Sabar Dulu, Ini Mobil Yang Boleh Pakai  Pertalite

Juni 06, 2024
By Thomas W
Sabar Dulu, Ini Mobil Yang Boleh Pakai  Pertalite-otospector

Mobil yang boleh pakai Pertalite memang menjadi isu yang paling menarik dalam beberapa tahun terakhir. Isu ini terus bergulir terutama setelah ada wacana tentang pembatasan penjualan BBM bersubsidi, di mana ada jenis-jenis mobil dan sepeda motor tertentu yang boleh serta tidak boleh menggunakannya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Yang dimaksud BBM bersubdisi adalah BBM yang dijual oleh Pertamina, di mana harganya sebagian masih disubsidi oleh negara. Sejauh ini BBM bersubsidi memang masih menjadi alternatif pilihan BBM paling ekonomis. Tak heran kalau Pertalite dan Biosolar masih menjadi bahan bakar yang terus dicari, meski sering kali sudah tidak sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan mesin mobilnya.

Nah, kira-kira apa saja mobil yang boleh pakai Pertalite? Mari kita lihat beberapa fakta dan daftarnya:

#1:  Apa yang Dimaksud dengan BBM Bersubsidi?

Yang dimaksud dengan BBM Bersubsidi

Sumber: Bisnis.com

BBM bersubsidi adalah bahan bakar minyak yang harganya ditetapkan dan diawasi oleh pemerintah dengan tujuan agar lebih terjangkau bagi masyarakat.

Pemerintah memberikan subsidi kepada Pertamina, sebagai penjual BBM, untuk menutupi selisih harga antara harga keekonomian BBM dan harga jual yang ditetapkan pemerintah.

Ada berbagai tujuan pemberian subsidi BBM ini, seperti menjaga daya beli masyarakat, terutama bagi masyarakat miskin dan rentan; mendorong pertumbuhan ekonomi; serta menjaga stabilitas sosial dan politik

Baca juga: Mobil Apa Saja Yang Tidak Boleh Menggunakan Pertalite?

#2: Berapakah Besarnya Subsidi Negara untuk BBM Per Liter?

Subsidi BBM Per liter

Sumber: Aspirasijabar.net

Saat ini BBM bersubsidi di Indonesia terdiri atas: Pertalite dan Biosolar.  

Menurut Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, dengan harga keekonomian Rp13.000 dan harga eceran Rp10.000, maka setiap liternya disubsidi Rp3.000. 

Sedangkan untuk Biosolar, dengan harga keekonomiannya Rp14.000 – Rp15.000 dan harga eceran Rp6.800, maka setiap liternya disubsidi Rp7.000 – Rp8.000.

beli mobil bekas di tokopedia

#3:  Aturan Pembatasan Pembelian BBM Bersubsidi

Aturan Pembatasan BBM Bersubsidi

Sumber: My Pertamina

Pemerintah mengeluarkan aturan tentang pembatasan pembelian BBM bersubdisi yang bertujuan agar masyarakat dapat menikmati manfaat dari subsidi BBM seperti Pertalite dan Solar, terutama mereka yang kurang mampu. 

Aturan ini termasuk dalam revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM. 

Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa kendaraan yang akan terkena larangan penggunaan Pertalite adalah mobil dengan kapasitas mesin di atas 1.400cc, serta motor dengan kapasitas mesin mulai dari 250cc. 

Akan tetapi sampai saat ini belum ada pengumuman resmi kapan aturan ini akan dijalankan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Daftar Mobil yang Masih Boleh Pakai Pertalite

Daftar mobil yang boleh pakai Pertalite

Sumber: Wikipedia

Setelah Perpres disahkan, berikut daftar mobil yang boleh pakai Pertalite: 

  • Toyota: Agya 1.197 cc, Calya 1.197 cc, Raize 998 cc dan 1.198 cc, Avanza 1.329 cc 
  • Daihatsu: Ayla 998 cc dan 1.197 cc, Sigra 998 cc dan 1.197 cc, Sirion 1.329 cc, Rocky 998 cc dan 1.198 cc, Xenia 1.329 cc 
  • Suzuki: Ignis 1.197 cc, S-Presso 998 cc 
  • Honda: Brio 1.199 cc 
  • Kia: Picanto 1.248 cc, Seltos bensin 1.353 cc, Rio 1.348 cc 
  • Wuling: Formo S 1.206 cc 
  • Nissan: Kicks e-Power 1.198 cc, Magnite 999 cc 
  • Mercedes-Benz: A-Class 1.332 cc, CLA 1.332 cc, GLA 200 1.332 cc, GLB 1.332 cc 
  • DFSK: Super Cab diesel 1.300 cc 
  • Peugeot: 2008 1.199 cc 
  • Volkswagen: Tiguan 1.398 cc, Polo 1.197 cc, T-Cross 999 cc 
  • Tata: Ace EX2 702 cc 
  • Renault: Kiger 999 cc Kwid 999 cc Triber 999 cc 
  • Audi: Q3 1.395 cc

Baca juga: Fakta Seputar Bayar Tol Tanpa Berhenti MLFF

Apakah mobil bekas bisa menggunakan BBM dengan RON yang lebih tinggi?

Pada dasarnya penggunaan BBM untuk kendaraan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing yang didasarkan atas tekanan kompresi mesin. Sebaiknya penggunaan BBM menyesuaikan anjuran tersebut agar performa mesin juga optimal dan biaya yang dikeluarkan sesuai dengan hasil yang didapat.

Untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, sebelum Otofriends memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Dari pemeriksaan mendetail, Otofrends akan mendapat gambaran lengkap tentang mobil dan kendala apa yang mungkin akan terjadi saat pemakaian nantinya. Ayo, inspeksi mobil bekas incaranmu sekarang!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Start 198juta, Update Harga Innova Reborn Bekas 2024

April 27, 2024
Meski bisa dibilang masih sangat stabil, namun di pasaran mobil bekas, harga mobil Innova Reborn bekas saat ini semakin terjangkau. Multi Purpose Vehicle (MPV) medium atau mobil keluarga yang semasa Kijang pernah dijuluki sebagai mobil sejuta umat ini, bahkan sekarang sudah ada yang dijual di bawah Rp200 jutaan. Buat yang mencari mobil keluarga, memang Innova
Baca Lebih Lanjut

Apa Sih, Fungsinya Oli Power Steering?

April 26, 2024
Fungsi oli power steering tentu sangatlah vital di dalam sistem powert steering dengan sistem hidrolis. Sayangnya, masih ada sebagian orang yang tidak melakukan perawatan dengan benar, sehingga kualitas oli sering terabaikan.  Oli power steering bisa sampai terabaikan, bisa jadi disebabkan karena pergantian oli ini memang dilakukan 40.000 km atau dua tahun sekali. Bagi pemilik mobil
Baca Lebih Lanjut

Pengen Tau Cara Cek Mobil Kena Tilang ETLE?

April 26, 2024
Sudah ada yang tahu belum kalau sekarang, kita nih masyarakat Indonesia sudah bisa melakukan pengecekan status kendaraan yang terkena tilang elektronik secara online. Udah gampang banget kan, sekarang sudah ada cara yang simpel untuk mengeceknya, yaitu melalui online yang sudah disediakan oleh Polri.  Karena sekarang sudah ada beberapa daerah yang sudah dipasang kamera Electronic Traffic
Baca Lebih Lanjut