Berapa Sih Biaya Service Besar Mobil?

September 23, 2023
By Getan Metodius
Berapa Sih Biaya Service Besar Mobil?-otospector

Ketika beli mobil baik itu mobil baru atau mobil bekas, kita sebagai pemilik mobil perlu tahu akan membayar biaya untuk perawatan atau service. Nah service ini bisa service ringan rutin berkala atau service besar, kadang orang tidak siap nih dengan service besar yang bisa saja tiba-tiba harus dilakukan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Pada dasarnya service ini dilakukan pada rentang waktu beberapa kilometer, kalau service berkala biasa jaraknya lebih pendek seperti 10.000 km, namun kalau service besar itu bisa cukup besar km nya seperti 40.000 km sampai 60.000 km. Service merupakan salah satunya cara agar mobil kita tetap awet.

Kali ini kita bahas apa bedanya servis berkala dan servis besar pada mobil, lalu ada estimasi biaya serta yang lainnya.

#1: Service Berkala Pada Mobil.

serive mobil rutin

Sumber: mytukar.com

Pada umumnya servis berkala yang rutin ini dilakukan pada beberapa kilometer, service berkala ini dilakukan supaya mesin kembali segar dan berfungsi baik. Nah ketika servis rutinnya ini tim mekanik akan memeriksa kondisi umum dari mobil kita, mulai dari penggantian oli mesin filter, ganti filter udara, filter bahan bakar, saringan atau filter oli, sampai pada busi dan sistem pengereman. Serta juga sebagai tambahan pengecekan pada tali kipas, fan belt dan juga kondisi ban mobil.

Baca juga: Adu Teknologi Shell Vs Motul, Mana Pilihanmu?

#2: Service Besar Lebih Detail.

service besar mobil

Sumber: suzuki.co.id

Komponen pada service besar ini lebih banyak yang dilakukan pengecekan. Karena biasanya service besar ini dilakukan pada saat km mobil sudah cukup besar, jadinya service besar perlu dilakukan agar mobil tetap pada performa terbaiknya. Pengecekan komponen pada service besar mobil meliputi sistem rem, timing belt, kopling, sistem dari suspense mobil, kelistrikan, sistem pendingin mobil, filter.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Perbedaan Servis Besar dan Servis Berkala.

service besar mobil

Sumber: serranophilly.com

Nah kalau perbedaannya sendiri itu jelas pada biayanya otofriends, lalu juga pada waktu yang diperlukan untuk servis. Biaya service mobil berkala biasanya lebih murah daripada servis besar karena pemeriksaan umum dan penggantian filter. Serta penggantiannya tidak terlalu banyak. Kalau service besar butuh waktu pengerjaan yang lebih panjang serta biaya yang lebih besar karena meliputi pergantian komponen yang juga lebih banyak.

#4: Estimasi Biaya.

biaya service besar mobil

Sumber: rac.co.uk

Biaya service mobil besar itu variasi ya otofriends, tergantung pada jenis mobil, tahun mobil itu sendiri dan juga bengkel yang kamu pilih. Ada yang memilih dilakukan di bengkel resmi dan ada juga yang memilih melakukannya di bengkel biasa. Biaya perawatan mobilnya bisa berbeda, termasuk juga harga suku cadang yang dijual. Lalu ada juga biaya jasa servis yang juga berbeda. Biasanya melakukan service besar itu cenderung lebih mahal, bisa juga mencapai belasan juta rupiah, terlebih lagi jika mobil-mobil Eropa.

#5: Bahaya Tidak Rutin Service Mobil.

mobil overheat

Sumber: mainstreetmechanic.com

Begini otofriends, baik bengkel resmi atau bengkel biasa, kamu perlu ketahui bahwa perawatan itu notabene sama saja. Mekanik sudah mengerti betul akan perawatan mobil, apalagi bengkel yang kamu sambangi adalah langganan. Jangan sampai kamu lalai atau sengaja tidak melakukan service sesuai waktunya , karena nanti bisa menjalar kerusakannya. Seperti mobil bisa overheat, adanya kerusakan mesin, kebocoran radiator, sampai pada kelistrikan dan sistem suspensi.

Baca juga: Aplikasi Google Maps Vs. Waze Bagus Mana?

Adakah risiko beli mobil bekas dan kantong jebol karna harus service besar?

Memang disarankan ketika membeli mobil bekas itu kamu melakukan service secara menyeluruh. Seperti hal yang mendasar adalah mengganti semua cairan yang ada di mobil, dari oli sampai minyak rem. Terlebih lagi kalau ada komponen yang memang sudah termakan waktu dan harus segera diganti, langsung lakukan tindakan.

Agar kantong tidak jebol saat membeli mobil bekas, Anda harus tahu dulu nih mana mobil bekas yang tidak banyak atau bahkan tidak ada PR. Artinya kita butuh orang ahli untuk memilah mana mobil yang sehat dan layak dibeli. Untuk itulah butuh jasa inspeksi mobil bekas yang professional dan independent. Otospector bisa kamu andalkan untuk inspeksi mobil bekas, dengan begitu kamu bisa membeli mobil bekas yang sesuai dengan keinginan kamu.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2024

Februari 04, 2024
Seakan sudah menjadi semacam tradisi jika pada saat menjelang Idul Fitri, sebagian besar masyarakat melakukan acara pulang kampung atau istilahnya mudik. Tradisi yang dilakukan massal ini setidaknya berlangsung setahun sekali, di samping ada juga musim liburan besar lain yakni saat akhir tahun. Selain menggunakan jalur transportasi umum, ritual kembali ke kampung halaman ini juga didominasi
Baca Lebih Lanjut

Gak Cuma Wrangler, Ini Koleksi Mobil Tua Andre Taulany

Februari 04, 2024
Bagi para penonton televisi di Indonesia, tentu tidak asing dengan nama Andre Taulany. Namanya dikenal sebagai komedian, penyanyi, dan presenter yang sangat sering tampil di televisi. Ternyata di balik popularitasnya, ia juga dikenal memiliki hobi mengoleksi mobil klasik yang bernilai tinggi. Dalam hal hobi otomotif, Andre tidak sendiri. Beberapa selebriti lain seperti Raffi Ahmad, Baim
Baca Lebih Lanjut

Penyebab Radiator Mobil Karatan

Februari 02, 2024
Banyak pemilik mobil yang tidak paham bahwa banyak kondisi yang bisa menjadi penyebab radiator mobil karatan. Pada umumnya mereka mengira, penyebab satu-satunya adalah karena kualitas cairan pendingin yang dipakai tidak bagus. Jadi selama pakai cairan yang bagus, mereka sudah merasa aman. Seiring berjalannya waktu, radiator memang bisa terkena karat atau korosi, baik karena faktor eksternal
Baca Lebih Lanjut