Ini 4 Faktor Penyebab Pergantian Merek Oli Mobil

September 27, 2022
By Getan Metodius
Ini 4 Faktor Penyebab Pergantian Merek Oli Mobil-otospector

Apakah Otofriends selalu setia dengan satu merek oli mobil? Ataukah selalu ingin mencoba merek oli mobil baru untuk mencari oli dengan kualitas terbaik untuk mobil?

Umumnya orang selalu menggunakan merek oli mobil yang sama berulang kali. Namun tak jarang pula ada pemilik mobil yang ingin mengganti merek oli dari yang biasa mereka pakai. Ada banyak sekali alasan mengapa orang mengganti merek oli mobil antara lain seperti berikut:

#1: Barang Susah Dicari

Toko menjual oli mobil
Oli Mobil Sudah Jarang Dijual Umum

Jika Otofriends sudah memiliki merek oli favorit yang selalu digunakan tentu saja itu bagus. Otofriends hanya perlu meminta pihak bengkel untuk menggunakan oli tersebut. Sayangnya tidak semua bengkel mobil memiliki stok oli dengan merek yang sama.

Jadi jika Otofriends tidak memiliki bengkel langganan untuk melakukan servis mobil dan ganti oli, ada kemungkinan harus menggunakan merek oli yang berbeda tiap kali mengganti oli.

Tidak semua bengkel menjual merek oli yang lengkap. Terkadang oli yang biasa dipakai tidak dimiliki oleh bengkel tersebut dan akhirnya Otofriends harus menggunakan oli yang ada.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: 4 Fakta Oli Mobil Avanza Yang Harus Diketahui

#2: Rekomendasi Orang Lain

Mengisi oli ke mesin
Rekomendasi Mekanik

Alasan lain adalah karena rekomendasi orang lain . Berbeda merek oli tentu saja akan berbeda pula kualitasnya. Teknologi yang diusung tiap merek juga pasti berbeda. Teknisi mobil biasanya akan merekomendasikan merek oli yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Rekomendasi tersebut juga biasanya diberikan jika terdapat promo atau diskon untuk pembelian oli mobil.

#3: Kualitas Oli Mobil Yang Tidak Optimal

Memeriksa oli lewat dipstick
Mengecek oli mobil

Untuk mengetahui apakah sebuah oli mobil memiliki kualitas yang bagus Otofriends bisa melakukan tes berkendara. Jika setelah ganti oli mobil terasa tidak nyaman saat dikendarai, cepat panas, atau lebih boros bahan bakar, berarti oli tersebut tidak cocok. Untuk itu Otofriends perlu mengganti oli dengan merek lain dan rasakan perbedaannya.

#4: Mobil Sudah Berumur

Memeriksa kebocoran oli
Usia mobil juga mempengaruhi oli yang dibutuhkan

Usia mobil membuat kita harus mengganti spesifikasi dan juga merek oli. Mobil tua biasanya sudah tidak cocok lagi menggunakan oli dengan tingkat kekentalan yang rendah. Oli mobil dengan tingkat kekentalan rendah lebih cocok digunakan oleh mobil dengan tahun produksi yang baru. Jika digunakan pada mobil tua, oli yang encer akan membuat mesin mobil tua cepat panas.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 5 Jenis Oli Mobil Dan Aturan Perawatannya

Itulah beberapa alasan yang membuat orang mengganti merek oli mobil. Pertanyaan selanjutnya yang mungkin saja muncul di kepala kita adalah apakah aman sering berganti merek oli?

Memang benar setiap merek oli pasti memiliki kualitas yang berbeda. Teknologi yang digunakan pun tentu saja berbeda. Meski begitu sering berganti merek oli sebenarnya tidak masalah asalkan spesifikasinya masih sama. Oli memiliki spesifikasi dan tingkat kekentalan yang berbeda-beda.

Spesifikasi tersebut biasanya sudah tertulis dengan jelas di bagian wadah oli. Jadi misalkan Otofriends selalu menggunakan oli Castrol Magnetec 10W-40 dan ingin berganti merek lain, maka Otofriends hanya perlu menyamakan spesifikasinya saja, yaitu 10W-40.

Pastikan membeli mobil bekas mendapatkan record penggantian oli yang baik. Agar saat membeli dan menggunakan kembali mobil untuk harian tetap optimal. Manfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk mendapatkan mobil terbaik Otofriends.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Segini Perkiraan Biaya Ganti Cat Mobil

Maret 09, 2024
Pemilik mobil yang ingin memperbarui warna body mobilnya biasanya akan mencari tahu informasi seputar biaya ganti cat mobil. Maklum saja, pengecatan bodi mobil bukan pekerjaan yang sering kita lakukan. Biasanya cuma saat warna body sudah pudar akibat usia mobil atau ketika ada kerusakan pada body. Dengan mengetahui kisaran biaya ganti cat mobil, pemilik bakal bisa
Baca Lebih Lanjut

Waduh Ini Dia Dampak Filter Udara Mobil Kotor

Maret 09, 2024
Suka bingung nggak sih otofriends kalau lagi nyetir kok tiba-tiba mobil nggak ada tenaga. Lalu juga kadang kita ngerasa mobil kok jadi lebih boros daripada biasanya, nah hal ini bisa terjadi ketika filter udara yang kotor. Lah kok bisa filter udara kotor bisa bikin performa loyo? Tentu bisa, karena filter udara yang sudah kotor itu
Baca Lebih Lanjut

Jenis Obat Ini Berbahaya, Bikin Ngantuk Saat Mengemudi

Maret 09, 2024
Seseorang yang mengantuk, sesungguhnya adalah kondisi di mana ia merasa ingin tidur atau susah untuk tetap terjaga. Ada banyak faktor penyebabnya, seperti kurang tidur, kelelahan, stres, gangguan tidur, atau kondisi medis tertentu. Akan tetapi mengantuk juga bisa dipicu oleh obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping menenangkan sistem saraf pusat. Simak obat yang tidak boleh diminum
Baca Lebih Lanjut