Mobil bekas Bandung 20 jutaan sebenarnya ada banyak pilihan.
Hanya saja, memilih mobil bekas usia puluhan tahun, kita harus ekstra cermat. Harus banyak pertimbangan. Terutama soal perawatan dan spare part yang tersedia di pasaran.
Mobil bekas Bandung 20 jutaan yang direkomendasikan kali ini punya keunggulan soal pemeliharaan yang relatif mudah.
Ini dia beberapa di antaranya:
Sumber: Cintamobil
Sosoknya bakal langsung dikenali karena desain moncong yang unik, bodi aerodinamis, pintu geser, dan posisi setir yang mirip sedan.
Soal akomodasi kabin, tak perlu diragukan. Tujuh penumpang dewasa bisa terangkut tanpa berdesakan. Sah jika disebut minibus keluarga paling terpandang di zamannya.
Mesinnya yang berkubikasi 1.300 cc dikenal tangguh. Apalagi ini minibus pertama yang mengaplikasikan Teknologi multi valve dengan 4 katup per silinder. Mesin relatif tenang, konsumsi BBM tergolong irit.
Dengan dana 20 jutaan di Bandung, carilah Espass tahun 1997-1998. Lebih bagus kalau bisa dapat varian Supervan yang sudah ada AC, radio tape, dan velg racing.
Sumber: Kompas.com
Bodinya yang berbentuk wagon, sering dibilang rada aneh. Mirip ambulans (atau kereta jenazah?). Tetapi justru di situlah orang penasaran. Di pasar mobil bekas, Vantrend tetap jadi favorit karena beberapa keunggulan.
Hadir pada 1993 sampai 1997, Vantrend adalah salah satu pelopor electric power steering. AC-nya dikenal dingin, karena katanya ori Jepang.
Mesinnya yang 1.300 cc dikenal bandel dan mudah perawatannya. Konsumsi BBM juga irit, sekitar 12 km/liter untuk dalam kota.
Dengan dana 20 jutaan di Bandung, silakan cari Vantrend 1993-1997. Semakin muda tahunnya, fitur akan semakin lengkap.
Sumber: Carmudi
Mulai diperkenalkan pada 1991, Carry Futura merupakan penerus generasi Carry 1.000.
Perjalanan Futura yang sangat panjang, sampai 30 tahunan, adalah bukti kalau mobil ini memang oke dan pantas direkomendasikan dalam mobil bekas Bandung 20 jutaan.
Ada dua versi kubikasi mesin yaitu 1.300 cc dan 1.600 cc. Belakangan, kubikasi mesin 1.600 cc diturunkan jadi 1.500 cc.
Sama seperti generasi Carry lain, mesin Futura juga dikenal tangguh dan bandel. Spare part dan perawatan relatif gampang. Cuma oli saja yang rada boros.
Ada dua varian yaitu Grand Real Van (GRV) dan Deluxe Real Van (DRV). Kalau Otofriends dapat varian tertinggi, fitur lumayan lengkap; AC double blower, radio tape, pelek alloy, dan jok baris ketiga hadap depan.
Dengan dana 20 jutaan, bisa dipilih Futura tahun produksi awal yaitu 1991-1993. Masih karburator dan transmisi manual.
Sumber: Olx
Hadir pertama kali tahun 1996, Timor punya 6 varian. Cuma yang paling populer, varian S515 (karburator) dan S516 (injeksi). Keduanya sedan.
Dari tongkrongannya, Timor tidak mengecewakan. Desainnya sangat stylish di zaman itu dan masih tetap enak dilihat di zaman sekarang.
Dari sisi interior, dashboard sudah modern dan ada sistem audio single din dengan password. Fitur keselamatannya ada sabuk keselamatan tiga titik, rem cakram hingga crumple zone dan side impact beam.
Timor juga punya kelebihan soal perawatan dan kemudahan spare part. Ada banyak persamaan part dengan Mazda, terutama Mazda Astina.
Saat ini, Timor dalam kondisi sehat dan standar umumnya ditawarkan Rp20 jutaan. Tahun produksi 1997-1999.
Sumber: Setir Kanan
Rekomendasi terakhir dalam mobil bekas Bandung 20 jutaan adalah Toyota Corolla DX.
Corolla DX adalah generasi keempat Toyota Corolla. Tak lama dipasarkan, tahun 1979-1983, sebelum akhirnya digantikan Corolla GL.
Meski lawas, sosok DX dijamin bikin pecinta otomotif 80-an langsung menoleh karena aura retro-nya yang kuat. Ga heran kalau DX banyak direstorasi dan melahirkan banyak komunitas.
Keunggulan lain ada pada mesin 1.300 cc SOHC yang tangguh dan minim perawatan. Spare part juga mudah, karena banyak persamaan dengan Kijang Super.
Meski masih pakai karburator, konsumsi BBM-nya cukup irit. Cocok kalau diniatkan untuk jadi mobil harian.
Corolla DX dalam kondisi standar, bisa didapat di kisaran Rp20 jutaan. Semua transmisi manual.
Mobil bekas yang populer dan populasinya banyak, setidaknya perawatannya lebih mudah. Karena banyak bengkel yang bisa melakukannya dan spare part tidak akan sulit dicari.
Dalam merawat mobil-mobil yang sudah cukup tua, faktor bengkel dan spare part sangatlah penting, karena akan cukup sering dilakukan. Apalagi kalau mobil masih tetap aktif dipakai sehari-hari.
Semua orang bisa dapat mobil bekas yang berkualitas, asalkan sebelum dibeli, lewat proses inspeksi mobil lebih dulu.
Lebih oke lagi kalau inspeksinya, pakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Hasil laporan inspeksi yang lengkap, bisa memudahkan Otofriends di Bandung mengambil keputusan untuk memilih unit terbaik.
Bagikan