Klik disini untukJual Mobil Anda

Yuk, Cek Harga Mobil Karimun Dari Tiga Generasi  

Juli 24, 2022
By Thomas W
Yuk, Cek Harga Mobil Karimun Dari Tiga Generasi  -otospector

Meski dari generasi ke generasi bentuknya relatif sama yakni compact dan mungil, ternyata masih banyak peminat mobil bekas yang terus memantau harga mobil Karimun. Setidak-tidaknya ini jadi pertanda, kalau city car yang sudah melegenda ini tetap diminati pasar, tak terkecuali unit bekasnya. Termasuk Karimun generasi pertamanya yang sudah berusia lebih dari 20 tahun.

Kata Karimun sendiri konon berasal dari “Carry to the Moon” atau bawa ke bulan. Sebuah ungkapan yang mungkin bisa juga merujuk kepada harga mobil Karimun yang relatif stabil atau setidaknya tidak turun.

Nah, sebelum menyimak list harga mobil Karimun bekas, yuk kita cermati perjalanan mobil ini pada setiap generasi.

#1: Karimun Generasi Pertama Atau Karimun Kotak (1998-2006)

Inilah Mobil Bekas Di Bawah 50 Juta, Semua Tahun 2000-an

Generasi pertama Karimun di Indonesia ini awalnya didatangkan secara CBU, namun setahun kemudian sudah CKD di pabriknya di Tambun, Bekasi.

Nama Karimun adalah khas Indonesia. Aslinya mobil ini disebut Suzuki Wagon R generasi pertama (CT). Ketika mobil ini mulai dipasarkan, di Jepang sudah meluncur generasi keduanya.

Generasi pertama inilah yang paling legendaris, karena dikenal tangguh dan mesinnya bandel. Penumpang bakal merasakan ruang kabin yang lapang. Dikenal juga sebagai Karimun Kotak, karena desain bodinya yang mengotak atau boxy.

Mesin berkode F10A yang dipakai sudah teruji pada pemakaian di Suzuki Katana dan Suzuki Carry 1.0 liter. Dengan kubikasi 970 cc, 4-silinder 8 katup SOHC dihasilkan tenaga 55 Hp dan hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan saja.

Mulai tahun 2003, tersedia dua varian yaitu DX dan GX. Tipe GX atau tertinggi sudah dilengkapi roof rail, fog lamps, gril krom, pelek palang 5, dan wiper belakang. Sedangkan pada interior sudah tersedia jam digital, laci di bawah penumpang depan, dan kantung di panel pintu depan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Cek, Ini 5 Harga Mobil Bekas Di Bawah 100 Juta

#2: Karimun Generasi Kedua Atau Karimun Estilo (2007-2012)

Yuk, Cek Harga Mobil Karimun Dari Tiga Generasi

Karimun Estilo dirancang dari platform Wagon R versi Maruti Suzuki di India yang mulai dipasarkan pada tahun 2007. Desainnya jauh berbeda dibanding pendahulunya di mana Estilo lebih membulat dan ramping. Ada yang berpendapat, lebih modern.  

Bukan hanya body, mesin juga mengalami kemajuan yakni memakai F10J, berkapasitas 1.100 cc 16 valve injection dan microprocessor 32 bit dengan tenaga sebesar 65 PS. Sedangkan transmisi hanya tersedia manual 5-percepatan saja.

Kelebihan mesin ini adalah pada konsumsi bahan bakar yang efisien. Diperkirakan konsumsi BBM mencapai 13 km per liter untuk dalam kota. Sedangkan fitur adalah power window, AC dilengkapi penghangat kabin, electric power steering, dan pengaturan arah sorot lampu depan.

Pada tahun 2009, Estilo mendapat perubahan dari sisi mesin dengan menggunakan mesin K10B dengan teknologi Double OverHead Camshaft (DOHC) injeksi. Mesin 998 cc dengan 3 silinder ini punya tenaga lebih besar yakni 68 PS, torsi 90 Nm.

Pada perubahan ini, Estilo dilengkapi Smart Distributor-less Ignition yaitu pengapian tanpa distributor sehingga pengabutan berjalan lebih sempurna. Sementara eksterior juga dapat pembaruan pada gril, bumper depan dan ukuran bodi.

#3: Karimun Generasi Ketiga Atau Karimun Wagon R (2013 – 2021)

Cek, Ini 5 Harga Mobil Bekas Di Bawah 100 Juta

Karimun generasi ketiga yang diluncurkan pada 2013 ini masuk dalam program LCGC. Keunggulan yang segera terasa dibanding LCGC lain ada pada kelegaan kabin.

Mobil ini punya ruang kabin yang lapang dan ringkas. Dengan dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1.670 mm, dan tinggi 1.475 mm, memberikan headroom dan legroom yang lega dan dapat ditumpangi 5 orang. Desain kabin yang tinggi dan bentuk mobil yang boxy membuat bagasi lebih besar.

Mesinnya sama dengan generasi kedua, K10B berkapasitas 998cc yang menghasilkan tenaga 68 HP dengan torsi 90 NM. Begitu pula dengan konsumsi BBM yang masih istimewa.

Sementara itu untuk fitur-fitur keselamatan, Wagon R menyematkan SRS airbag, immobilizer, child proof door lock, 3 point ELR safety belt, keyless entry, dan security alarm.

Pada tahun 2021, Suzuki akhirnya menghentikan penjualan Wagon R, antara lain karena penjualannya terus menurun. Selama 8 tahun pemasarannya tercatat laku 62.278 unit.

#4: Harga Bekas Karimun Dari Tiga Generasi

Suzuki Karimun
  • Suzuki Karimun Kotak 2000-2006 harga Rp45 juta – Rp63 jutaan
  • Suzuki Karimun Estilo 2007-2008 harga Rp53 juta – Rp58 jutaan
  • Suzuki Karimun Estilo 2009-2012 harga Rp60 juta – Rp65 jutaan
  • Suzuki Karimun Wagon R 2013-2019 harga Rp62 juta – Rp85 jutaan
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Inilah 5 Harga Mobil Suzuki Bekas Pada Kisaran Rp 50 Juta

Bagaimana memastikan harga mobil Karimun bekas yang akan dibeli sesuai dengan kondisinya?

Suzuki Karimun dikenal sebagai mobil yang cukup tangguh dan konsumsi BBM-nya irit. Namun semua itu tentu harus ditunjang oleh kondisi kendaraan dan kinerja mesin yang baik. Seiring pemakaian dan usia, Otofriends harus cermat memeriksa kondisi mobil Karimun agar sesuai harapan.

Nah untuk hasil pemeriksaan yang memuaskan, Otofriends bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Proses pemeriksaan yang begitu mendetail dengan inspektor profesional, dapat memberi Otofriends gambaran terbaik tentang kondisi sebuah mobil bekas.

Keuntungan lain, mobil bekas yang telah lulus inspeksi, bisa mendapat garansi, sehingga pembeli lebih tenang dalam pemakaian nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya