Waspada! Ini Ciri Bensin Oplosan!

April 08, 2024
By Getan Metodius
Waspada! Ini Ciri Bensin Oplosan!-otospector

Hayo siapa nih di antara kalian yang masih bingung membedakan bensin oplosan dengan bensin yang asli? Kali ini kita akan membahasnya, agar kamu dan mobil kamu terhindar dari kerusakan akibat dari pemakaian bensin oplosan, serta juga terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan pada mesin.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Yang perlu diperhatikan bagi pemilik mobil, pada saat pembakaran internal kualitas bensin itu merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi mesin mobil. Jadi, jangan sampai bensin yang kamu gunakan itu bensin oplosan ya Otofriends. 

Seperti yang kita ketahui kalau bensin oplosan itu adalah bensin yang sudah ditambah dengan cairan lain atau bahkan air,  hal ini dilakukan untuk mencari keuntungan lebih. Ada juga pelaku yang melakukan kegiatan bensin oplosan ini menggunakan minyak tanah lho.

Tapi, dengan seiring sudah mulai langkanya minyak tanah, tetap saja para pelaku bensin oplosan selalu memiliki cara untuk melakukan tindakan tersebut. Biasanya para pelaku mengganti menggunakan tiner atau kondensat yang bahannya sangat mudah didapatkan di toko material.

Sebenarnya tiner mempunyai sifat berbahan keras dan sangat membahayakan untuk mesin kendaraan, baik mobil atau motor. Selain membahayakan mesin, tiner juga dapat membahayakan bodi mobil lho.

Berikut ini adalah ciri-ciri bensin oplosan:

#1: Mendeteksi Menggunakan Jari Tangan.

cek bensin oplosan

Sumber: Kompas oto

Ciri-ciri yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah memasukkan jari kamu ke dalam bensin, lalu tunggu beberapa detik dan perhatikan bagaimana penguapan terjadi di bahan bakar pada jarimu. Jika kamu merasakan bensin nya cepat menghilang atau cepat kering, maka itu bisa menandakan jika bahan bakar bensin yang kamu gunakan tidak murni atau oplosan. 

Hal yang perlu kamu pahami, kalau bensin itu merupakan zat yang mudah menguap. Nah, maka dari itu tempat penyimpanan bensin di mobil maupun di motor dirancang dengan kedap udara dan rapat. Dan hal yang perlu kamu perhatikan juga, alangkah baiknya jika ingin mengisi bensin lebih baik di tempat  yang resmi saja, demi mencegah hal – hal yang tidak diinginkan.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: 5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

#2: Selalu Perhatikan Warna Bensin.

botol bensin mobil

Sumber: Radar Jember

Yang kedua adalah kamu harus teliti dengan warna bensin ketika hendak ingin mengisi bensin. Karena setiap jenis bahan bakar warna nya akan berbeda – beda. Contohnya seperti jika bensin yang premium akan mempunyai warna kuning cerah, Pertamax 92 berwarna biru, Pertamax turbo warna nya merah, dan Pertalite warna nya hijau. Namun pada umumnya bensin yang asli itu warna nya akan bagus. 

Dan jika kamu ingin memberi bensin eceran, maka kamu harus memperhatikan warna dasar botol tersebut. Karena bensin yang asli tidak mempunyai endapan di dasar botol tersebut, sehingga bahan bakar yang asli pasti akan terlihat bening tidak ada kontaminasi bahan lain.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Apa Bedanya Busi Panjang dan Pendek Mobil

#3: Gunakan Koran Bekas.

koran bekas

Sumber: 99.co

Yang terakhir ini, kamu bisa menggunakan koran bekas untuk mengetahui bahan bakar bensin yang kamu gunakan oplosan atau asli.  Cara yang bisa kamu lakukan adalah siram koran atau celupkan koran tersebut dengan bensin. 

Setelah kamu celupkan koran tersebut dan tulisan yang terdapat pada koran baik – baik saja, maka bensin yang kamu gunakan adalah bensin yang asli. Namun jika koran tersebut tulisannya luntur maka artinya bensin yang kamu gunakan adalah bensin oplosan. 

Pakai bensin asli bikin mobil sehat:

Duh jangan sampai deh mobil pakai bensin oplosan, bahaya banget Otofriends. Merugikan kita sebagai pemilik mobil, usahakan membeli ditempat yang benar. Demi awetnya mobil yang kita pakai nantinya.

Mobil sehat dan awet berpengaruh pada harga jual kembalinya, jadi perhatikan mobil dari hal paling kecil. Untuk kamu yang mau beli mobil bekas, disarankan menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas no 1 di Indonesia yaitu Otospector. Inspeksi mobil otospector ini akan membantu kamu membuat keputusan dalam membeli mobil yang sehat.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tips Berkendara Ketika Hujan

Januari 26, 2024
Bagi Otofriends yang sering membawa mobil sendiri, wajib memahami tips berkendara ketika hujan di bawah ini. Apalagi di saat musim hujan seperti sekarang ini di mana hujan turun sangat deras hingga mengakibatkan genangan, bahkan banjir di mana-mana. Berkendara di saat hujan tentu berbeda dengan saat hari cerah. Sangat dibutuhkan kehati-hatian karena kondisi pandangan yang terbatas,
Baca Lebih Lanjut

Harga Honda City 2015 Bekas Per 2024

Januari 25, 2024
Salah satu kelebihan mobil sedan adalah desainnya compact, namun tetap bisa modern dan elegan. Kelebihan-kelebihan inilah yang ada di Honda City 2015 yang masuk dalam generasi keenam. Tak heran jika All New Honda City 2015 bekas ini masih menjadi primadona di pasaran mobil bekas, karena setiap tahun mobil ini terus mendapat penyempurnaan, baik penampilan, mesin,
Baca Lebih Lanjut

Selain Belang, Ini Tanda Lain Kalau Mobil Bekas Dempulan

Januari 25, 2024
Mobil bekas menjadi salah satu pertimbangan yang sangat selektif, seperti yang kita ketahui bahwa mobil bekas biasanya telah mengalami proses cat berulang kali atau biasa dibilang dengan sebutan dempulan. Kondisi mobil bekas yang sudah mengalami cat berulang kali atau dempulan biasanya kondisi mobil sudah pernah mengalami kecelakaan. Baik kecelakaan yang besar atau pun hanya kecelakaan
Baca Lebih Lanjut