Siapa Juara Mobil Kecil Terbaik di Indonesia?

September 10, 2023
By Thomas W
Siapa Juara Mobil Kecil Terbaik di Indonesia?-otospector

Mobil kecil adalah salah satu pilihan bagi mereka yang mencari mobil murah, hemat bahan bakar, dan praktis untuk beraktivitas di perkotaan. Mobil kecil termasuk 2 pintu seperti mobil listrik baru Wuling Air EV biasanya memiliki dimensi mobil mungil yang lebih kompak, mesin berkapasitas kecil, dan harga terjangkau.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Jenis mobil kecil ini sangat disuka, apalagi untuk mereka yang tinggal di perkotaan. Namun, tidak semua mobil kecil memiliki kualitas dan performa yang baik. Karena itulah Otospector akan memberikan rekomendasi mobil kecil keren yang layak menjadi juara di segmennya. Mobil kecil murah terbaik ada disini:

#1: Daihatsu Ayla

mobil kecil 2 pintu

Mobil ini merupakan hasil kerjasama antara Daihatsu dan Toyota, yang juga membuat mobil sejenis dengan nama Toyota Agya. Desainnya simpel, namun tetap menarik dan modern. Fitur-fiturnya cukup lengkap, seperti power steering, power window, AC, audio, dual airbag, ABS, dan immobilizer.

Daihatsu Ayla memiliki mesin berkapasitas 998 cc yang menghasilkan tenaga 65 hp dan torsi maksimal 86 Nm. Mesin ini diklaim mampu memberikan konsumsi bahan bakar yang sangat irit, yaitu sekitar 22 km/liter. Ada pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Untuk bekasnya, mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp60 jutaan untuk tahun 2013.

Baca juga: 5 Mobil Bekas Murah Di Bawah 50 Juta Jenis City Car

#2: Honda Brio

mobil kecil 2 pintu

Mobil Honda Brio adalah mobil kecil kompak yang memiliki desain yang sporty, dinamis, dan elegan. Brio punya saudara seniornya yaitu Honda Jazz yang punya rival Toyota Yaris di segmen lebih tinggi, maka tidak heran, lekukan sporty dari Jazz juga bisa terlihat juga pada Brio. Dimensinya lebih besar dari Daihatsu Ayla, yaitu 3610 mm panjang, 1680 mm lebar, dan 1485 mm tinggi.

Fitur-fiturnya juga lebih canggih, seperti smart key system, push start button, audio touchscreen, steering wheel with audio control, rear parking camera, dual airbag, ABS, EBD, BA, dan VSA. Brio menjadi salah satu mobil yang paling laris disini.

Kapasitas mesinnya 1.199 cc yang menghasilkan tenaga 89 hp dan torsi maksimal 110 Nm pada putaran 4.800 rpm. Tak heran kalau konsumsi bahan bakarnya juga irit, yaitu sekitar 18 km/liter. Ada pilihan transmisi manual 5 percepatan atau CVT. Untuk harga bekasnya, mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp85 juta untuk tahun 2013.

#3: Suzuki Karimun Wagon R

mobil kecil 2 pintu

Desain mobil ini unik, lucu, dan imut. Mobil ini memiliki dimensi mobil yang lebih tinggi dari kedua mobil sebelumnya, yaitu 3.600 mm panjang, 1.475 mm lebar, dan 1.670 mm tinggi. Fitur-fiturnya cukup standar, seperti power steering, power window, AC, audio, dual airbag, dan immobilizer.

Suzuki Karimun Wagon R memiliki mesin berkapasitas 998 cc yang menghasilkan tenaga 67 hp dan torsi maksimal 90 Nm. Konsumsi bahan bakarnya cukup irit, yaitu sekitar 20 km/liter. Pilihan transmisinya hanya manual 5 percepatan dan untuk harga bekasnya mobil ini dijual mulai dari Rp55 juta untuk tahun 2013.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Nissan March

mobil kecil 2 pintu

Kapasitasnya 5 penumpang dengan pilihan warna yang cukup beragam karena menyasar segmen anak muda. Kabinnya sangat nyaman dan fungsional. Desain dashboard yang ergonomis dan penempatan tombol yang mempermudah pengemudi. Ada head unit layar 7 inci yang sudah dilengkapi Bluetooth dan sistem audio.

