Klik disini untukJual Mobil Anda

4 Bahan Ini Ampuh Menghilangkan Baret Kaca Mobil

Mei 24, 2022
By Thomas W
4 Bahan Ini Ampuh Menghilangkan Baret Kaca Mobil-otospector

Cara menghilangkan baret kaca mobil selalu jadi pembahasan menarik di kalangan para pecinta mobil. Pasalnya, kaca mobil termasuk komponen vital yang berpengaruh terhadap visibilitas pengemudi. Jika ada gangguan pada kaca, maka mengemudi juga akan terasa lebih sulit. Keselamatan penumpang juga bisa terancam.

Perlu disadari, baret pada kaca bisa disebabkan berbagai penyebab. Sejauh ini penyebab yang umum adalah gesekan karet wiper yang sudah keras. Apalagi jika kaca dalam kondisi kotor atau berdebu.

Namun Otofriends jangan terlalu khawatir, karena setidaknya ada 4 bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan baret kaca mobil, sesuai dengan rekomendasi dari Otospector:

#1: Kompon

Menghilangkan Baret Mobil Bisa Dengan 4 Cara Ini

Bahan ini termasuk mudah ditemui di berbagai toko perlengkapan mobil. Hasilnya juga cukup efektif untuk menghilangkan baret kaca mobil.  

Namun sebelum pemakaian harus dipahami, kompon adalah bahan kimia yang bekerja dengan cara mengikis permukaan benda. Bentuknya seperti krim lembut, warnanya putih.

Cara pemakaiannya, bersihkan permukaan kaca dengan lap bersih. Oleskan kompon dengan spons. Pastikan seluruh permukaan yang baret sudah tertutup kompon. Baru kemudian gosok pelan-pelan dengan lap microfiber.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Inilah Pembagian 4 Kaca Film Mobil Sesuai Fiturnya

#2: Cerium Oxide

 4 Bahan Ini Ampuh Menghilangkan Baret Kaca Mobil

Alternatif dari kompon yang cukup efektif adalah cerium oxide (serium oksida). Bentuknya serbuk berwarna kekuningan dan berfungsi sebagai pemoles kaca.

Cara pakainya, pertama bersihkan bagian kaca yang baret. Kemudian basahi permukaan kaca dan amplas secara perlahan serta merata.

Buatlah cairan cerium oxide dengan mencampurkan bahan ini dengan air hingga mengental. Campuran ini kemudian digunakan untuk memoles kaca menggunakan kuas atau kain lembut.

Cara menggosok cukup perlahan-lahan sambil ditekan. Terakhir, bersihkan permukaan kaca dengan kain lembut yang bersih.

#3: Ammonia

 4 Bahan Ini Ampuh Menghilangkan Baret Kaca Mobil

Sama seperti bahan-bahan sebelumnya, Ammonia juga merupakan bahan kimia. Bisa didapat di toko bahan kimia atau apotik.

Cara pemakaiannya gampang yakni campurkan ammonia dengan air hingga rata. Dengan menggunakan alat pemoles atau kain bersih, aplikasikan cairan tersebut pada permukaan kaca yang baret.  

Gosok pelan-pelan kaca mobil yang baret sambil ditekan-tekan. Diamkan beberapa saat, baru kemudian bersihkan.

#4: Pasta Gigi  

Catat, Ini 6 Alat Dan Bahan Pembersih Dashboard Mobil

Jika semua bahan tadi terasa sulit didapat, cukup gunakan pasta gigi yang mudah didapatkan di toko atau rumah kita. Pilih pasta gigi dengan bahan pemutih (biasanya mengandung carbamide peroxide atau hidrogen peroksida).

Dengan kuas atau kain lembut, aplikasi pasta gigi pada kaca mobil yang baret. Diamkan sebentar sampai agak mengering baru bilas dengan air.

Jika dirasa kurang bersih, ulangi sampai beberapa kali.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Kaca Mobil Berembun, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Bagaimana cara mencegah agar kaca mobil tidak mengalami baret?

Kuncinya tentu dengan melakukan perawatan kaca dengan benar. Caranya mudah yakni cukup mengecek kondisi karet wiper secara rutin, minimal enam bulan sekali. Jika karet sudah terasa kasar atau keras, segeralah diganti.

Perawatan berikutnya yang tak kalah penting tentu saja menjaga kebersihan kaca dari debu dan kotoran. Meski karet wiper masih berfungsi dengan baik, namun jika kaca penuh kotoran, maka berisiko membuat kaca tergores.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya