Sabar Dulu, Ini Mobil Yang Boleh Pakai  Pertalite

Juni 06, 2024
By Thomas W
Sabar Dulu, Ini Mobil Yang Boleh Pakai  Pertalite-otospector

Mobil yang boleh pakai Pertalite memang menjadi isu yang paling menarik dalam beberapa tahun terakhir. Isu ini terus bergulir terutama setelah ada wacana tentang pembatasan penjualan BBM bersubsidi, di mana ada jenis-jenis mobil dan sepeda motor tertentu yang boleh serta tidak boleh menggunakannya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Yang dimaksud BBM bersubdisi adalah BBM yang dijual oleh Pertamina, di mana harganya sebagian masih disubsidi oleh negara. Sejauh ini BBM bersubsidi memang masih menjadi alternatif pilihan BBM paling ekonomis. Tak heran kalau Pertalite dan Biosolar masih menjadi bahan bakar yang terus dicari, meski sering kali sudah tidak sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan mesin mobilnya.

Nah, kira-kira apa saja mobil yang boleh pakai Pertalite? Mari kita lihat beberapa fakta dan daftarnya:

#1:  Apa yang Dimaksud dengan BBM Bersubsidi?

Yang dimaksud dengan BBM Bersubsidi

Sumber: Bisnis.com

BBM bersubsidi adalah bahan bakar minyak yang harganya ditetapkan dan diawasi oleh pemerintah dengan tujuan agar lebih terjangkau bagi masyarakat.

Pemerintah memberikan subsidi kepada Pertamina, sebagai penjual BBM, untuk menutupi selisih harga antara harga keekonomian BBM dan harga jual yang ditetapkan pemerintah.

Ada berbagai tujuan pemberian subsidi BBM ini, seperti menjaga daya beli masyarakat, terutama bagi masyarakat miskin dan rentan; mendorong pertumbuhan ekonomi; serta menjaga stabilitas sosial dan politik

Baca juga: Mobil Apa Saja Yang Tidak Boleh Menggunakan Pertalite?

#2: Berapakah Besarnya Subsidi Negara untuk BBM Per Liter?

Subsidi BBM Per liter

Sumber: Aspirasijabar.net

Saat ini BBM bersubsidi di Indonesia terdiri atas: Pertalite dan Biosolar.  

Menurut Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, dengan harga keekonomian Rp13.000 dan harga eceran Rp10.000, maka setiap liternya disubsidi Rp3.000. 

Sedangkan untuk Biosolar, dengan harga keekonomiannya Rp14.000 – Rp15.000 dan harga eceran Rp6.800, maka setiap liternya disubsidi Rp7.000 – Rp8.000.

beli mobil bekas di tokopedia

#3:  Aturan Pembatasan Pembelian BBM Bersubsidi

Aturan Pembatasan BBM Bersubsidi

Sumber: My Pertamina

Pemerintah mengeluarkan aturan tentang pembatasan pembelian BBM bersubdisi yang bertujuan agar masyarakat dapat menikmati manfaat dari subsidi BBM seperti Pertalite dan Solar, terutama mereka yang kurang mampu. 

Aturan ini termasuk dalam revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM. 

Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa kendaraan yang akan terkena larangan penggunaan Pertalite adalah mobil dengan kapasitas mesin di atas 1.400cc, serta motor dengan kapasitas mesin mulai dari 250cc. 

Akan tetapi sampai saat ini belum ada pengumuman resmi kapan aturan ini akan dijalankan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Daftar Mobil yang Masih Boleh Pakai Pertalite

Daftar mobil yang boleh pakai Pertalite

Sumber: Wikipedia

Setelah Perpres disahkan, berikut daftar mobil yang boleh pakai Pertalite: 

  • Toyota: Agya 1.197 cc, Calya 1.197 cc, Raize 998 cc dan 1.198 cc, Avanza 1.329 cc 
  • Daihatsu: Ayla 998 cc dan 1.197 cc, Sigra 998 cc dan 1.197 cc, Sirion 1.329 cc, Rocky 998 cc dan 1.198 cc, Xenia 1.329 cc 
  • Suzuki: Ignis 1.197 cc, S-Presso 998 cc 
  • Honda: Brio 1.199 cc 
  • Kia: Picanto 1.248 cc, Seltos bensin 1.353 cc, Rio 1.348 cc 
  • Wuling: Formo S 1.206 cc 
  • Nissan: Kicks e-Power 1.198 cc, Magnite 999 cc 
  • Mercedes-Benz: A-Class 1.332 cc, CLA 1.332 cc, GLA 200 1.332 cc, GLB 1.332 cc 
  • DFSK: Super Cab diesel 1.300 cc 
  • Peugeot: 2008 1.199 cc 
  • Volkswagen: Tiguan 1.398 cc, Polo 1.197 cc, T-Cross 999 cc 
  • Tata: Ace EX2 702 cc 
  • Renault: Kiger 999 cc Kwid 999 cc Triber 999 cc 
  • Audi: Q3 1.395 cc

Baca juga: Fakta Seputar Bayar Tol Tanpa Berhenti MLFF

Apakah mobil bekas bisa menggunakan BBM dengan RON yang lebih tinggi?

Pada dasarnya penggunaan BBM untuk kendaraan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing yang didasarkan atas tekanan kompresi mesin. Sebaiknya penggunaan BBM menyesuaikan anjuran tersebut agar performa mesin juga optimal dan biaya yang dikeluarkan sesuai dengan hasil yang didapat.

Untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, sebelum Otofriends memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Dari pemeriksaan mendetail, Otofrends akan mendapat gambaran lengkap tentang mobil dan kendala apa yang mungkin akan terjadi saat pemakaian nantinya. Ayo, inspeksi mobil bekas incaranmu sekarang!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Suspensi Mobil Berbunyi, Inilah Penyebabnya

Februari 08, 2024
Suspensi mobil berbunyi memang tidak berbahaya secara langsung, tapi bagi pengemudi kondisi ini akan terasa cukup mengganggu. Biasanya bunyi-bunyian ini berasal dari kondisi buruk pada shock absorber yang aus, bocor, atau rusak. Bunyi-bunyian itu biasanya muncul saat mobil melewati jalan yang tidak rata atau ada rintangan. Di luar dari shock absorber, sebenarnya masih ada lagi
Baca Lebih Lanjut

Jadwal SIM Keliling di Jakarta Update 2024

Februari 08, 2024
Mana nih suaranya yang dikit lagi habis masa berlaku penggunaan SIM nya. Terutuk kamu yang tinggal di wilayah Jakarta, bang min bakalan kasih tahu kamu beberapa lokasi untuk kamu melakukan perpanjangan SIM di fasilitas SIM Keliling. SIM yang kamu gunakan, saat sudah mendekati masa penggunaan yang ditentukan, wajib kamu langsung perpanjang. Jika masa berlaku sudah
Baca Lebih Lanjut

Rem Mobil Terlalu Panas? Ini Cara Mengatasinya

Februari 07, 2024
Dalam kondisi tertentu, kadang pengemudi harus menghadapi situasi di mana rem mobil terlalu terpanas. Inilah situasi di mana rem bekerja terlalu keras sehingga menjadi sangat panas. Fungsi rem juga sudah tidak optimal lagi. Kondisi ini jelas berbahaya, karena akibatnya rem bisa sama sekali tidak berfungsi alias rem blong. Mobil akan meluncur tidak terkendali hingga bisa
Baca Lebih Lanjut