Download Aplikasi OTOS
Install

Komponen Mobil Bekas Yang Dicakup Garansi Otospector

November 05, 2025
By Thomas W
Komponen Mobil Bekas Yang Dicakup Garansi Otospector-otospector

Kalau dengar istilah garansi mobil, ingatan orang umumnya bakal tertuju ke mobil baru.

Setiap pembelian mobil baru, umumnya memang akan mendapat garansi, berdasarkan jangka waktu tertentu atau jarak tempuh tertentu.

Tetapi di zaman sekarang, garansi mobil bukan cuma monopolinya mobil baru lo! Beli mobil bekas juga bisa dapat garansi, dengan syarat-syarat tertentu pastinya.

Berkat adanya garansi, para pembeli mobil bekas tidak akan khawatir lagi kalau mobilnya nanti bermasalah.

Karena andaikan ada masalah di tengah pemakaian, segala urusan perbaikannya bakal langsung ditangani pemberi garansi. Pakai mobil bekas, serasa mobil baru.

Garansi mobil bekas Otospector adalah salah satu perusahaan garansi mobil bekas terbaik yang siap memberi pelayanan bagi konsumen ini.

Apa saja komponen yang ditanggung garansi mobil Otospector? Mari kita lihat perinciannya:

#1: Komponen Mesin

Komponen mesin

Sumber: Detikoto

Pertama-tama, tentu saja komponen mesin, karena merupakan sektor yang paling rawan terkena gangguan pada mobil bekas.

Apalagi kalau pada pemakaian sebelumnya, tidak dilakukan perawatan semestinya, sesuai petunjuk dari pabrik.

Secara garis besar, komponen mesin terbagi menjadi 3 bagian:

  • Blok mesin dan bagian dalam, terdiri atas: blok silinder, piston, batang piston, poros engkol, dan karter.
  • Kepala silinder dan mekanisme katup, terdiri atas: kepala silinder, katup, poros nok, dan busi
  • Sistem penunjang, terdiri atas: sistem pelumasan, sistem pendingin, sistem bahan bakar, dan sistem pengapian/kelistrikan.

Masalah mesin yang umum terjadi antara lain: asap knalpot biru dan oli cepat habis, mesin pincang/brebet dan sulit di-start, tenaga loyo dan kompresi rendah, mesin overheat, lampu indikator oli menyala dan bunyi mesin kasar, suara Ketukan keras, mesin brebet/akselerasi lambat dan BBM boros.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2:  Komponen Transmisi

Komponen transmisi

Sumber: Auto Trader Imports

Ada dua jenis sistem transmisi yang digunakan pada mobil konvensional atau ICE, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis.

  • Pada transmisi manual, secara garis besar komponen terdiri atas: poros input, gigi transmisi, poros output, mekanisme sinkronisasi, garpu pemindah, tuas transmisi, dan rumah transmisi.
  • Sedangkan pada transmisi otomatis, komponen terdiri atas: konverter torsi, unit roda gigi planet, unit kontrol hidrolik, fluida transmisi otomatis, dan modul kontrol transmisi.

Masalah yang biasa terjadi pada transmisi antara lain: kampas kopling menipis, pelat kopling seret, minyak kopling kurang, oli transmisi kurang atau komponen roda gigi aus, matahari kopling rusak atau kabel kopling kaku, kampas kopling aus atau tekanan oli ATF rendah.

Masalah bisa juga berupa katup bermasalah atau solenoid rusak, level oli ATF rendah atau kotor, oli ATF terlalu panas, modul kontrol transmisi bermasalah atau solenoid macet

Penyebab utama kerusakan sistem transmisi pada umumnya adalah karena kurangnya perawatan, kebocoran oli, dan usia pakai.

Baca juga: Cara Mengatasi Oli Mobil Cepat Habis

#3: Sistem Pengereman

Sistem pengereman

Sumber: Astra Daihatsu

Komponen yang juga perlu mendapat perhatian adalah sistem pengereman, karena berhubungan dengan keselamatan. Bayangkan, kalau kita bisa ngegas, tetapi tidak bisa ngerem!

Secara garis besar, komponen yang ada di sistem pengereman terdiri atas: sistem pengendali, jalur distribusi, dan unit pengereman roda.

