Menyimak daftar Top 5 Mobil yang Dicari di Marketplace Otos, sangatlah menarik.
Mobil-mobil yang diminati oleh Otofriends memang sangat beragam. Namun pada akhirnya mengerucut juga pada mobil-mobil yang fungsional, tangguh, dan punya berbagai keunggulan.
Dari daftar itu juga terlihat faktor akomodasi kendaraan masih sangat mempengaruhi Otofriends. Artinya, mobil-mobil dengan kapasitas besar dan berkabin luas, tetap menjadi favorit. Tentu saja pilihannya di Indonesia, adalah MPV.
Apa saja model yang masuk dalam Top 5 Mobil yang Dicari di Marketplace Otos? Yuk, kita lihat daftarnya:
Sumber: Suzuki Indonesia Sales
Perjalanan Ignis memang tidak lama, 7 tahunan saja (2017 sampai 2024). Perubahan strategi marketing Suzuki, membuat mobil impor CBU dari India ini, disuntik mati. Meski penjualan Ignis pada awalnya, tidak buruk-buruk amat.
Ignis disukai karena desain eksteriornya yang unik lantaran berkarakter desain SUV/Crossover. Harga jualnya dibanding city car lain non-LCGC juga terendah. Dan yang terpenting, konsumsi BBM sangat efisien, di kisaran 15 km – 17 km per liter.
Untuk city car di kelas entry level, fitur-fitur juga cukup menjanjikan seperti Power Outlet 12V/120W, Keyless Entry plus Start/Stop Engine Button, Auto Climate AC with Heater, Head Unit Touchscreen, dan Bluetooth Phone Connection.
Ignis dijual dengan dua varian utama yaitu GL dan GX, dengan masing-masing ada transmisi manual dan otomatis (AMT). Harga Ignis bekas ada di rentang Rp95 juta – Rp190 juta.
Sumber: Cintamobil
Termasuk salah satu mobil di Indonesia dengan perjalanan sangat panjang. Dari mulai masuk ke Indonesia di generasi pertama (tahun 2000) sampai hari ini ada di generasi keenam.
Honda CR-V bekas yang banyak dilirik adalah generasi kelima (mulai 2018) dan keenam (mulai 2023). Alasannya, karena mulai ada opsi 7-seater pada varian 1.5 liter Turbo dan 1.5 liter Turbo Prestige. Sedangkan 5-seater ada pada varian mesin 2.0L.
Kenyamanan kabin jadi catatan positif CR-V dibanding rivalnya. Hasil pengetesan Gridoto pada CR-V 1.5 Turbo, bunyi di kabin hanya 59,6 dB pada kecepatan 60 km/jam. Artinya sangat senyap. Berselisih sedikit dengan sedan Honda Accord RS e:HEV yang ada di 56,5 dB.
Di generasi keenam, ada varian terbaru CR-V yakni 2.0 ES e:HEV. Dengan mesin 2.0 liter 4 silinder dan dua motor sistem hybrid, tenaga mencapai 204 HP serta baterai lithium-ion berkapasitas 1,06 kWh. Konsumsi BBM-nya rata-rata 25 km/liter.
Harga Honda CR-V bekas untuk generasi kelima (2018-2022) kisaran Rp280 juta – Rp450 jutaan. Sedangkan generasi keenam, kisaran Rp500 juta – Rp650 juta.
Sumber: Wikipedia
Zenix yang memulai debutnya pada 2022, tak lain adalah Innova generasi keenam. Transformasi terus menerus sejak kelahirannya pada 2004, membuat Innova semakin sempurna di generasi ini. Terutama dengan kehadiran varian hybrid.
Lewat Zenix, Toyota tampak berupaya lebih peduli lingkungan. Ditandai pembaruan pada mesin yang kini berkode M20A-FKS (tenaga 174 ps / torsi 20,9 kgm). Selain emisinya lebih rendah, Konsumsi BBM diklaim mencapai 15 km/liter.
Sedangkan varian hybrid, menggunakan mesin M20A-FXS bertenaga 152 ps dan torsi 187,3 Nm. Dengan kombinasi motor listrik bertenaga 113 ps dan torsi 205,9 Nm, konsumsi BBM-nya diklaim 20 km/liter. Meski pada praktiknya tidak sebesar itu.
