Klik disini untukJual Mobil Anda

Ini 4 Faktor Penyebab Pergantian Merek Oli Mobil

September 27, 2022
By Getan Metodius
Ini 4 Faktor Penyebab Pergantian Merek Oli Mobil-otospector

Apakah Otofriends selalu setia dengan satu merek oli mobil? Ataukah selalu ingin mencoba merek oli mobil baru untuk mencari oli dengan kualitas terbaik untuk mobil?

Umumnya orang selalu menggunakan merek oli mobil yang sama berulang kali. Namun tak jarang pula ada pemilik mobil yang ingin mengganti merek oli dari yang biasa mereka pakai. Ada banyak sekali alasan mengapa orang mengganti merek oli mobil antara lain seperti berikut:

#1: Barang Susah Dicari

Toko menjual oli mobil
Oli Mobil Sudah Jarang Dijual Umum

Jika Otofriends sudah memiliki merek oli favorit yang selalu digunakan tentu saja itu bagus. Otofriends hanya perlu meminta pihak bengkel untuk menggunakan oli tersebut. Sayangnya tidak semua bengkel mobil memiliki stok oli dengan merek yang sama.

Jadi jika Otofriends tidak memiliki bengkel langganan untuk melakukan servis mobil dan ganti oli, ada kemungkinan harus menggunakan merek oli yang berbeda tiap kali mengganti oli.

Tidak semua bengkel menjual merek oli yang lengkap. Terkadang oli yang biasa dipakai tidak dimiliki oleh bengkel tersebut dan akhirnya Otofriends harus menggunakan oli yang ada.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: 4 Fakta Oli Mobil Avanza Yang Harus Diketahui

#2: Rekomendasi Orang Lain

Mengisi oli ke mesin
Rekomendasi Mekanik

Alasan lain adalah karena rekomendasi orang lain . Berbeda merek oli tentu saja akan berbeda pula kualitasnya. Teknologi yang diusung tiap merek juga pasti berbeda. Teknisi mobil biasanya akan merekomendasikan merek oli yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Rekomendasi tersebut juga biasanya diberikan jika terdapat promo atau diskon untuk pembelian oli mobil.

#3: Kualitas Oli Mobil Yang Tidak Optimal

Memeriksa oli lewat dipstick
Mengecek oli mobil

Untuk mengetahui apakah sebuah oli mobil memiliki kualitas yang bagus Otofriends bisa melakukan tes berkendara. Jika setelah mengganti oli mobil terasa tidak nyaman saat dikendarai, cepat panas, atau lebih boros bahan bakar, berarti oli tersebut tidak cocok. Untuk itu Otofriends perlu mengganti oli dengan merek lain dan rasakan perbedaannya.

#4: Mobil Sudah Berumur

Memeriksa kebocoran oli
Usia mobil juga mempengaruhi oli yang dibutuhkan

Usia mobil membuat kita harus mengganti spesifikasi dan juga merek oli. Mobil tua biasanya sudah tidak cocok lagi menggunakan oli dengan tingkat kekentalan yang rendah. Oli mobil dengan tingkat kekentalan rendah lebih cocok digunakan oleh mobil dengan tahun produksi yang baru. Jika digunakan pada mobil tua, oli yang encer akan membuat mesin mobil tua cepat panas.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 5 Jenis Oli Mobil Dan Aturan Perawatannya

Itulah beberapa alasan yang membuat orang mengganti merek oli mobil. Pertanyaan selanjutnya yang mungkin saja muncul di kepala kita adalah apakah aman sering berganti merek oli?

Memang benar setiap merek oli pasti memiliki kualitas yang berbeda. Teknologi yang digunakan pun tentu saja berbeda. Meski begitu sering berganti merek oli sebenarnya tidak masalah asalkan spesifikasinya masih sama. Oli memiliki spesifikasi dan tingkat kekentalan yang berbeda-beda.

Spesifikasi tersebut biasanya sudah tertulis dengan jelas di bagian wadah oli. Jadi misalkan Otofriends selalu menggunakan oli Castrol Magnetec 10W-40 dan ingin berganti merek lain, maka Otofriends hanya perlu menyamakan spesifikasinya saja, yaitu 10W-40.

Pastikan membeli mobil bekas mendapatkan record penggantian oli yang baik. Agar saat membeli dan menggunakan kembali mobil untuk harian tetap optimal. Manfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk mendapatkan mobil terbaik Otofriends.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Estimasi Biaya Servis Radiator Mobil

November 23, 2021
Bagi sebagian mobil, terutama yang sudah cukup berusia, servis radiator mobil harus dilakukan berkala. Pasalnya, sebagai sistem pendingin, radiator berfungsi menjaga agar suhu mesin agar tetap normal agar tetap bisa bekerja dengan baik. Sistem ini didukung oleh tiga komponen lainnya yakni  cairan pendingin, minyak pelumas, dan udara. Radiator yang baik harus dapat memastikan bahwa sirkulasi
Baca lebih lanjut

Ini Dia Info Harga Mobil HR-V Bekas Terbaru

November 22, 2021
Harga mobil HR-V dikenal cukup stabil di pasaran mobil bekas. Ini karena HR-V yang haidr di kelas SUV crossover, langsung memikat para pecinta segmen mobil tangguh untuk segala medan ini. Pasalnya, bukan hanya menggunakan teknologi Jepang yang sudah teruji secara kualitas, HR-V menawarkan paduan desain yang begitu memukau dengan performa mesin yang sangat istimewa. Tentu
Baca lebih lanjut

Simak, Harga Mobil Ayla Bekas Per November 2021

November 21, 2021
Saat ini harga mobil Ayla bekas masih menarik di benak konsumen. Pasalnya, harga hatchback yang diluncurkan pertama kali pada 2012 ini selama ini sukses menarik konsumen. Bukan hanya unit barunya, melainkan juga bekasnya. Meski harga seken-nya sangat terjangkau, Daihatsu Ayla tidak kalah dibanding para pesaingnya. Tampilannya kompak sehingga nyaman untuk berkendara di perkotaan. Kesannya stylish
Baca lebih lanjut