dibanding mobil yang sudah dimodifikasi. Bahkan, jaminan orisinalitas ini kadang ditampilkan dalam iklannya. Biasanya, semakin tua usia mobil, peluang untuk dilakukan modifikasi juga akan semakin besar. Entah, hanya berupa aksesoris,
Baca lebih lanjut

Mobil Hatchback Bekas Di Bawah 100 Juta? Ini Rekomendasinya

September 29, 2019
Mobil hatchback selama ini dikenal sebagai mobil yang kompak, gesit, namun soal gaya dan performa tidak kalah dengan mobil-mobil pada segmen lainnya. Boleh dibilang, inilah mobil yang cocok dipergunakan untuk kawasan perkotaan. Dengan karakteristiknya, hatchback umumnya dipergunakan oleh mereka yang sehari-harinya aktif dan tetap trendy. Contohnya, mahasiswa, eksekutif muda, bahkan ibu-ibu yang sehari-hari sibuk mengurus
Baca lebih lanjut