Mobil ini cukup lincah, cocok untuk kondisi perkotaan yang padat. Torsi puncak terbesar 102Nm dengan putaran mesin 4.000 rpm dengan kapasitas mesin 1.2L dan 1.5L untuk versi terbarunya. Untuk harga bekasnya dijual mulai Rp70 juta untuk produksi tahun 2010.

#5: Mitsubishi Mirage

mobil kecil 2 pintu

Sangat cocok untuk kalangan anak muda, karena desainnya menarik dan kompak. City Car dari Mitsubishi ini punya pilihan warna merah, putih hingga hitam. Dari segi mesin, mobil kecil Mirage dilengkapi dengan mesin DOHC MIVEC yang berkapasitas 1.193 cc.

Sayangnya di pasaran, mobil ini termasuk yang paling kecil penjualannya. Untuk harga bekasnya dijual mulai Rp70 juta untuk produksi tahun 2012.

Baca juga: 5 Alasan Mobil City Car Makin Populer Di Perkotaan

Apa kesimpulannya?

Dari lima mobil kecil di atas, jelas terlihat bahwa Daihatsu Ayla adalah juara di segmennya. Alasannya adalah karena Daihatsu Ayla memiliki harga yang paling murah, konsumsi bahan bakar yang paling irit, fitur-fitur yang cukup lengkap, dan desain yang simpel namun modern.

Daihatsu Ayla juga merupakan mobil yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, terbukti dari angka penjualannya yang selalu tinggi.

Untuk memilih mobil kecil dalam kondisi bekas, sebaiknya Otofriends harus cermat dalam memilih. Terutama dalam menentukan unit yang berkualitas dan dengan harga terbaik. Karena itu pastikan unit mobil bekas pilihan Otofriends sudah diinspeksi oleh jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Agar bisa beli mobil kecil dengan harga murah dan sehat.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Perawatan Mobil Penting yang Kerap Diabaikan

April 27, 2024
Mobil dengan kondisi prima bisa didapatkan bila Anda rutin melakukan service sesuai dengan anjuran perawatan. Wah, bila semuanya dilakukan bisa-bisa kantong jadi bolong bukan? Jalan tengahnya, orang pun kerap melakukan perawatan mobil sesuai dengan skala prioritas saja. Penggantian oli, aki, melakukan spooring dan balancing, atau pengecekan roda merupakan beberapa perawatan yang umum diutamakan. Lantas, perawatan
Baca Lebih Lanjut

Start 198juta, Update Harga Innova Reborn Bekas 2024

April 27, 2024
Meski bisa dibilang masih sangat stabil, namun di pasaran mobil bekas, harga mobil Innova Reborn bekas saat ini semakin terjangkau. Multi Purpose Vehicle (MPV) medium atau mobil keluarga yang semasa Kijang pernah dijuluki sebagai mobil sejuta umat ini, bahkan sekarang sudah ada yang dijual di bawah Rp200 jutaan. Buat yang mencari mobil keluarga, memang Innova
Baca Lebih Lanjut

Apa Sih, Fungsinya Oli Power Steering?

April 26, 2024
Fungsi oli power steering tentu sangatlah vital di dalam sistem powert steering dengan sistem hidrolis. Sayangnya, masih ada sebagian orang yang tidak melakukan perawatan dengan benar, sehingga kualitas oli sering terabaikan.  Oli power steering bisa sampai terabaikan, bisa jadi disebabkan karena pergantian oli ini memang dilakukan 40.000 km atau dua tahun sekali. Bagi pemilik mobil
Baca Lebih Lanjut