Dari Katulampa Sampai Bukit Pelangi, Ini Jalan Alternatif Ke Puncak Naik Mobil

Januari 06, 2024
By Getan Metodius
Dari Katulampa Sampai Bukit Pelangi, Ini Jalan Alternatif Ke Puncak Naik Mobil-otospector

Puncak emang salah satu tempat terbaik buat orang yang tinggal di Jakarta, Tangerang, Bekasi atau Depok untuk liburan. Untuk sekedar melepas penat, biasanya Sabtu dan Minggu itu Puncak padat dengan kendaraan dari luar Bogor Jawa Barat. Banyak yang ke Puncak Bogor untuk menikmati pemandangan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Mungkin otofriends salah satunya ya? Biasanya kita melewati jalur utama puncak, terutama bagi yang naik mobil. Namun, jika memasuki momen tertentu, puncak jadi sangat padat, ada beberapa jalur alternatif puncak Bogor yang bisa kamu gunakan.

#1: Alasan orang memilih puncak jadi tempat destinasi wisata.

wisata puncak

Sumber: Radar Cianjur

Puncak Bogor punya panorama pemandangan hijau yang memanjakan mata otofriends. Dimana jaraknya tidak terlalu jauh dengan wilayah Jakarta, yang hanya sekitar 90 km, masyarakat bisa menikmati udara dingin nan sejuk.

Tidak hanya itu, kuliner di Puncak juga tidak kalah nikmatnya otofriends. Sebut saja ada beberapa lokasi restoran viral seperti Nicole’s Kithen and Lounge, ada juga Cimory Riverside, dan makanan tradisional lainnya.

#2: Puluhan ribu kendaraan masuk ke Puncak tidak sampai 3 hari.

puncak macet

Sumber: Kompas

Seperti yang dikutip pada Kompas.com, dalam 2 hari, ada 97.018 kendaraan masuk ke Kawasan wisata Puncak Bogor. Tercatat dalam sumber berita, pada tanggal 23 Desember 2023 sampai 24 Desember 2023, volume total kendaraan yang masuk ke Puncak mencapai lebih dari 97ribu, mengingat karena ada momen libur Natal dan juga Tahun Baru 2024.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Jalan alternatif puncak via Katulampa.

jalur puncak

Sumber: hariane.com

Tidak hanya Tol Sentul, ada juga pintu keluar Tol Bogor Selatan untuk bisa masuk ke wilayah Katulampa. Jalur menuju Puncak via Katulampa ini dibutuhkan kesabaran pengemudi yang sangat baik, karena jalanannya cukup sempit melewati rumah warga.

Tembusan akhir jalur Katulampa ini adalah di Desa Pasir Angin, dan selanjutnya menuju Simpang Gadog. Ketika sudah sampai di simpang itu, lanjut belok kiri menuju arah Puncak Bogor.

Baca juga: Tips Biar Nggak Stres Saat Macet di Momen Liburan Nataru

#4: Melalui jalur Bukit Pelangi.

jalur alternatif puncak

Sumber: Insiden 24

Jalur ini adalah salah satu jalur terbaik yang bisa memanjakan mata. Jika dari arah Jakarta atau Depok, kamu keluarnya di Pintu Tol Sentul Selatan Babakan Madang Pasir Angin, atau yang sering disebut Bukit Pelangi oleh warga lokal, serta juga ada yang menyebutnya Rainbow Hills.

Jalur ini bakalan membawa kamu menuju Jembatan Megamendung yang akan mengarah ke Kawasan Puncak Bogor otofriends. Ketika udah melewati Megamendung, kamu bisa ke arah kanan, yang tepatnya di samping Vimalla Hills dan juga setelah Simpang Gadog. Masuk ke arah Cibedug, ketika sudah dipertigaan Cibedug, ke arah kiri dan akan membawa kamu ke Arca Domas.

Lalu akan melewati Polsek Megamendung, kamu akan melewati Desa Pasir Muncang sampai Desa Cidokom. Ketika kamu udah sampai di Desa Citeko, yang dekat dengan Pasar Cisarua, nah, artinya kamu udah sampai di Kawasan wisata Puncak.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Melalui jalur Cinangka.

puncak bogor

Sumber: Radar Cianjur

Kalau kamu kena macet di Desa Pasir Angin serta Gadog, kamu bisa mencari alternatif Cinangka. Dari Desa Pasir Angin, kamu perlu mengarah ke arah Cikatapis, cukup tanyakan pada warga setempat biar lebih yakin arahnya sudah benar.

Nanti kamu bakalan sampai di Polsek Cisarua atau juga Simpang Megamendung, yang deket banget sama Masjid Nurul Huda, lalu tinggal belok kiri buat ke Pucak Pas.

Baca juga: Cara Agar Mobil Menanjak Dan Tidak Mundur

Mobil sehat dulu baru lewat jalan alternatif:

Gini otofriends, biasanya jalur alternatif puncak itu jalanannya tidak bisa ditebak. Kapan turunan kapan tanjakan. Jadi alangkah baiknya, mobil kamu dalam keadaan sehat ya kalau mau ke Puncak melewati jalur tersebut.

Ke Puncak emang enak bareng anak dan istri menggunakan mobil, buat yang mau beli mobil, kamu bisa membeli mobil bekas berkualitas. Dengan cara menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas dari Otospector.

Biar kamu tidak salah beli mobil nantinya, karena Otospector akan melakukan pengecekan lebih dari 150 komponen mobil. Termasuk eksterior, interior sampai mesin, hubungi admin Otospector untuk kebutuhan inspeksi mobil bekas kamu.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Pengertian Sensor TPS Pada Mobil dan Cara Kerjanya

Januari 12, 2024
Pada mobil-mobil modern yang menggunakan sistem injeksi, sensor throttle position sensor (TPS) pada mobil memegang peranan penting. Sensor ini berfungsi untuk mengukur sudut bukaan katup throttle yang terdapat di throttle body. Katup throttle selama ini kita kenal sebagai katup yang mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin. Nah, sensor TPS memberi informasi tentang sudut bukaan
Baca lebih lanjut

Mari Kita Cek, 5 Mobil Diesel Paling Irit 2024

Januari 11, 2024
Harus diakui, salah satu alasan sebagian konsumen otomotif di Indonesia menyukai mobil bermesin diesel adalah karena faktor bahan bakar. Selain irit, sudah jadi permakluman, kalau ada sebagian orang nekat memberikan bahan bakar Biosolar yang notabene harganya paling murah. Alhasil, biaya operasional mobil ini sangat ekonomis untuk pemakaian sehari-hari. Alasan lain tentu saja karena faktor mesin.
Baca lebih lanjut

4 Rekomendasi Dealer Mobil Bekas di Surabaya 2024

Januari 11, 2024
Beli kendaraan itu tidak selalu dituntut untuk yang baru, kendaraan second atau bekas jika kita memilihnya cermat, kita akan menemukan seperti mobil berkualitas seperti mutiara. Otofriends tahu kan kalau beli mobil bekas itu punya beberapa keuntungan, pertama keuntungan dari sisi nilai pembelian yang tidak terlalu mahal, lalu selanjutnya adalah jika kita memilih mobil yang tepat
Baca lebih lanjut