Masalah yang biasa terjadi pada sistem ini antara lain: rem blong atau lemah, vapor lock, pedal rem terasa dalam, rem mengunci, mobil menyimpang saat direm, bunyi decit, bunyi gesekan, setir terasa bergetar, kampas aus, cairan kotor, hidrolik bocor, dan kerusakan master silinder.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Sistem Pendingin Mesin

Sistem pendingin mesin

Sumber: Mobil123.com

Sistem pembakaran pada kendaraan yang telah membuat suhu mesin meningkat drastis, harus diimbangi sistem pendinginan yang bekerja optimal. Di sinilah sistem pendingin punya peran vital.

Secara garis besar, sistem pendingin mesin terdiri atas komponen sirkulasi, komponen pengaturan suhu, komponen pelepas panas, dan komponen pendukung.

Masalah yang sering terjadi pada sistem pendingin mesin antara lain: termostat macet terbuka atau macet tertutup, kipas radiator mati, selang radiator rusak, radiator bocor, pompa air bocor, tutup radiator rusak, head gasket bermasalah, radiator tersumbat, pompa air rusak, dan kualitas coolant buruk.

#5:  Modul Kontrol (ECU/TCM)

Modul kontrol

Sumber: Moladin

Komponen terakhir yang dicakup oleh Garansi Otospector adalah modul kontrol atau biasa disebut “otaknya” kendaraan.

Komponen yang terdapat pada modul kontrol antara lain: central processing unit, memori, sirkuit input, sirkuit output, dan regulator daya.

Masalah yang sering terjadi pada modul kontrol ini antara lain: kerusakan sirkuit papan utama, kerusakan komponen internal, korosi dan kerusakan air, kerusakan program, kesalahan flashing, kerusakan sensor input, dan kegagalan jaringan komunikasi.

Baca juga: Ada X-Trail, Ini List Mobil Bekas Dibawah 70 Juta Padang

Demikian komponen-komponen yang dicakup Garansi Otospector. Tentunya jenis komponen yang dijamin, akan disesuaikan dengan paket-paket program garansi yang dipilih.

Program yang ditawarkan, dimulai dari yang paling pendek jangka waktunya, adalah: Silver (30 hari/1.500 km), Gold (3 bulan/5.000 km), Gold Plus (1 tahun/20.000 km), dan Platinum (1 tahun/20.000 km).

Tentunya setiap program akan memberi tawaran menarik. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan Otofriends.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Ini Dia Arti Refinancing Dalam Pembiayaan Mobil

September 04, 2025
Wajar kalau tidak semua orang paham arti refinancing dalam pembiayaan mobil. Penyebabnya karena memang tidak semua orang beli mobil pakai kredit. Tidak semua orang pula, membutuhkan dana dan menjaminkan mobilnya. Memahami refinancing tentu saja perlu. Karena kita tidak pernah tahu, apakah suatu saat kita akan membutuhkannya atau tidak. Secara singkatnya, refinancing adalah upaya kita mendapat
Baca Lebih Lanjut

Jangan Salah, Ini Tanda V Belt Mobil Perlu Diganti

September 04, 2025
Selain pergantian berkala, ada beberapa tanda v belt mobil perlu diganti. Tanda-tanda itu umumnya terkait dengan kinerja dari v belt serta kondisi v belt yang sudah tidak layak atau aus. Dalam kondisi normal, v belt punya batas usia pakai. Idealnya, setiap jarak tempuh 20.000 km – 40.000 km sekali, harus diganti. Coba deh, dibaca buku
Baca Lebih Lanjut

Semua Tahun 2000-an, Ini Mobil Bekas Di Bawah 60 Juta Di Bogor

September 04, 2025
Warga Bogor bakal antusias kalau menyimak daftar mobil bekas di bawah 60 juta di Bogor. Maklum, dana yang dianggarkan kali ini dalam batas psikologis cukup masuk akal. Tidak terlalu tinggi, tetapi juga masih ada peluang untuk mendapat unit-unit mobil bekas terbaik. Terbukti kali ini, mobil-mobil yang direkomendasikan semua di atas tahun 2000-an. Tahun produksinya belum
Baca Lebih Lanjut