Hi Otofriends daerah kamu lagi musim hujan juga di bulan Desember ini? Kalau bicara musim hujan atau musim kemarau sih memang tetap sama saja buat kendaraan. Kalau musim kemarau lebih mudah kotor jadi kita harus rajin-rajin bersihin debu, tapi kalau musim hujan juga dipaksa jangan terlalu lama gak cuci mobil.
Tapi selain itu ada hal yang perlu kamu tahu nih, komponen ban mobil yang kita tahu adalah komponen terluar dari mobil yang bersentuhan secara langsung dengan aspal juga perlu kamu perhatikan loh.
Misalnya gini, kamu sering menghantam lobang kalau lagi otw, atau misalnya kamu gak sadar lewatin jalan eh taunya ban malah bocor kena paku dan lain-lain. Mungkin kalau sekali kena paku atau dua kali kena paku dan kita bisa langsung menambalnya.
Tapi gimana kalau udah berkali-kali? Ada gak sih batesan ban mobil itu ditambah berapa kali? Karna kita perlu tahu supaya kita tahu batasannya dan gak membahayakan kita sebagai pemilik sekaligus pengemudinya setiap hari, begitupun dengan pengguna jalan lainnya.
Kalau amit-amit ban mobil bocor, menambal adalah solusi yang paling efektif yang kita lakukan ditengah perjalanan. Tapi berdasarkan sumber yang bang min peroleh, termasuk dari produsen ban terkemuka yaitu Dunlop, batas maksimal tambalan pada satu ban mobil adalah empat tambalan ya otofriends.
Jika pada satu ban mobil kamu udah terdapat empat tambalan, memang disarankan untuk mengganti ban yang baru. Ini disarankan karena struktur dari konstruksi ban akan berkurang kekuatannya, jika terlalu dipaksakan dalam waktu lama akan membahayakan.
Ini akan menjadi lebih berisiko kalau tambalannya berada dibagian samping ya otofriends, kamu harus tahu sisi samping ban mobil terbuat dari lapisan karet serta thread. Kalau banyak tambalan dibagian samping, bisa bikin konstruksi ban bakalan keganggu nih. Risiko terberatnya dijalan adalah ban bisa jadi pecah mendadak dijalan.
Selain dampak yang udah kita bahas pada point nomor satu, yaitu konstruksi kekuatannya sudah berkurang, ada hal lain yang bisa berdampak. Ketika kamu menambal, apalagi udah banyak dan lebih dari empat tambalan tadi, akan membuat permukaan ban sudah tidak rata lagi.
Ban juga bisa bergetar loh, karena tidak ratanya ban mobil yang udah banyak tambalan ini. Getaran yang berlebihan ini bisa bikin nyetir jadi gak nyaman otofriends, di sisi lain, ban mobil yang sering ditambal ini bisa bikin lapisannya rusak.
Adapun perlu diperhatikan jarak antar tambalannya nih, kalau jarak tambalannya berdekatan, kekuatan ban juga jadi berkurang, jika memungkinkan jarak tambalan antara satu tambalan dengan tambalan lain adalah di atas 20cm, tapi balik lagi, namanya kondisi bocor, posisinya nggak bisa kita prediksi.
Nah lapisan yang rusak ini bikin ban jadi lebih gampang bocor otofriends, itulah alasannya kalau udah terlalu banyak tambalan seperti pada kondisi jumlah tambalan tadi disarankan ban diganti ya.
Bagikan