Soal kenyamanan, tentu tak perlu diragukan. Apalagi dengan penggunaan platform monokok TNGA: GA-C, meninggalkan sasis ladder frame di Innova generasi sebelumnya. Bobot berkurang banyak, kabin senyap, dan bodi lebih rigid. Perpanjangan wheelbase menjadi 2.850 mm juga membuat kabin terkesan lebih lapang.
Harga Innova Zenix bekas non-hybrid, mulai Rp310 juta. Sedangkan varian hybrid, mulai Rp450 juta.
Sumber: Wikipedia
Isu tentang Ertiga di pasaran mobil bekas adalah soal kenyamanan dan konsumsi BBM-nya yang irit. Apa benar?
Harus diakui, kenyamanan dari mobil yang hadir pertama kali pada 2012 ini, setingkat di atas para kompetitornya di segmen low MPV. Prestasi ini tetap dipertahankan pada generasi keduanya yang hadir sejak 2018, dengan dimensi lebih besar.
Peningkatan dari generasi pertama ke generasi kedua juga terasa pada dapur pacu. Dari semula berkubikasi 1.400 cc (tenaga 95 ps/torsi 130 Nm), menjadi 1.500 cc (104,7 ps/138 Nm).
Pada generasi kedua juga hadir varian hybrid, di mana konsumsi BBM jadi rata-rata 22 km/liter untuk transmisi manual dan 19 km/liter untuk matic.
Untuk fitur, tidak tergolong istimewa. Namun Ertiga tercatat jadi pelopor fitur-fitur seperti immobilizer, seat height adjuster, airbag, dan ABS/EBD. Sejak pemunculan Ertiga, mobil-mobil di segmen low MPV jadi berbenah.
Hadir dalam tiga varian dasar yaitu GA, GL, dan GX; dalam perjalanan Ertiga juga punya juga edisi-edisi khusus seperti Elegant, Sporty, Dreza, dan Diesel Hybrid.
Harga Ertiga bekas untuk generasi pertama (2012-2017) di kisaran Rp90 juta – Rp150 juta. Untuk generasi kedua (2018-2024) di kisaran Rp160 juta – Rp200 jutaan.
Sumber: Toyota Astra Motor
Dari awalnya kendaraan niaga, transformasi Toyota Kijang selama sekitar 30 tahunan makin mewujud menjadi mobil keluarga, di generasi kelima atau disebut Innova.
Hadir dalam dua format mesin yaitu bensin dan diesel, di mana masing-masing seolah punya segmennya sendiri. Mesin bensin disukai karena kenyamanan kabin bisa optimal. Sedangkan diesel justru lebih banyak dicari karena bermesin tangguh dan biaya operasionalnya lebih ekonomis.
Sejak hadir pertama kali pada 2004, Innova sudah dipasarkan dalam dua generasi, di luar generasi ketiga yang sudah disebut Zenix.
Generasi pertama berkode sasis AN40 (tahun 2004-2015) dan kedua berkode AN140 (2016-2022) atau disebut Innova Reborn. Dengan pilihan yang sangat beragam, Innova punya pasar yang sangat luas. Harga jual kembali juga cenderung stabil, terutama bisa dirasakan di generasi kedua bermesin diesel.
Harga Innova bekas untuk generasi pertama ada di kisaran Rp80 juta – Rp190 juta. Sedangkan generasi kedua Rp220 juta – Rp450 juta.
Ya betul. Tinggal di dekat laut memang bisa menyebabkan bodi mobil cepat berkarat, akibat dari adanya partikel garam halus, udara lembab, serta percikan air laut yang tidak disengaja.
Ion klorida pada garam merusak lapisan pelindung dari permukaan logam. Akibatnya timbul jalur reaksi dari oksigen dan air terhadap besi. Maka timbul karat dengan cepat dan parah.
Untuk memastikan mobil bekas pilihanmu dalam kondisi baik dan bebas karat, percayakan inspeksinya kepada jasa inspeksi mobil bekas Otospector.
Melalui inspeksi mobil secara cermat, sebuah mobil bekas dapat diketahui kondisinya secara obyektif. Dengan modal kondisi yang baik, maka performanya juga bisa maksimal.
Bagikan